Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Mengapa AC Mati Tiba-Tiba?


Posting ini akan menjawab pertanyaan mengapa ac mobil mati secara tiba-tiba,yang mungkin pernah atau sedang  di temui dengan ac mobil anda.
cara kerja ac mobil
Beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:
  • Kehabisan freon : Jika kehabisan freon karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor berhenti berputar silakan lihat juga posting saya di penyebab ac mobil tidak dingin.
  • Motor Cooling fan mati : Jika motor cooling fan elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.
  • Field Coil Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama putaran mesin hanya puli kompressor.
  • Sekring ac putus :sekring ac putus biasanya di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar silakan lihat di fungsi sekring mobil
Demikian beberapa hal yang biasa menjadi penyebab ac mobil mati secara tiba-tiba.

Semoga bermanfaat.