Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Modifikasi On-road : SUZUKI VITARA 1993, Pacar Kedua


Mulanya Yudi Risandi jatuh cinta pada Suzuki Vitara 2 pintu yang didapatkannya secara mudah. “Rasanya seperti mimpi memiliki Vitara 2 pintu dengan gampang,” kenang Yudi. Tapi apa daya karena keadaan tertentu Suzuki Vitara tersebut terpaksa harus dilepas ke orang lain. Yudi berharap nantinya ia bisa semudah mendapatkan Vitara 2 pintu seperti miliknya yang pertama ketika keadaan mengijinkan kembali.

Ternyata nasib berkata lain. Pencarian Vitara 2 pintu susah sekali. Ketika dalam proses pencarian Yudi malah berjumpa dengan Suzuki Vitara JLX 4 pintu. Lama-lama dipandangi akhirnya dibeli juga. “Sebenarnya nyesel juga dulu jual Vitara 2 pintu. Ternyata barangnya susah dicari. Pantas saja orang Bandung mau datang jauh-jauh ke Medan dan membeli Vitaraku,” sesalnya.

Namun ternyata penyesalan itu hanya sebentar. Setelah Vitara JLX jadi penghuni garasi rumah toh akhirnya Yudi jadi tertarik juga. Bahkan Vitara JLX pun dipermak agar tampil berbeda. Modifikasi yang dilakukannya memang tidak ekstrem karena toh, Vitara JLX-nya hanya untuk wara-wiri ke kampus. Kalau toh off-road cari trek yang ringan saja. Hehehehe..
    Gimana “pacar” keduanya? Oke juga kan?

Bumper

Bumper ARB khusus Vitara ini tak hanya untuk mencirikan kendaraan siap tempur di trek off-road tapi juga untuk dudukan peranti recovery Warn M9000. 

Ban 
 
Ban Maxxis Trepador 30x9,5x15 membalut pelek Avantek 7.5”. Ukuran sengaja dipilih tidak besar karena mengejar efisiensi mobil. Maklum Vitara JLX ini lebih banyak digunakan menyusuri aspal jalan.

Mesin   

Mesin Vitara JLX berkode G16B 16 Valve bawaan pabrik dibiarkan menjadi penghuni kompartemen mesin. Tidak perlu diotak-atik karena dipercaya tenaga masih mumpuni untuk berbagai kebutuhan. Untuk jalan-jalan ataupun off-road ringan.

Kaki-kaki   

Semua kaki-kaki semua masih mempertahankan aslinya. Penggantian hanya dilakukan pada sokbreker asli ditukar dengan sokbreker Old Man Emu agar bantingan lebih mantap dari standarnya serta lebih siap saat diajak offroad

Kap mesin   

Agar tampang Vitara terlihat manis di ujung kap mesin ditambahkan deflekta bikinan TJM Australia. Peranti ini selain untuk penampilan juga berfungsi menjaga agar serangga tiak menabrak kaca depan.

Interior   

Interior masih mempertahankan aslinya. Mulai dari dasbor, doortrim hingga jok sudah dilapis ulang dengan bahan semi kulit.

Pintu Belakang

Air controler asli punya Vitara menempel pada pintu belakang, selain penambah manis juga berfungsi mengurangi debu pada kaca belakang saat perjalanan jauh.

Spesifikasi Teknis:
 Mesin 
  G16B 4 inline 16 Valve 
 Girboks   5 Speed Manual OEM Vitara JLX
 Transfercase   2 Percepatan (high-low)
 Gardan    OEM Vitara JLX
 Per  Honda Accord (depan), Mercy (belakang)
 Sokbreker  Old Man Emu (depan/belakang)
 Ban   Maxxis Trepador 30 x 9.5 x 15
 Pelek   Avantek 7.5 x 15
 Winch     Warn M9000
 Bumper     Custom
 Deflekta  TJM
 Bengkel  Jeep Jambore
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...