Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Parkir Setrum Aki Habis


Pagi ketika mau hidupkan mobil begitu terkejut karena mobil tidak bisa di stater, aki terhitung masih baru. Padahal semalam tidak ada hal yang mencurigakan, mobil dengan biasa di pakai, lampu aki di dashboard tidak nyala, apa yang terjadi.

Ilustrasi di atas sedikit menggambarkan ada sesuatu yang tidak benar dengan elektrikal mobil, mari kita identifikasi permasalahan nya.

Aki masih baru dan lampu aki di dashboard tidak nyala saat mobil di pakai jalan artinya pengisian (charging) normal. Kenapa setrum aki habis ?

Beberapa penyebab yang bisa di identifikasi:
  1. Aksesori mobil nyala atau belum sempat di matikan, tetapi hal ini jarang terjadi kalau pemasangan kabel power tempat ambil setrum untuk aksesories sudah benar. Karena begitu kunci kontak posisi di cabut atau off semua peralatan aksesori ikut mati.
  2. Lupa tidak matikan lampu atau lampu nyala sendiri karena kontak relay rusak atau lengket, hal ini bisa terjadi kalau sudah modifikasi relay untuk head lamp atau saklar kombinasi di steer rusak sehingga terhubung sendiri.
  3. Motor cooling fan elektrik dalam kondisi nyala, hal yang sama bisa mungkin terjadi kalau kontak relay radiator fan atau extra fan lengket. begitu matikan kunci kontak motor fan atau extra fan masih nyala, karena bunyi putaran yang tidak terlalu keras kadang-kadang tidak terdengar atau tidak di hiraukan.
  4. Lampu ruangan nyala, bisa terjadi kalau menutup pintu kurang rapat atau saklar lampu ruangan di pintu ada yang rusak, sehingga meskipun pintu sudah di tutup dengan rapat lampu ruangan masih nyala.
  5. Untuk yang memiliki mobil sedan, bisa terjadi mungkin karena lampu bagasi nyala terus meskipun bagasi sudah di tutup, terjadi karena saklar lampu bagasi rusak, jadi pengalaman tersendiri ketika menemukan setrum aki habis yang di sebabkan lampu bagasi nyala.