Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Pengaman Perangkat Elektronika untuk Mobil


Untuk menghindari terbakarnya perangkat elektronika di mobil, semisal radio/tape, dvd, tv atau radio calling jika terjadi kesalahan akibat salah pasang atau terbalik polaritas kutub batray agar perangkat tersebut tidak rusak.

Mungkinkah kesalahan seperti itu terjadi...? kemungkinan akan selalu ada, seperti yang penulis temui kijang grand tahun 1993 terbalik polaritas kutub batray saat memasangnya.

Akibat yang ditimbulkan dari terbaliknya kutub batray (aki) yang jelas alternator rusak, dioda rectifier putus atau terbakar (akan dibahas pada posting terpisah), perangkat elektronika yang terpasang mengalami gangguan.

Seperti yang penulis temui pada kijang grand tahun 1993, semua perangkat elektronik yang terhubung dengan stand by aki putus sekringnya. Tetapi tidak sampai terbakar atau mengalami kerusakan parah, lho kok bisa ???
Ternyata perangkat elektronik yang terpasang dan memang harus di lengkapi pengaman dari polaritas terbalik kutub batray.

Berikut cara kerja pengaman tersebut:

Pada gambar B bisa dijelaskan ketika kutub batray di pasang terbalik arus listrik mengalir seperti terlihat pada garis biru dan menghubung-singkatkan kutub positif (+) dan negatif (-) aki dan sekring putus. Tentu saja diperlukan dioda dengan kemampuan mengalirkan arus besar agar sanggup memutus sekring.

Sebaliknya jika dioda yang terpasang, memilki kemampuan mengalirkan arus lebih kecil dari pada sekring, maka dioda akan putus terlebih dulu dan arus listrik akan mengalir melewati perangkat elektronika dan merusak perangkat tersebut.
Setelah membaca artikel ini, penulis berharap hal yang sama tidak terjadi dengan mobil anda.

Moga manfaat...