Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Penyebab Kondensor Ac Terlalu Panas


Sebelumnya silakan lihat entri cara kerja kondensor ac mobil,kondensor ac mobil yang terlalu panas di sebabkan oleh beberapa hal,yang intinya kemampuan kipas kondensor atau condenser fan tidak bisa membuang panas dengan baik.

Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.Silakan lihat cara kerja kondensor ac mobil.

cara kerja kondensor ac mobil

Jika kondensor ac mobil terasa panas tetapi udara di dalam kabin terasa dingin berati pula tidak ada masalah dengan panasnya kondensor ac,hal sebaliknya jika kondensor ac terlalu panas dan menyebabkan udara di dalam kabin kurang dingin atau ac kurang dingin,harus di cari tahu penyebabnya.

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kondensor ac mobil terlalu panas dan biasanya di sertai dengan ac mobil kurang dingin:
  1. Kelebihan freon yang membuat tekanan dan panas naik.
  2. Kelebihan oli kompresor juga menyebabkan tekanan dan panas naik
  3. Kondisi kondensor kotor karena debu serta kotoran yang di hisap kipas kondensor atau kipas radiator terjebak dalam sirip pendingin atau fins.
  4. Hisapan angin atau hembusan angin kurang dari kipas kondensor dan atau kipas radiator yang bisa disebabkan karena motor fan mau rusak.Hisapan artinya jika kipas kondensor dan atau kipas radiator berada di belakang kondensor dan radiator.Hembusan berarti jika kondensor menggunakan extra fan yang terletak di depan kondensor.
  5. Jika menggunakan extra fan artinya kipas tersendiri untuk mendinginkan kondensor,kemungkinan kipas putaran sudah lemah sehingga kurang mampu mendinginkan atau membuang panas kondensor ac atau mungkin fan kondensor mati.
Semoga bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...