Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Rangkaian Klakson


Berikut adalah rangkaian sederhana klakson mobil yang di gunakan untuk kendaraan secara umum.

Komponen utama rangkaian yang di pakai:
  • Relay klakson
  • Saklar klakson
  • Klakson

Cara kerja rangkaian:
  1. Arus listrik stand by + 12 volt terdapat di sekring dan kaki relay no 1 dan 3
  2. Saat switch horn terhubung dengan menekan saklar klakson atau horn pad di kemudi, arus listrik mengalir melewati kumparan relay dan terdapat beda potensial atau tegangan di kaki relay no 1 dan 2,
  3. Terbentuk  medan magnet di relay untuk menarik kontak relay dan menghubungkan terminal 3 dengan 4, arus listrik mengalir dari terminal 3 ke terminal 4 relay menuju klakson ke ground, sehingga klakson bunyi.
Untuk beberapa type relay klakson, kaki no 1 dan no 3 dijadikan satu sehingga secara fisik relay klakson memiliki 3 kaki atau  3 terminal.

Di antara relay klakson dengan horn pad atau saklar klakson secara teknis melewati komponen steering yang sudah di bahas di posting klakson tidak bunyi saat belok.

Setelah melihat cara kerja rangkaian klakson di atas akan lebih mudah menganalisa kerusakan klakson tidak bunyi.

Analisa klakson tidak bunyi:
  • Jika horn pad di kemudi atau steer ditekan akan terdengar suara relay terhubung, tetapi klakson tidak bunyi kemungkinan klakson rusak atau relay rusak. Relay rusak bisa karena kontak relay kotor atau berkerak sehingga tidak terhubung dengan baik atau kontak relay patah.
  • Jika horn pad di kemudi di tekan tidak terdengar suara relay, kemungkinan fuse horn atau sekring klakson putus, kalau sekring klakson tidak putus kemungkinan kumparan relay putus atau jalur sepanjang relay kaki no 2 menuju ground putus termasuk horn pad rusak, silakan lihat klakson tidak bunyi saat belok
Semoga bermanfaat, silakan di bagi artikel ini ke sahabat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...