Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Roda Bunyi Saat Belok


Di saat mengendarai mobil dan sedang menikung atau belok mungkin di antara anda pernah menemui terdapat bunyi tak tak tak tak atau tek tek tek tek pada bagian roda entah depan kanan atau depan kiri apakah posisi belok sedang maju atau mundur tetap saja terdapat bunyi tersebut sebagai akibat kerusakan pada as roda depan mobil.

Roda bunyi saat belok sering ditemukan untuk kendaraan atau mobil yang menggunakan penggerak roda depan yang di sebabkan oleh drive shaft atau biasa kita sebut as roda dan tepatnya adalah CV Joint (Constant Velocity Joint) yang sudah rusak, bunyi nya pun bervariasi mulai bunyi pelan atau keras atau terdengar saat belok posisi mobil bergerak kedepan saja atau pun posisi mobil belok,baik maju atau mudur tergantung tingkat kerusakan cv joint.

Beberapa bunyi yang bisa di identifikasi:
  1. Ketika belok kanan baik maju atau mundur terdengar bunyi tak tak tak tak di sebelah kiri artinya cv joint sebelah kiri yang rusak,atau
  2. Ketika belok kiri baik posisi maju atau mundur akan terdengar bunyi di sebelah kanan artinya cv joint sebelah kanan yang rusak atau boleh di katakan bagian yang terdengar bunyi pada roda baik kanan atau kiri yang mengalami kerusakan.
Penyebab kerusakan cv joint
Kerusakan cv joint lebih banyak atau lebih sering di akibatkan oleh robek nya boot cv joint,sehingga pelumas cv joint keluar saat roda atau ban mobil berputar,lama-kelamaan cv joint tidak mendapatkan pelumasan atau kering dan membuat cacat bagian-bagian bergerak pada cv joint sehingga menimbulkan bunyi.
Penyebab lain memang karena usia dan waktunya di ganti atau kualitas cv joint sendiri karena tidak jarang baru beberapa hari ganti cv joint sudah bunyi lagi.
constant velocity joint
Sebenarnya kerusakan cv joint yang di sebabkan oleh boot cv joint atau karet boot as robek bisa di deteksi lebih awal dengan melihat kondisi boot tersebut dan biasanya sebelum robek akan terlihat tanda retak-retak di karet boot tersebut seperti gambar di bawah.
boot cv joint retak
Kalau boot sudah terlihat retak-retak lebih baik di lakukan penggantian boot untuk mencegah kerusakan cv joint cara mudah untuk melihat kondisi boot pun cukup mudah, tidak perlu mobil naik ke atas car lift,tetapi cukup putar kemudi atau steer ke arah kiri penuh atau putar ke kanan penuh akan terlihat bagian boot cv joint untuk melihat kondisi nya.

Berikut sudah saya pilihkan video dari youtube,salah satu cara mengganti boot drive shaft atau boot cv joint dan mengganti grease atau pelumas untuk cv joint.




Semoga bermanfaat.