Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Satu Bobin Dua Busi


Gambar di bawah adalah salah satu sistem pengapian pada mobil dan merupakan pengapian konvensional yang menggunakan distributor untuk mendistribusikan tegangan tinggi dari koil menuju ke masing-masing busi.
cara kerja pengapian konvensional
Mesin mobil dengan pengapian tanpa distributor artinya untuk mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke masing-masing busi tidak lagi menggunakan distributor, tetapi pengapian secara langsung yang biasa di sebut DIS (Direct Ignition System).

Terdapat dua model pengapian seperti terlihat gambar di bawah, pada type pertama masing-masing busi dilayani oleh satu bobin atau koil dan igniter. Type kedua untuk satu bobin melayani dua busi.
Pada type pertama sudah jelas saat terjadi pengapian pada masing-masing busi pada akhir langkah kompresi. Sedangkan pada type kedua terdapat empat busi dan dua busi mengeluarkan bunga api secara bersamaan, artinya terjadi pengapian di dua silinder secara bersamaan pada mesin empat silinder, bingung??

Pengapian terjadi bersamaan seperti terlihat gambar di bawah tetapi pada akhir langkah yang berbeda silinder yang satu pada akhir langkah kompresi dan silinder satunya terjadi pada akhir langkah buang, yang boleh kita sebut sebagai sistem pengapian satu koil dua silinder.
Pengapian mobil satu koil untuk dua busi
Gambar di bawah adalah salah satu koil atau bobin untuk pengapian mobil tanpa menggunakan distributor.
koil blazer
Untuk lebih mudah memahami, ambil contoh mesin sepeda motor empat langkah, kadang-kadang terjadi ledakan di knalpot di sebabkan pembakaran tidak sempurna atau bahan bakar tidak terbakar semua saat akhir langkah kompresi dan terbakar oleh percikan api busi saat akhir langkah buang akhirnya terdengar ledakan keras di knalpot.

Semoga bermanfaat.