Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Sekring EPS Honda Jazz Putus


Sedikit cerita tentang sekring EPS atau Electric Power Steering Honda Jazz tahun 2005 yang putus beberapa saat setelah mesin mobil hidup.

wiring sekring utama honda jazz yang benar

Sambil bisa di lihat wiring diagram untuk sekring utama honda Jazz tahun 2005 seperti gambar di atas, yang merupakan jalur yang benar.Sekarang bandingkan dengan gambar di bawah yang terbalik posisi penempatan antara kabel atau jalur menuju alternator dengan jalur menuju EPS.

wiring sekring utama honda jazz setelah tertukar jalur eps dengan alternator

Dari wiring diagram atau gambar diatas di mana tertukar antara jalur EPS dengan Alternator akan menyebabkan hal berikut.

Ketika mesin mobil hidup arus listrik pengisian dari alternator akan melewati sekring No.2 yang berukuran 40 ampere untuk mensuplai semua kebutuhan arus listrik antara lain mengisi aki,mensuplai kerja electric power steering,mensuplai arus listrik untuk ac mobil,untuk lampu-lampu serta peralatan lain.

Dimana semua peralatan tersebut kalau hidup bersamaan bisa mengambil konsumsi arus lebih dari 40 ampere,hal yang wajar jika kemudian sekring 40 amper tersebut putus dengan di tandai terlebih dulu timbul panas yang berlebihan di sekitar sekring.

Panas yang terjadi di sekitar sekring tersebut di akibatkan karena sekring menerima beban arus listrik yang berlebihan dari kapasitas arus listrik yang di ijinkan sebelum sekering tersebut akhirnya putus, silakan lihat juga di fungsi sekring mobil.

Setelah sekring eps tersebut putus apa yang terjadi? Ketika sekring EPS yang sudah berubah fungsinya menjadi sekring Alternator putus karena tertukar posisi, maka pengisian ke aki dari alternator terhenti tetapi tidak sampai membuat lampu chg atau lampu charging di instrument dasboar ikut nyala, karena yang sebenarnya alternator tetap bekerja sesuai fungsi nya dengan baik,hanya jalur arus listrik yang menuju ke aki terputus.

Masih di posisi jalur eps dan alternator tertukar-Saat sekring eps yang beralih fungsi menjadi sekring alternator putus ketika mobil sedang jalan maka suplai arus listrik untuk semua peralatan elektrikal mobil akan mengambil dari aki sampai aki habis muatan listrik nya dan mesin mobil tiba-tiba mati saat jalan. Atau sebelum sampai setrum aki habis mobil berhenti dan ketika di stater kembali mesin tidak bisa hidup karena setrum aki habis.

Rumah sekring honda jazz

Uraian di atas mengacu pada kondisi jalur kabel alternator honda jazz tahun 2005 tertukar dengan jalur eps dan kebetulan terjadi sehingga entri Sekring EPS Honda Jazz Putus ini bisa di publikasikan dan kejadian ini terjadi karena kekeliruan memasang jalur EPS dengan jalur Alternator pada kotak sekring atau fuse box diruang mesin,setelah perbaikan untuk cat ketok pada bagian depan bawah kanan honda jazz tersebut.

Kondisi kembali normal,sekring tidak panas dan putus setelah jalur kabel alternator dan eps di kembalikan ke posisi yang seharusnya dan bisa ditarik kesimpulan putus nya sekring eps tersebut bukan karena ada peralatan elektrikal yang mengalami konslet atau short tetapi murni karena sekring tidak mampu menerima arus listrik yang lebih besar dari kapasitasnya.

Semoga kejadian yang saya temui ini bisa bermanfaat.