Laman

Kamis, 05 Januari 2012

Setir mobil bunyi saat mesin belum panas?

Suara saat memutar setir sangat mengganggu di telinga membuat mengendarai mobil menjadi was-was, 
Pada kasus di atas bunyi hanya muncul ketika mobil belum panas dan setir digerakkan......
mari telusuri lebih dalam pertanyaan ini :
Fakta dan Data : 

-Bunyi  seperti besi bergesekkan saat setir Digerakkan = ini berarti berhubungan dengan power steering.
- Ketika Sudah Panas tidak bunyi lagi=why ?
-Bunyi pernah hilang setelah service, sekarang muncul lagi= kok bisa hilang ??
-Mobil Keluaran Thn 2006=Lumayan ber umur

Analisa :
Bunyi bergesekan biasa disebabkan Pompa power steering bekerja, namun Supply oli yang masuk ke dalam blade (pisau pada pompa vane) kurang cepat. Seperti kita ketahui oli power steering bersirkulasi dari tabung oli power steering ke pompa kemudian menuju steering rack, kemudian kembali ke tabung demikian seterusnya.

Tabung==>pompa==>Rack==>kembali ke tabung

Kenapa supply oli ke pompa bisa kurang ? bagian mana yang mengakibatkan tersendatnya suplly oli ?Yang memungkinkan terhambat hanyalah bagian dari tabung ke pompa, karena pada bagian lain oli power steering bertekanan. 

Kemungkinan yang sering mengakibatkan Bunyi ini adalah :
1. Kotornya saringan pada tabung menuju pompa, biasanya terdapat saringan seperti kasa sehingga aliran dari tabung ke pompa tersaring di sini. Ketika kotoran sudah menumpuk maka aliran dari tabung ke pompa menjadi terhambat.
2. Kenapa kalau mesin sudah panas tidak bunyi ? Karena viscositas oli power steering ketika panas juga menjadi lebih encer sehingga dengan mudah dari pompa masuk ke tabung walaupun terhambat oleh kotoran.
3. Kenapa pernah hilang suara tersebut ? Sudah pernahkah oli power steering anda di kuras ? kapan terakhir mengganti oli power steering, karena oli power steering yang baru memiliki viscositas yang lebih stabil dan tidak kental karena kotoran atau sisa oksidasi.

Solusi yang mungkin di tempuh :
1. Kuras Oli Power steering , bersihkan saringan tabung ke pompa
2. Kemungkinan terburuk anda harus mengganti pompa power steering itu sendiri karena bagian dalamnya sudah aus karena kekurangan supply oli power steering.
3. Ganti selang power steering.

Semoga dapat membantu Nurhayati menyelesaikan masalah bunyi ini.
Salam