Laman

Recent Posts

Senin, 09 Januari 2012

Suzuki Jimny LJ80V 1982



JIP
- Makin maraknya gelaran kompetisi offroad di Tanah air, nyatanya mampu memancing sejumlah kalangan dari berbagai profesi maupun tingkat usia, ingin turun langsung menikmati panasnya suasana persaingan. Tentu spesifikasi jip dan kelihaian driver menjadi modal para pelaku-pelaku baru untuk bisa bersaing.

Adalah Kompol Dessy Ismail SIK, Wakapolres Payakumbuh yang mulai keranjingan ber-offroad ria. Dipilihnya Suzuki Jimny LJ80V 1982 alias Jimny Jangkrik sebagai andalan tempur tentu bukan tanpa alasan. “Selain dimensi yang mungil, biaya risetnya juga lebih irit,” papar pria asal Klaten ini.


“Jip ini dibeli memang untuk dibangun sebagai kendaraan kompetisi ,” ujarnya. Tak heran begitu didapat, sejumlah rombakan dilakukan, bodi asli dipaksa pensiun. Dimensi pun dibuat semakin ringkas.

”Spesifikasi mesin dan kaki-kaki saya biarkan standar dulu. Memang tujuan saya turun di event perdana ini untuk menjajal kemampuan maksimal jip ini dulu, jadi kekurangannya nanti akan disempurnakan lagi,” begitu alasannya. Masuk akal.

Menuai hasil yang kurang optimal di event Lintang Enam Singa Harau Extreme Offroad 2011, tidak lantas membuatnya jera. Sejumlah rencana telah disusunnya matang untuk menghadapi event-event selanjutnya. “ Ke depannya saya akan mengganti mesin, opsi sementara menggunakan mesin turbo K10A. Dan untuk suspensi dan kaki-kaki akan disempurnakan lagi,’ kekehnya.
Waduh, makin ketagihan. Alamat gak jadi ngirit nih..


Mesin

Kedepannya mesin Suzuki K10A yang berteknologi turbo akan menggantikan mesin standarnya, yang jujur sudah kurang tenaga. Belum lagi usia pakai yang cukup uzur.

Kaki-kaki


Lagi-lagi masih mengandalkan standar, mulai dari suspensi hingga penerus daya. Untuk mengail traksi, ban Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT dipasang membalut pelek kaleng bawaan VES.

Winch

Untuk piranti recovery, dipercayakan pada produk Warn yang memang teruji kehandalannya. Dipilih tipe 9.5 Ti karena dirasa cukup untuk menarik bodi Jangkrik yang tergolong imut.

Interior


Untuk urusan interior, penataannya rapi dan eye catching. Panel switch mudah dijangkau, begitu pula dengan beberapa panel indikator yang mudah terpantau.

Belakang

Di buritan, radiator copotan Suzuki Futura dikawinkan dengan elektrik fan dari Toyota Great Corolla. Tangki bensin dicomot dari tangki mesin tempel Yanmar. Untuk mendukung kinerja kepolisian, loud speaker plus lampu rotator juga ikut disematkan.

Spesifikasi Teknis
Mesin
F8A OEM Jimny LJ80
Kapasitas 800 cc
Pasokan BBM Karburator OEM Jimny LJ80
Pengapian CDI Porter
Radiator Suzuki Futura
Electric Fan Toyota Great Corolla
Girboks OEM Jimny LJ80
Gardan
OEM Jimny LJ80
Final Gear OEM 4,56 :1
Per
OEM Jimny LJ80
Sokbreker Kayaba Ultra
Pelek OEM Jimny LJ80
Ban Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT
Jok Custom
Seatbelt Scrotch
Winch Warn 9.5 Ti
Indikator Auto gauge
Bengkel Takanami Jln. By Pass Anak Air , Bukittinggi
08128295978
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...