Laman

Jumat, 27 Januari 2012

Tips Mobil, Bagian Interior Juga Butuh Perawatan Maksimal!


Gbr 1

Tak hanya sekadar dibersihkan, setelah perjalanan mudik masih banyak detail-detail di interior yang masih perlu penanganan lebih lanjut. Kalau edisi kemarin sudah dibahas tentang karpet dasar, kini alas karpet yang langsung bersentuhan dengan kaki yang perlu dicuci. Tapi perlu diperhatikan material karpetnya supaya enggak salah penanganan kan.

Untuk karpet yang bahan karet paling gampang, tinggal bersihkan dengan sapu atau sikat menggunakan sabun colek supaya yakin bersih tuntas (Gbr.1).

"Beda perlakuan kalau karpet dari beludru, perlu memakai semprotan khusus karpet supaya tidak merusak karpet," papar Herjati, head of sales CV. Cahaya Abadi Indonesia distributor obat poles merek Smart Wax.

Pertamanya sih pakai saja vacuum cleaner untuk mengangkat debu di karpet. Kalau masih kurang yakin karpet sudah bersih, semprot karpet dengan pembersih khusus karpet yang banyak beredar di rentang harga Rp 90 ribu per kaleng. Setelah disemprot, sikat dengan sikat bulu halus untuk menghilangkan kotoran membandel.

"Sikat searah jangan sampai bolak-balik supaya bulu karpet tidak rusak," wanti Alan, sapaan akrab Herjati. Oiya, beragam carpet stain removal yagn beredar bisa juga dipakai untuk membersihkan jok yang masih memakai bahan fabric ya (Gbr.2). Aplikasinya sama kok.


Gbr 2

Gbr 3
Selesai urusan di bawah, tinggal bagian atas jadi kerjaan selanjutnya. Biasanya perjalanan jauh meninggalkan debu membandel di dasbor. Enaknya, bagian dasbor punya beragam jenis pembersih dengan harga terjangkau. Tapi ingat, ada jenis pembersih dasbor yang masih silicone base, jadinya dasbor memang terlihat bersih mengilap, tapi enggak enaknya silicone tersebut justru membuat debu lebih mudah menempel.

"Gunakan pembersih dasbor yang sudah water base alias menggunakan bahan dasar air, jadi lebih ramah juga terhadap peralatan elektronik di kendaraan," papar Daniel Saputra, product specialist Meguiar's di bilangan Radio Dalam, Jaksel. Enaknya memakai yang sudah water base, tak perlu ragu menyemprot head unit ataupun perlengkapan elektronik (Gbr.3).

Aplikasinya juga tak terlampau susah kok, tinggal semprot dan lap dengan kain micro fiber untuk hasil terbaik. Sama hal dengan karpet, pembersih interior model ini bisa juga digunakan untuk beragam pembersihan lain seperti plafon yang memakai material semikulit, ataupun safety belt. Ulur safety belt sampai batas akhir, kemudian semprot sambil dikeringkan menggunakan lap ketika mengembalikan ke posisi semula.