Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Tips Mobil, Tidak Kuat Stater Jangan Di Paksa


Ada kalanya ketika mendapati mobil tidak kuat stater, ditandai dengan bunyi yang biasa terdengar seperti aki kurang setrum dan tidak sanggup untuk memutar mesin. Tetap saja dipaksa stater untuk bekerja menghidupkan mesin, meskipun pada akhirnya mesin bisa hidup, hal tersebut membawa konsekwensi kerusakan, terutama motor stater.

Tidak kuat stater di sebabkan oleh beberapa hal:
  • memang aki yang soak
  • kemungkinan kontak solenoid sudah aus
  • karbon brush stater habis
  • komutator habis
  • kleman kabel antara positif aki dengan terminal 30 atau negatif aki dengan body atau ground tidak menghubung dengan baik
Sekarang saya akan bahas khusus tidak kuat stater yang di sebabkan oleh habis nya karbon brush.Tidak lupa baca dulu posting sebelumnya cara kerja starter mobil
Motor starter model diatas memiliki 4 buah karbon brush, brush 1 dan 2 menyatu dengan field coil sedang brush 3 dan 4 menyatu dengan brush holder yang terhubung ke ground.

Brush 1 dan 2 lebih cepat habis dari pada brush 3 dan 4, jika brush 1 dan 2 habis nya bersamaan, motor stater sama sekali tidak akan bekerja saat kunci kontak di stater lihat cara kerja stater mobil, tentu saja ada gejala tidak kuat stater sebelum karbon brush benar benar habis dalam artian tidak bersentuhan dengan komutator.

Lain halnya jika habis nya karbon brush no 1 dan 2 tidak bersamaan, ambil contoh karbon no 1 habis duluan dari pada no 2, maka beban arus listrik hanya akan melewati field coil karbon no 2 yang masih terhubung dengan komutator, akibatnya jika terus di paksa stater, gulungan field coil akan terbakar seperti gambar di bawah.
Hal diatas tidaklah kita inginkan dan suatu saat akan terjadi dan temui pada mobil kesayangan, berlaku juga prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Jika terlanjur terjadi, mengatasi nya dengan ganti motor stater atau lakukan perbaikan di tempat servis dynamo.