Laman

Recent Posts

Selasa, 31 Januari 2012

Umur Aki Mobil


Akumulator juga kita kenal dengan aki atau accu adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi, umumnya energi listrik. Contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor karena dapat menyimpan muatan listrik.

Aki mobil yang paling banyak digunakan adalah jenis aki basah. Aki basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Untuk aki basah paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping aki tersebut.

Tetapi kalau pernah terjadi kekeringan karena terlambat periksa jumlah air aki, pemeriksaan bisa lebih pendek, bisa seminggu sekali atau bahkan dua atau tiga hari sekali, tetapi kalo sudah begini lebih baik ganti aki baru.

Karena kalau sempat terjadi kekeringan sell aki rusak, mengakibatkan arus pengisian terlalu besar, air aki mendidih dan menguap di sertai bau tidak enak keluar dari aki atau biasa kita sebut aki bau.

Aki dengan type, jenis serta merek yang sama kenapa usia pakai aki atau umur pemakaian bisa berbeda jauh, aki satu umur tidak sampai 18 bulan tetapi aki yang satu lagi bisa mencapai 36 bulan, dengan dipakai di mobil yang berbeda, dengan perawatan aki yang sama.

Berdasarkan pengamatan, untuk aki yang di pakai di kendaraan dengan aksesories standar bawaan mobil jauh bisa berumur panjang dari pada mobil yang banyak aksesories, semisal power tambahan, radio calling atau menggunakan headlamp yang lebih besar daya nya dari standar atau aksesories lain.

Seperti gambar di bawah ini umur aki tercatat sanggup mencapai umur 35 bulan dengan aksesories standar sedangkan yang lain hanya 12 sampai 18 bulan.


Dengan mencatat tanggal penggantian aki baru dibody aki, akan lebih mudah mengontrol umur aki mobil, semisal kendaraan dengan memakai banyak aksesories, jika umur aki sudah satu tahun atau 12 bulan lebih bisa di lakukan langkah antisipasi sebelum mobil tidak bisa starter karena aki soak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...