Laman

Recent Posts

Kamis, 09 Februari 2012

Modifikasi off-road, Jeep JK Wrangler Sport Short 2007 | The Soul


JIP
- Banyak orang yang berpendapat bahwa produk otomotif Amerika dalam hal teknologi tertinggal di belakang produk-produk otomotif dari Jepang ataupun Eropa. Akan tetapi, ada hal yang tidak dimiliki oleh produk non Amerika yakni karakter dan kharisma. Setidaknya hal ini dapat ditemui pada produk Harley Davidson (HD) sebagai perwakilan dari golongan roda dua dan Jeep yang mewakili klan roda empat.

Simpel, jantan dan radikal menjadi ciri dari Harley Davidson, sebuah motor yang begitu digandrungi oleh Zulkarnaen Dany atau yang akrab disapa Don. “Raungan mesin V-twin yang menjadi ciri kuat sebuah Harley terdengar keras dan kasar jelas tidak menggambarkannya sebagai motor nyaman. Namun hal itulah yang kemudian melahirkan karakter yang sangat kuat yang hanya bisa dirasakan saat mengendarainya. Ada soul yang hadir saat melaju di atasnya” ungkap yang memiliki setidaknya empat buah kuda besi Amerika ini di garasi rumahnya. Namun jika ditanya mengenai kendaraan roda empat apakah yang memiliki karakter sekuat Harley, dengan sigap Don pun menjawab bahwa Jeep yang keluar sebagai jawabannya.

Jelas bukan apple to apple jika membandingkan antara Harley dan sebuah Jeep, namun ternyata Don mempunyai pendapat tersendiri bahwa kendaraan 4x4 asal Toledo ini memiliki karakter sekuat HD. “Dalam pandangan saya Jeep terutama tipe traditional SUVnya yang kini masih eksis dengan JK Wrangler sebagai wakilnya,” ungkap pria yang berkarier di bidang perminyakan ini. “Sama seperti HD, Wrangler merupakan jip yang masih mewarisi tradisi asli Jeep sejak jaman Willys,” cerocos bapak tiga anak ini. “Perhatikan disain mukanya, komposisi bodi lengkap dengan folding windshild dan atap yang bisa dilepas, tradisi sebuah Willys sebagai moyang Jeep masih terpapar dengan jelas. Dan inilah karakter dan soul yang dimilikinya,” sambung Don bersemangat. “Persamaan antara Harley dan Jeep inilah yang kemudian mendorongku untuk memilih JK sebagai besutan,” terangnya.

Pengalamannya memodifikasi Harley tak urung diterapkan pula pada JK short wheelbasenya. Detailing ala modifikasi roda dua pun terasa pada jip ini. “Kalo Harley dimodifikasi dengan aksesoris branded khusus Harley, maka JK pun dimodifikasi dengan aksesoris branded khusus untuk JK,” imbuhnya. “Jika Harley goes to the open road, sedangkan JK goes to the off-road,” kekehnya sembari menutup perbincangan.

Mesin

Mesin bensin V6 3.8 liter bawaan asli kendaraan dirasa sudah cukup mumpuni. Kehadiran knalpot aftermarket Borla terbukti mendongkrak performanya, terutama pada kitiran mesin bawah yang menjadi lebih padat. Sementara transmisi matik 4 percepatannya tetap dalam kondisi standar(jk & jk 1)

Eksterior aksesoris



Selain satu set fender flare alias overfender, terdapat beberapa peranti tambahan lainnya yang merupakan racikan dari Bushwacker. Produk aksesoris buatan Amerika ini nampak di hampir semua sudut kendaraan, mulai dari kap mesin (hood protector) hingga rear corner protector yang ditempel pada sudut buritan. (jk 5,6&8) 

Interior




Bagian dalam jip ini tak banyak dijamah alias dalam kondisi standar. Dunia sepeda terutama Harley Davidson yang terlebih dulu Don geluti, sepertinya memiliki pengaruh besar pada pemilihan detail aksesoris. Don sangat selektif dalam memilih aksesoris interiornya yang mewajibkan bubuhan huruf Jeep dan Harley Davidson. (jk 11, 12, 13, & 14)

Gardan


Gardan bawaan asli kendaraan Dana 30 pada bagian depan dan Dana 35 di belakang tetap berada pada posisinya dan dalam kondisi orisinal, demikian pula dengan suspensinya. Dengan modifikasi yang ada, maka perbandingan final gir bawaan pabrik dirasa kurang memadai. Wacana ke depannya, Don akan mengantinya dengan rasio perbandingan yang lebih kasar. (jk 2,  & 3)

Ban dan pelek

Pelek berdiameter besar lansiran XD Rock Star dipadu dengan ban Toyo Open Country M/T dengan sangat signifikan mampu mendongkrak penampilan. Kolaborasi keduanya dipercaya untuk menjabani kondisi jalanan onroad maupun offroad. Walau ukuran pelek sebesar ini dirasa terlalu riskan untuk diajak offroad kelas berat, namun bagi Don penampilan menjadi hal yang sangat penting(jk 4)

Bumper


Bumper dapan dan belakang  bawaan kendaraan dibekukan dan bumper besi bikinan Mopar didaulat sebagai gantinya. Penggantian bumper ini tidak semata-mata melulu untuk penampilan, namun juga supaya winch eletrik dapat dipasangkan dan bodi bisa terlindungi oleh bumper saat melibas medan off-road. (jk 7 & 9)

Softtop
Penampilan jip yang satu ini lansung berubah total, begitu atap kerasnya diangkat dan diganti dengan atap lunak darfi Bestop. Uniknya hanya bagian kabin saja yang terlindung dari panas matahari dan guyuran hujan. Walau terlihat sederhana, namun setidaknya terdapat beberapa jenis soft top yang membentuknya yakni Wind Jammer, duster Roof, bikini Roof dan rain shield. Uniknya kesemuanya bisa dipasang secara independen ataupun dengan cara mix seperti pada jip milik Don ini. (jk 10)

Spesifikasi Teknis
 Mesin  3.8L V-6 OHV 12valve  OEM JK Wrangler
 Girboks  42RLE 4 speed auto OEM JK
 Tranfercase  NV241 command track 2 speed part-time OEM JK
 Exhaust    BORLA
 Gardan  Dana 30 (depan)
 Dana 35 with OEM Limited slip differential (belakang)
 Final Gear   ORM JK Wrangler
 Per    OEM JK Wrangler(depan)/(belakang)
 Sokberker  Fabtech 10" (depan/belakang)
 Suspension lift kit  1 3/4 lift by Daystar
 Fog Lamp    WARN 6,5 “ wireless & KC
 Over fender  Bushwacker
 Hood protector  Bushwacker
 Side protector  Bushwacker
 Rear Corner  Bushwacker
 Lamp Protector  Bushwacker
 Hood Scoop     Bushwacker
 Winch  Warn 9.5Ti
 Pelek    KMC XD Rock Star  9 x R20
 Ban   Toyo Open Country 33 x 12.5 R20
 Grab handle  Mopar
 Karpet   Mopar 
 Tire cover  Bestop
 Wind Jammer  Bestop
 Duster Roof    Bestop
 Bikini Roof     Bestop
 Footstep   Mopar
 Rain shield  Mopar
 Front / Rear Bumper  Mopar
 Bengkel  Garasindo
 Mahameru (Atiam)
 Jl. Bendungan Jago No. 18 Kemayoran Jakarta Pusat 10650 
 Telp    : (021) 422.7877-420.4906
 Fax    : (021)424.9655
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...