Laman

Kamis, 09 Februari 2012

Modifikasi Off-road, Suzuki Jimny LJ80V 1982


JIP
- Makin maraknya gelaran kompetisi offroad di Tanah air, nyatanya mampu memancing sejumlah kalangan dari berbagai profesi maupun tingkat usia, ingin turun langsung menikmati panasnya suasana persaingan. Tentu spesifikasi jip dan kelihaian driver menjadi modal para pelaku-pelaku baru untuk bisa bersaing.

Adalah Kompol Dessy Ismail SIK, Wakapolres Payakumbuh yang mulai keranjingan ber-offroad ria. Dipilihnya Suzuki Jimny LJ80V 1982 alias Jimny Jangkrik sebagai andalan tempur tentu bukan tanpa alasan. “Selain dimensi yang mungil, biaya risetnya juga lebih irit,” papar pria asal Klaten ini.


“Jip ini dibeli memang untuk dibangun sebagai kendaraan kompetisi ,” ujarnya. Tak heran begitu didapat, sejumlah rombakan dilakukan, bodi asli dipaksa pensiun. Dimensi pun dibuat semakin ringkas.

”Spesifikasi mesin dan kaki-kaki saya biarkan standar dulu. Memang tujuan saya turun di event perdana ini untuk menjajal kemampuan maksimal jip ini dulu, jadi kekurangannya nanti akan disempurnakan lagi,” begitu alasannya. Masuk akal.

Menuai hasil yang kurang optimal di event Lintang Enam Singa Harau Extreme Offroad 2011, tidak lantas membuatnya jera. Sejumlah rencana telah disusunnya matang untuk menghadapi event-event selanjutnya. “ Ke depannya saya akan mengganti mesin, opsi sementara menggunakan mesin turbo K10A. Dan untuk suspensi dan kaki-kaki akan disempurnakan lagi,’ kekehnya.
Waduh, makin ketagihan. Alamat gak jadi ngirit nih..

Mesin

Kedepannya mesin Suzuki K10A yang berteknologi turbo akan menggantikan mesin standarnya, yang jujur sudah kurang tenaga. Belum lagi usia pakai yang cukup uzur.

Kaki-kaki


Lagi-lagi masih mengandalkan standar, mulai dari suspensi hingga penerus daya. Untuk mengail traksi, ban Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT dipasang  membalut pelek kaleng bawaan VES.

Winch

Untuk piranti recovery, dipercayakan pada produk Warn yang memang teruji kehandalannya. Dipilih tipe 9.5 Ti karena dirasa cukup untuk menarik bodi Jangkrik yang tergolong imut.

Interior


Untuk urusan interior, penataannya rapi dan eye catching. Panel switch mudah dijangkau, begitu pula dengan beberapa panel indikator yang mudah terpantau.

Belakang

 Di buritan, radiator copotan Suzuki Futura dikawinkan dengan elektrik fan dari Toyota Great Corolla. Tangki bensin dicomot dari tangki mesin tempel Yanmar. Untuk mendukung kinerja kepolisian, loud speaker plus lampu rotator juga ikut disematkan.

Spesifikasi Teknis
 Mesin  F8A OEM Jimny LJ80
 Kapasitas  800 cc
 Pasokan BBM  Karburator OEM Jimny LJ80
 Pengapian  CDI Porter
 Radiator  Suzuki Futura
 Electric Fan  Toyota Great Corolla
 Girboks  OEM Jimny LJ80
 Gardan  OEM Jimny LJ80
 Final Gear  OEM 4,56 :1
 Per  OEM Jimny LJ80
 Sokbreker  Kayaba Ultra
 Pelek  OEM Jimny LJ80
 Ban  Savero Komodo Extreme Trekker 31x10.5-15 LT
 Jok  Custom
 Seatbelt  Scrotch
 Winch  Warn 9.5 Ti
 Indikator  Auto gauge
 Bengkel  Takanami Jln. By Pass Anak Air , Bukittinggi
  08128295978