Laman

Rabu, 01 Februari 2012

Restorasi : Toyota Landcruiser HZJ79R 2000, Lelang Hoki


 Ajakan untuk ikut lelang sebuah Toyota Bundera 2000 ditanggapi dengan sebelah hati. Pasalnya selain banyak yang ikutan lelang, juga tak terpikir sebelumnya oleh AKBP Winarto, Kapolres Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel, untuk memelihara Toyota Bundera.

Saat itu  pria berdarah Jawa Timur ini masih berdinas di Kabupaten Murung Raya, Kalteng. Melihat wajah Toyota Bundera yang mirip Toyota FJ40, Pak Win—demikian panggilan akrab—tiba tiba jadi bersemangat.

“Cuma kala itu, Toyota Bundera ini adalah mobil pemadam kebakaran,” cerita Pak Win. “Jadi di bak belakang terdapat sebuah boks besar berisi pumpa air dan tandon air. Sayangnya sudah tidak berfungsi.”

Pak Win pun akhirnya ikutan pasang down payment lelang dan menunggu hasil. Gak harus menunggu lebih dari seminggu, kabar di dapat. Dan ternyata, Toyota tipe TLC HZJ79R jatuh ketangannya.

“Benar-benar hoki mas.”
Namun pikir Pak Win, bentuk boks pemadam kebakaran yang sudah tak bisa difungsikan cukup mengganggu. Awalnya pengin diperbaiki, tapi “Kok susah mencari spare partnya.”

Daripada tak berfungsi, akhirnya Toyota Bundera inipun dikembalikan pada tipe pick-up sesuai aslinya. “Apalagi di Kalteng masih banyak ditemui bak belakang Toyota Bundera eks pertambangan yang tak lagi dipakai. “Kondisinya memang banyak yang rusak, tapi tinggal perbaiki saja,” ujar bapak 2 anak ini.

Saat, dinas pindah ke Kalsel, Toyota Bundera inipun diajak serta. “Sekaligus jadi kenang-kenangan pernah dinas di Kabupaten Murung Raya, Kalteng,” ujar Pak Win sembari tersenyum.

Mesin

Mesin orisinal diesel 1HZ E 4.163 cc 6 silinder inline OHC 2 Valve. Masih sehat, meski sempat kerja keras di pertambangan. Girboks 5 percepatan berikut transfercase 2 percepatan (high-low) OEM Bundera.

Gardan

     Gardan depan belakang full floating OEM HZJ79R dilengkapi dengan rem cakram (depan-belakang)

Sokbreker

     Liftspring OEM HZJ79R berikut dengan Sokbreker orisinal Tokico Japan.

Bak belakang

     Saat menang lelang, boks belakang pemadam kebakarannya terpaksa digusur. “Padahal sebenarnya unik.” Cuma karena tak lagi berfungsi, pilih diganti saja dengan model pick up. Alih-alih sekaligus bisa berfungsi untuk membawa barang-barang.
    Pemasangan bak belakang inipun diserahkan pada sebuah bengkel lokal di kota Barabai, Kalsel.

Bumper dan Winch

      Bumper ARB dan dipasangi recovery winch Warn 9.5 Ti

Overfender

    Tambahan overfender fiber memberi kesan bodi lebar

Dasbor dan jok

    Ruang driver dan co tetap seperti aslinya. Bahkan radio dan tape player nya asli Toyota tipe 12201

Ban Pelek

    Pelek  beadlock MRW  ring 16 dipasangkan dengan ban Mickey Thompson MT 33x10.5x16

Ruang Ban Cadangan

     Di antara kabin dan bak belakang terdapat satu ruang yang hanya dibatasi dengan pipa besi dan pintu kawat. Cukup dibuka dengan sistem pengunci putar, maka pintu kawat besi ini sekaligus berfungsi sebagai tangga untuk menaikkan ban.
   
Spesifikasi:
 Mesin  OEM TLC HZJ79R 1997
 Girboks  5 percepatan OEM Bundera
 Transfercase  2 percepatan (high-low)
 Gardan  Full floating OEM
 Sokbreker  Tikico Japan
 Snorkel  Safari
 Bumper  ARB
 Winch  Elektrik Warn 9.5 Ti
 Bak belakang  Restoraso OEM
 Dasbor & Jok  OEM
 Spion  OEM