Laman

Rabu, 01 Februari 2012

Review Product : ROOF BOX SPORT 2, Bagasi Kedua


Tak semua SUV maupun kendaraan four wheel drive punya bagasi yang cukup lega. Pasti merepotkan jika penumpangnya penuh dan masing-masing membawa barang bawaan yang lumayan banyak. Solusinya gampang kok pasang roof rack ataupun roof box. Supaya sebagian barang bagasi bisa disimpan di atas kap mobil.

Ada perbedaan antara roof rack dengan roof box. Kalau untuk roof rack volume barang bawaan memang jauh lebih banyak. Hanya saja dari sisi keamanan baik dari tangan jahil maupun kendala cuaca roof rack lebih rentan. Karena roof rack tanpa disertai penutup. Jadi kalau ingin barang bawaan di atas aman dari panas dan air hujan mesti dibungkus dengan plastik dan diikat.



Sedangkan untuk roof box relatif lebih aman karena biasanya sudah dilengkapi penutup dan ada kunci pengamannya. Hanya sayangnya, volume roof box memiliki bantasan tertentu. Tergantung besar kecilnya box yang tersedia. “Kalau roof box Sport 2 ini memiliki volume 390 liter dengan dimensi tinggi 40 Cm, lebar 85 Cm dan panjang 135 Cm,” jelas Ronny “SAS” -  distributor roof box Sport 2 di Jakarta.

Menurut pria ramah ini bagasi tambahan dari Sport 2 ini terbuat dari material yang cukup kokoh dan berkualitas yaitu campuran plastik dan polyurethane. “Cukup tahan dari benturan, panas matahari maupun limpahan air hujan. Sehingga barang bawaan tetap terlindungi,” perinci Ronny.


Dari segi desain roof box Sport 2 cukup simpel namun juga memperhatikan aspek aerodinamis. Karena bagian depannya cenderung lebih mengerucut. Ini supaya angin dari depan tidak bertabrakan secara frontal sehingga dudukan roof box tetap kokoh. Pada bagian lantai cetakan modelnya khusus agar lebih kokoh. Lubang di bagian dasar box difungsikan untuk mengatur posisi cross bar untuk mengikat roof box. Beberapa lubang ini memudahkan dalam menyetel posisi dudukan roof box.

“Roof box ini universal kok. Bisa dipasang di kendaraan apa saja,” celoteh Ronny. Engsel Sport 2 sengaja dipasang model lipat karena ini diangap lebih awet dibandingkan model sokbreker. Meskipun model engsel selama tidak patah karena kesengajaan diklaim cukup tahan lama.


Kelebihan lain yang dimiliki Sport 2 adalah harga jualnya yang relatif lebih murah. “Paling sekitar Rp 3,5 jutaan kok,” tutup Ronny. Makanya bagasi terbatas? Usah pusing lagi pasang saja roof box Sport 2. Selesai digunakan bisa disimpan lagi kok. Karena bongkar pasangnya tak ribet dan lumayan cepat.