Laman

Senin, 13 Februari 2012

Tips Mobil, Memahami Proses Pengecatan, Biar Hasilnya Kinclong


Proses cat memerlukan ketelitian dan keterampilan yang mumpuni. Tidak sembarang teknisi bisa melakukan proses ini. Diperlukan kesabaran dan teknik yang mendalam untuk mendapat­kan hasil yang sempurna. Walaupun begitu, Ali dari Multi Warna (MW), gerai cat kendaraan, punya panduan ringan mengenai proses dasar pengecatan otomotif.
Pertama cat dikerok hingga habis. “Istilahnya catnya dimatiin,” jelas pria ramah ini. Kalaupun hanya sebagian panel yang dicat, harus didempul secara merata. Setelah itu diepoxy. Tunggu hingga satu hari hingga epoxy meresap. Kemudian baru proses cat dasar. Proses ini sebaiknya dilakukan secara mendetail hingga semua panel tertutup rata.
Setelah cat dasar setengah kering, waktu sangat relatif, baru dinaikkan pernis. “Pada kondisi cat setengah ke­ring, waktunya relatif tergantung jenis cat, bisa dua hingga lima jam, pernis akan lebih menyerap ke dalam cat,” tambah Ali lagi. Lebih baik lagi jika semua proses dilakukan di ruang yang memiliki pemanas dan tertutup alias oven demi menghindari debu dan material asing yang mungkin menempel jika cat masih basah.