Laman

Senin, 13 Februari 2012

Tips Perawatan Cat Mobil, Di Campur Lalu Di Aduk



JAKARTA - Mencuci dan memoles cat merupakan bagian dari sekian prosedur merawat mobil. Sepintas memang terlihat sepele. Tinggal guyur lalu setelah bersih dan kering, tinggal poleskan produk obat pemoles yang tersedia di pasaran.

Padahal, bila tak dilakukan secara benar, aksi bersih-bersih mobil bisa berbuah kerusakan pada cat. Salah satunya adalah memudarnya warna cat mobil. Maklum saja, ada produk pemoles yang memiliki daya kikis yang lumayan kuat pada cat. Makanya, penting untuk membaca petunjuk produk itu terlebih dulu.

Lukman Joe dari spesialis autodetailing Timur Otomotif me­nyarankan agar mobil tak ke­seringan dipoles. Paling aman adalah rajin-rajin mencuci, apa­lagi bila terkena guyuran hujan yang kadang mengandung kadar garam. Cuma memang, sebagian orang kurang puas kalau sekadar mencuci saja. Resik sih iya, tapi kurang warna mobil kurang mengkilat. Begitu alasan banyak orang. Lalu pilihannya adalah memoles cat mobil biar kempling. Tapi sekali lagi, kalau keseringan bisa menipiskan lapisan cat.

Nah, biar tak perlu kerja dua kali, Lukman Joe menyarankan agar mencampur beberapa tetes produk wax atau polish ke air yang sudah dicampur shampo mobil. ”Cukup aduk saja larutan itu lalu cuci mobil seperti biasa. Hasilnya nanti akan beda lo dibanding kalau mencuci pakai shampo saja,” bilangnya