Laman

Senin, 09 April 2012

Cara Instan Hilangkan Goresan di Mobil

Anda cuma membutuhkan waktu sekitar 30 menit.


Goresan pada mobil (Automotto.com)
 
 Menjadi hal yang sangat sulit untuk bisa mempertahankan kemulusan mobil jika setiap hari melintasi macet dan juga lahan parkir yang sempit.
Goresan dan penyok di bagian body menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Memperbaiki masalah kecil seperti ini memang cukup menguras waktu dan biaya, sehingga banyak orang malas pergi ke bengkel.

Memperbaiki sendiri di rumah mungkin bisa jadi solusi yang tepat. Tentunya ini dapat menghemat waktu dan biaya.

Dilansir Automotto, Selasa, 10 April 2012, berikut ini tip yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki lecet dan penyok pada body mobil. Anda hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam waktu untuk bisa menghapus goresan di mobil.

Alat yang dibutuhkan:
1. Amplas dengan ukuran grit tinggi

Amplas dengan grit yang tinggi semakin baik untuk menggosok permukaan yang lecet tanpa menyebabkan kerusakan tambahan. Anda bisa menggunakan amplas dengan grit 1500 hingga 3000.

2. Rubbing compound dengan compound pad

Alat ini digunakan untuk goresan yang tidak terlalu dalam. Sebuah goresan dapat dihilangkan dengan clear coat dan rubbing compound.

3. Scratch remover dan polishing pad

Alat ini juga untuk goresan yang tidak terlalu dalam.

4. Automotive wax

Melindungi permukaan setelah proses polishing.

5. Cat

Untuk menambal warna yang hilang akibat goresan. Carilah warna yang sesuai dengan warna asli mobil

6. Clear Coat

Untuk goresan yang memerlukan penggunaan cat, clear coat digunakan untuk mencampurkan warna dengan body kendaraan. Clear coat juga melindungi cat dari sinar matahari.

7. Rust converter

Melindungi mobil Anda dari kerusakan akibat karat.

Cara memperbaiki:
1. Bersihkan daerah yang rusak.

Cuci dengan deterjen ringan atau sabun dan air pada bagian yang lecet kemudian keringkan dengan lap. Tandai daerah yang akan diperbaiki.

2. Amplas basah bagian yang rusak

Rendam amplas sebelum menggosok bagian yang lecet. Gosok dengan hati-hati ke arah luar.

3. Gunakan rubbing compound atau cat

Untuk goresan yang dangkal, tidak perlu menggunakan cat. Gunakan rubbing compound dengan compound pad dan gosok bagian yang lecet hingga hilang atau memudar.
Jika lecetnya telah menghilangkan warna cat asli, semprotkan cat di daerah tersebut. Tapi, jangan menggosoknya kembali dengan rubbing compound.

4. Gunakan clear coat atau scratch remover dan automotive wax

Setelah cat mengering, Anda bisa menggunakan clear coat untuk menggosoknya. Jika goresannya lebih parah dan sangat dalam, Anda bisa menyemprotkan cat dua kali dan menggosoknya dengan clear coat setelah mengering.

Setelah warnanya kembali bersinar, teruskan dengan automotive wax untuk melindungi dari sinar matahari.

5. Biarkan hingga kering

Cat dan clear coat akan memakan waktu beberapa hari untuk mengeringkannya agar hasilnya sempurna.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Berhati-hatilah saat menggosok bagian yang lecet dengan amplas agar lecetnya tidak tambah lebar dan jangan lupa celupkan amplas ke dalam air sebelum menggosoknya.

2. Jika kerusakannya sangat parah dan luas, lebih baik untuk membawanya ke bengkel.

3. Jika lecetnya sudah menunjukkan tanda-tanda karat, pastikan Anda melakukan tindakan yang tepat. Pilih warna yang tepat dan lakukan dengan lebih teliti lagi untuk menutupi lapisan yang berkarat.