Laman

Minggu, 01 April 2012

Modifikasi On road : AMC Jeep CJ-7 1980

 Impian yang tertunda Butuh kesabaran yang tak sedikit untuk dapat merealisasikannya

 Jika ditanya tentang sosok kendaraan apa yang paling diidamkan, maka Jeep CJ-7 milik tentara pun menjadi jawaban yang meluncur tegas dari mulut Kukuh Hadi Santoso muda. “Pertama kali saya lihat CJ-7 punya tentara, kalo ngga salah milik Angkatan Darat langsung jatuh hati. Gagahe  pol (gagahnya ngepol. Red: Jawa),” tuturnya. “Gaya militer yang diusung jip tersebut tidak pernah lekang oleh waktu dalam benak saya,”lanjutnya. “Terus terang saya pernah ingin menjadi tentara namun ternyata tak pernah kesampaian. Mungkin sekali jika hal itu yang memberikan pandangan bagi saya tentang sebuah CJ-7 militer,” imbuh ayah dari Retno Adiyati Ramadani ini.

Puluhan tahun telah berlalu, namun nampaknya impian Kukuh tentang sebuah CJ-7 belumlah lekang tergerus waktu. Hingga pada suatu kesempatan semua yang pernah Kukuh impikan menjadi kenyataan. “Dari seorang teman saya mendapatkan informasi mengenai bahan CJ-7 versi militer, maka tanpa ba-bi-bu jip tersebut berpindah ke tangan saya, walau kondisinya dapat dikatakan kurang baik,” kenangnya.

Langkah restorasi pun segera menjadi langkah yang ditempuh selanjutnya. “Kondisi bahan kurang memungkinkan untuk direstorasi ulang sesuai dengan aslinya. Dan sayang sekali karena tugas saya tidak punya waktu cukup untuk mengumpulkan pernik-pernik orisinalnya,” papar pria yang berkarier di salah satu instansi pemerintah ini. “Maka campuran modifikasi dan restorasi pun dipilih menjadi jalan keluarnya,” lanjutnya. “Saya cenderung membebaskan modifikatornya, namun satu syarat utama yang tidak boleh dilanggar, jip tersebut harus berwarna hijau laksana jip CJ-7 milik tentara,” tutupnya.

Impian tidak pernah usang dan akhirnya setelah sekian lama hal tersebut pun terwujud. 



Mesin
Mesin tua 258 cu.in lansiran AMC sudah terlalu berumur dan mulai sakit-sakitan, maka sebagai langkah penyegaran dipilihkan mesin 242 cu.in Powertech comotan dari XJ Cherokee. Selain lebih muda, mesin ini juga lebih bertenaga dan jelas tidak rewel.



Girboks transmisi
Transmisi Tremec T-176 bawaan asli kendaraan tetap dipertahankan lantaran kondisinya masih sangat baik dan dirasa pas dengan karakter mesin baru sekalipun. Sedangkan untuk menyesuaikan dengan letak bonggol gardan, tranfercase 2 percepatan part-time milik Cherokee pun lantas bergabung di bawah dek jip Amerika ini.



Suspensi

Gardan sumbu pendek ditanggalkan, sebagai gantinya gardan lucutan dari XJ Cherokee menggantikan posisinya. Kedua gardan donor tersebut dipadukan dengan per asli bawaan CJ-7 yang dikolaborasikan dengan sokbreker Kayaba. Paduan ini mengghasilkan pengendaraan yang mantap namun tetap nyaman.



Interior
Bangku orisinal bawaan CJ-7 masih tertata dengan rapi pada tempatnya. Agar lebih segar, bangku-bangku tersebut dibungkus ulang dengan bahan kulit sintetik



Winch
Belum ada niatan untuk menerjunkan jip ini ke medan off-road berlumpur, namun demikian tak ada salahnya menyiapkan alat rekoveri seperti winch pada bagian moncong jip ini.



Spion
Spion TJ Wrangler dipilih sebagai satu langkah penyegaran bagi penampilan jip eks militer ini. Selain itu jangkauan pandang spion ini jauh lebih baik dibandingkan dengan kaca spion bawaan CJ-7.



Pelek ban
Pelek besi lansiran American Racing yang diakurkan dengan ban produksi Bridgestone menjadi andalan jip ini dalam mengarungi jalanan. Disain pelek khas Amerika lah yang menjadi alasan dipilihnya pelek berukuran 7 x R15 ini , sehingga citrarasa Amerika semakin kental terasa.



Overfender
Overfender custom dari bahan fiberglass dipasangkan pada tiap rongga ban. Selain untuk mempergagah penampilan, juga berfungsi untuk menghalau cipratan air yang terlontar dari arah ban.



Lampu
Lampu model tengkorak khas militer menjadi ciri tersendiri bagi jip ini. Lampu ini ibarat prasasti bagi jip yang pernah bertugas di salah satu kesatuan angkatan bersenjata Indonesia ini. Selain itu, sebuah streker khas militer masih terpasang. Suatu ciri militer lainnya yang masih dapat dinikmati pada jip ini.

Spesifikasi
Mesin                     : Powertech 242 cu.in (4.0 liter) OEM XJ Cherokee

Transmisi               : Tremec T-176 4 speed manual OEM AMC CJ-7

Tranfercase           : 2 speed part-time NP 231

Gardan                   : Dana 30(OEM XJ Cherokee)
                               : Dana 35(OEM XJ Cherokee)

Final Gear              : Superior Gear   (4.56 : 1)

Per                         : OEM AMC Jeep CJ-7

Sokberker              : Kayaba

Winch                     : Warn M8000

Soft top                  : Bestop

Over fender           : Custom

Pelek                      : American Racing 7 x 15

Ban                         : Bridgestone Dueller MT 30x9.5R15

Rollbar 8 titik         : OEM YJ Wrangler

Radio komunikasi   : Motorola

Spion                      : TJ Wrangler

bengkel                  : Jl. Gading Kirana Timur blok H 11/21 Kelapa Gading , Jakarta  T: (021) 4534717, 0811199943