Laman

Recent Posts

Minggu, 01 April 2012

Modifikasi on road : Jeep JK Wrangler Unlimited 2009

 Sebuah Jeep tak harus berupa kendaraan hobi, namun harus fleksibel

JIP - Jeep mungkin sudah mendarah daging bagi Ari. Sejumlah varian Jeep menjadi penghuni garasi rumahnya, termasuk di dalamnya sebuah Jeep JK Wrangler Unlimited lansiran tahun 2009. “Jip inilah yang justru saya pilih sebagai kendaraan operasional ke kantor, bukan sedan atau kendaraan lain,” tegas pria yang  berkecimpung dalam dunia teknik perminyakan ini. “Saya akui bahwa saya merupakan penggila Jeep dan saya melihat bahwa sebuah JK Unlimited layak menjadi kendaraan kantoran bahkan ada tambah lainnya lho,” sambung suami dari Novi ini.
“Dengan Jeep, saya mendapatkan kebanggaan sebagai seorang penguna Jeep sejati tanpa harus terlihat rendah diri di antara kendaraan mewah lainnya,” sambungnya bersemangat. “Saya malah mampu membangun image dengan Jeep ini yang tak hanya berhubungan dengan diri saya pribadi, namun juga untuk usaha yang saya tekun,” papar bapak dua anak ini. “Jip atau Jeep merupakan kendaraan yang jamak dimodifikasi dan semua modifikasi yang benar memerlukan perhitungan teknis yang baik dan tepat. Dengan demikian sedikit banyak image dunia kerja saya bisa terwakili oleh jip ini,” imbuhnya.

Agar mampu membaur dengan kendaraan mewah lainnya, modifikasi yang dilakukan pada jip yang satu ini haruslah tepat. “Memodifikasi sebuah Jeep terutama traditional Jeep seperti halnya JK ini jika salah sedikit, maka kesan yang diinginkan sebagai kendaraan resmi kantoran akan langsung sirna. Salah-salah malah menjadi kendaraan off-road sejati,” kekehnya. “Makanya tidak semua peranti yang ditawarkan patut dipasang. Kita harus tahu batas elegannya,” sembari menjelaskan mengapa bumper orisinal tidak bergeser dari tempatnya. “Intinya, kita hanya bisa bermain tipis saja dan tidak bisa terlalu ekstrim. Dengan demikian jip ini tetap bisa menjadi kendaraan resmi sekaligus santai,” tutupnya.

Mesin

Mesin 3.8 liter bawaan asli kendaraan dirasa sudah cukup mumpuni, sehingga mesin dengan bahan blok dari besi dan head dari bahan alumunium ini tidak diotak-atik sama sekali. Kemampuannya sudah cukup mumpuni. (jk)

Kap mesin

Kap motor lirisan American Expedition Vehicle (AEV) disematkan menggantikan kap motor bawaan asli kendaraan. Kap motor ini memiliki heat reduction berupa kisi-kisi lubang udara yang membantu melepas hawa panas dari mesin. Tak hanya itu, penampilannya yang sporty pun memberikontribusi pada penampilan jip tradisonal Amerika ini tanpa harus kehilangan faktor elegan. (jk 1)

Interior



Bagian dalam jip ini sama sekali tidak diotak-atik alias dalam kondisi standar. Standar bawaan pabrik dinilai udah cukup nyaman dan aman. Ruang bagasi harus rela berbagi dengan gulungan atap lunak yang juga bawaan asli jip ini (jk 2 , 9 & 10)

Gardan

Gardan bawaan asli kendaraan Dana 30 pada bagian depan dan Dana 35 di belakang tetap mengandalkan spesifikasi bawaan pabrik. Ada wacana untuk menanamkan unit Air Locker, hal tersebut memang belum terlaksana, namun sudah dipersiapkan, salah satunya dengan penggunaan cover gardan khusus ARB pada gardan belakang. (jk 3, 4 & 5)

Suspensi

Per keong lansiran Kings yang dipadukan dengan sokbreker Fabtech diunggulkan pada aplikasi jip yang satu ini untuk memperbaiki handling jip yang satu ini. Lebih jauh lagi, suspensin lift kit 1 ¾ inchi turut dikenakan. Walau tongkrongan lebih tinggi dibandingkan dengan bawaan aslinya, namun dapat dipastikan hadlng kendaraan ini lebih baik. (  jk 6)

Ban dan pelek

Pelek beadock lansiran AEV dikombinasikan dengan ban BFGoodrich merupakan jaminan baik di jalanan aspal maupun lumpur. Kendati menyandang gelar sebagai ban mud terrain, namun di atas jalanan aspal ban ini tidak terlalu bising. Sedangkan jika diajak bercengkrama di atas jalanan berlumpur ban ini benar-benar dapat diandalkan. (jk 7)

Exhaust system

Performa mesin terkoreksi dengan diinstalkannya seperangkat peranti knalpot performa lansiran Borla. (jk 8)


 
Spesifikasi
Mesin                       : 3.8L V-6 OHV 12valve  OEM JK Wrangler
Girboks                    : 42RLE 4 speed auto OEM JK
Tranfercase             : NV241 command track 2 speed part-time OEM JK
exhaust                    : BORLA
Gardan                     : Dana 30 (depan)
                                 : Dana 35 with OEM Limited slip differential (belakang)
Cover gardan           : ARB
Final Gear                : Superior Gear   (4.56 : 1)
Per                            : Kings (depan)/(belakang)
Sokberker                : Fabtech 10" (depan/belakang)
Suspension lift kit    : 1 3/4 lift by Daystar
Shock steer              : SkyJacker
Kap mesin                : AEV heat reduction
Over fender             : OEM JK
Pelek                        : AEV beadlock 17 x 8.5
Ban                           : BFGoodrich MT KM2 285/75/17
Grab handle             : Mopar
Karpet                      : Mopar 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...