Laman

Recent Posts

Minggu, 01 April 2012

Restorasi : Jimny SJ410 1982 Japan plug in, Beberapa peranti dari berbagai jenis Jimny Jepang dipasangkan pada Jimny yang satu ini dengan mudah



 Bukan menjadi berita hangat lagi apabila generasi II Jimny disebut generasi Jimny paling legendaris yang hingga detik ini masih tetap diproduksi.  Sedangkan untuk Jepang, rentang waktu 1981 hingga 1998, menjadi era Gen II ini. Setidaknya sembilan varian Gen II dengan beragam spesifikasi dan ciri menjejali pasar domestik Jepang.

Karena dibangun dari satu platform yang sama, maka tidak menutup kemungkinan bagi Jimny Gen II dapat bertukar part terutama untuk bodinya. Tak mengherankan jika kemudian terjadi tukar-menukar bodi di antara generasi II tersebut. Belakangan hal ini pun menjadi fenomena tersendiri di Indonesia. Limbah Jimny yang masuk ke Indonesia pun menjadi bahan perburuan bagi para penggila Jimny, tak terkecuali seorang pria yang minta disapa sebagai Haji Fuad ini.

“Sebenarnya saya hanya meneruskan perjuangan seorang kawan saja dalam membangun jip ini,” tukas pengusaha yang berkecimpung dalam bidang ekspedisi ini. “Ia telah merombak jip ini dari sebuah Jimny tua rakitan tahun 1982 hingga menjadi Jimny yang sekarang ini kita lihat.

Singkatnya untuk menjadi seperti sekarang ini Jimny ini telah mengalami serangkaian peristiwa mulai dari ganti bodi, atap hingga peranti lain seperti transmisi hingga peranti dan pernak-pernik Jimny versi luar, terutama versi yang beredar di Jepang.” lanjut pria ramah ini. “Sedangkan saya tinggal melakukan finishing dan melengkapi beberapa hal saja,” akunya merendah.

“Semua gubahan tersebut dimungkinkan karena baik SJ410 lokal maupun JB32 atau kerabat generasi II Jimny lainnya memungkinkan untuk saling bertukar bodypart bahkan tanpa harus melakukan rombakan, alias plug in,” paparnya.

“Mengadopsi peranti Jimny Jepang tanpa harus merubah apapun, maka wajar saja jika bahwa Jimny ini saya sebut sebagai Japan plug in,” gelaknya sambil menutup obrolan.


Mesin
Peranti paling orisinal dari Jimny lansiran tahun 1982 ini hanya sebatas pada blok mesin saja. Semua yang bisa diganti dan diremajakan pada mesin berkode F10A ini diganti. Tutup mesinnya pun tak lagi menggunakan bawaan aslinya, namun mencomot milik JB31 alias SJ413 Samurai.


Transmisi girboks
Tak nampak lagi girboks 4 speed bawaan asli kendaraan, sebagai gantinya girboks 5 speed milik Suzuki Katana disematkan dan dikolaborasikan dengan transfercase SJ410 yang tentunya sudah diremajakan. Tak salah jika mengendarai jip ini bagai mengendarai sebuah kendaraan baru.


Gardan
Gardan bawaan asli dipertahankan dan tentu tidak lupa mengalami peremajaan menyeluruh pada semua bagiannya. Sedangkan untuk suspensi cukup menggunakan kolaborasi antara per asli Suzuki Katana dan sokbreker lansiran Kayaba.


Ban dan pelek
Pelek logam berlabel ARW berlapis krom disinergikan dengan ban BFGoodrich MT. Hmmm...sedap dipandang mata dan tetap nyaman dikendarai walau sedikit berisik. No problemo....


Interior
Sederet peranti comotan asli dari limbah Jimny Jepang dapat disaksikan dalam kabin. Mulai dari doortrim pintu depan hingga jok penumpang semuanya diperoleh dari hasil perburuan yang membutuhkan kesabaran dan kejelian. Sayang sekali trim belakang disisi kiri dan kanan penumpang original belum berhasil didapat, sebagai gantinya triming custom dengan kualitas pengerjaan yang cukup rapi disematkan.


Kaca spion
Spion milik Jimny JB32 ditugaskan untuk menggantikan peran spion bawaan asli kendaraan.


Bumper grille
Bumper Jimny JA11 dan dipadu dengan grille SJ413 Samurai menjanjikan penampilan yang sangat berbeda pada SJ410 gaek ini.


Roffrack
Sebuah roofrack asli optional milik JB32 dipasangkan di atas atap jip yang satu ini. Peranti yang terbuat dari bahan alloy ini cukup ringan namun dapat dipertanggungjawabkan kekuatannya.


Pintu belakang
Peran JB32 kembali terlihat pada penggunaan pintu belakang yang ditandai dengan kaca anti kabut plus wiper dan doortrim. Hmmm...bikin ngiler.
Spesifikasi
Mesin                : F10A 4 silinder inline SOHC 970cc (OEM SJ410)

Transmisi          : 5 speed manual (OEM SJ410)

Tranfecase        : 2 speed Part time (OEM SJ410)

Gardan              : OEM SJ410

Finalgir              : 4.111 : 1 (OEM SJ410)

Per                    : Indospring (OEM SJ410)

Sokbreker         : Kayaba Ultra

Pelek                 : ARW 7 x 15

Ban                    : BFGoodrich 30 x 9.5 x 15

Spion                 : Jimny JB32

Pintu belakang  : Jimny JB 32

Jok                     : Jimny JA12

Bumper              : Jimny JA11

Grille                  : Jimny JB31/SJ413 Samurai

Roofrack            : Optional Suzuki Genuine Accesories(SGA)JB32

Bengkel             : DTM  Jl. Deli 47 Tanjung Priok Jakarta Utara  Telp: (021) 339.911.55
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...