Laman

Senin, 30 April 2012

Tips Performance, Upgrade Performa Diesel, Oprek Perangkat Lunaknya


 
 Perkembangan teknologi pada mesin diesel yang meliputi penggunaan komponen elektronis untuk mengatur mesin, juga mengubah metode meningkatkan tenaganya. Masih bisa dengan upgrade komponen mekanis seperti memperbaiki saluran gas buang, namun terlebih bisa hanya mengoprek perangkat lunak.

Yap, dongkrak performa dengan mudah dilakukan dengan upgrade software. Tidak perlu ganti ECU karena cukup menambah modul tambahan di belakangnya. Istilah kerennya piggy back karena mirip tas punggung, hanya mengubah settingan dari ECU asli mesin.

 Dastek Unichip, penyetelan lebih luas(kiri). Power Plug benar-benar plug and play instant(kanan).
Beberapa waktu silam sempat dibahas, namun pertanyaan masih meluncur deras ke redaksi. Nah, berikut ini adalah beberapa perantinya. Salah satu piggyback yang paling beken bin popular adalah Dastek Unichip. ECU tambahan ini tidak hanya tersedia buat diesel, karena sudah malang melintang untuk tuning mesin bensin.

Menurut Teddy, panggilan beken Theodorus Suryajaya, tuner Rev Engineering di Kedoya Jakbar, Unichip bisa melakukan fine tuning. “Karena selain bisa setting injeksi bahan bakar, juga disesuaikan dengan boost dan throttle,” katanya. Makanya settingan peranti seharga Rp 6,5 juta ini bisa sangat halus dan disesuaikan karakter penggunanya.

 Power Lab punya dua modul berfungsi ganda
Piggyback Power Lab pun bisa mengatur settingan custom. “Tepatnya mengatur injector pulse dan fuel pressure,” ujar Erik pemilik I-Mechanic distributor Power Lab di Indonesia. Perantinya berupa piggyback DMS Sport, FPC dan kabel-kabel yang dilego Rp 11 juta.

Sedangkan penggemar upgrade performa instan bisa aplikasi Power Plug. “Tinggal colok tanpa potong kabel, hanya 15 menit saja,” bilang Arif, pemilik gerai Banteng Mas di Kemayoran, Jakpus. Dibanderol sekitar Rp 3,5 juta dan sudah tersedia juga buat Pajero Sports Dakar. Sayang, tidak bisa melakukan tuning lagi karena settingan sudah di modul. 

I-Mechanic, Telp.(021) 4585309
Rev Engineering Telp.(021) 56964612
Banteng Mas, Telp.(021) 65851065