Laman

Kamis, 31 Mei 2012

Yuk, Bikin Kabin All New Avanza Lebih Dingin

Tips Mobil


JAKARTA - Para pemilik All New Toyota Avanza 1.5 Veloz yang tergabung dalam klub Velozity punya beberapa tips untuk meningkatkan performa dan kenyamanan tunggangan andalannya.

Walaupun hingga saat ini sebagian anggota klub yang didirikan tanggal 3 Maret 2012 ini mengakui minim keluhan, ada anggota aktifnya yang berhasil menangani salah satu problem.

Sigit Aryanto, pemilik Veloz lansiran 2012 ini merasakan semburan hawa dingin AC di kabin yang kurang maksimal. Pastinya mobil masih dalam keadaan gres dan tidak ada gejala lainnya. Usut punya usut ternyata ada semburan hawa panas di slang AC yang ada di ruang mesin.

"Slang AC itu kena hawa panas header yang terbawa dari semburan kipas radiator," jelas Sigit. Sementara fungsi slang AC sejatinya bertugas menyalurkan udara dingin ke kabin dari kompressor. Standar dari pabrik, header hanya ditutupi pelat aluminium.

Untuk itu, Sigit bersama teman-temannya di Velozity berinisiatif menyekat hawa panas tadi dengan memberikan pelindung pada slang AC tersebut. Caranya cukup menyelimuti slang AC menggunakan bahan spons yang kerap dipakai membungkus pipa-pipa AC di mobil (Gbr.1).

"Bahan spons slang yang dibutuhkan punya panjang 40 cm, harga per meter Rp 8 ribu," jelasnya. Pemasangannya pun mudah. Bahan spons yang banyak dijual di pasaran onderdil ini memang sudah berbentuk seperti slang. Untuk pemasangan, langkah pertama cukup membelah salah satu bagian secara membujur hingga terbuka bagian dalamnya (Gbr.2).

Setelah itu, selimuti slang AC-nya. Agar kuat, Sigit menyarankan untuk mengikatnya kedua leher atas dan bawahnya menggunakan cable tie yang biasa digunakan untuk mengikat kabel (Gbr.3).

Kelar menempuh langkah itu, Sigit merasakan perubahan yang cukup signifikan pada suhu dingin di kabin dibanding sebelumnya. Dan kini tips ini akan diterapkan para anggota Velozity pada Veloz kesayangannya. Mudah kan?

Selamat mencoba.