Laman

Jumat, 17 Agustus 2012

5 Hal Paling Umum Penyebab Kecelakaan Mobil


Kurangnya kesadaran diri akan keselamatan diri dan orang lain, menganggap remeh peraturan-peraturan lalu lintas yang ada merupakan faktor yang paling sering menyebabkan terjadinya kecelakaan. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana kecelakaan biasanya terjadi karena faktor dari kebiasaan-kebiasaan buruk pengemudi.
Memang kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja dan dimanapun, namun jika beberapa faktor penyebabnya sudah dicermati sejak awal, setidaknya potensi kecelakaan bisa kita minimalis atau bahkan kita hindari.
Berikut ini 5 kesalahan paling umum yang sering menjadi pemicu kecelakaan:

Gangguan suara berlebih

penyebab-kecelakaan-1
Penyebab kecelakaan 1
Memutar musik yang terlalu keras, hingga menghalangi suara dari luar kendaraan seperti klakson sangat berisiko menyebabkan kecelakaan. Selain itu, berbicara keras dalam mobil, terlalu banyak menelepon dan sibuk dengan SMS atau BBM juga merupakan faktor penyebab.

Terlalu mudah panik

penyebab-kecelakaan-2
Penyebab kecelakaan 2
Ketika kita menjumpai suatu kondisi di jalan seperti ban mobil yang tiba-tiba kempis, yang terjadi adalah panik. Dalam kondisi panik, biasanya pengendalian kendaraan malah terabaikan, sulit untuk berusaha berpikir jernih dalam mengambil keputusan pada kondisi seperti itu. Usahakan agar selalu tenang dan tidak perlu panik sebelum Anda tahu betul apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Posisi duduk yang tidak benar

penyebab-kecelakaan-3
Penyebab kecelakaan 3
Memang tidak semua pengemudi bisa mengemudi dengan posisi duduk yang ideal karena faktor fisik yang berneda-beda. Namun kondisi ini bakal semakin runyam ketika pengemudi justru mengatur posisi mengemudi yang santai seperti jok yang terlalu rebah dan jauh dari stir kemudi. Yang pasti posisi ini akan mempengaruhi kinerja seat belt.
Sebaliknya posisi duduk yang terlalu tegak dan dekat dengan setir justru akan meminimalisasi pandangan. Selain tak nyaman, kita juga akan sulit melakukan kontrol terhadap kemudi dan mengantisipasi kondisi yang terjadi di sekitar mobil.

Mengantuk

penyebab-kecelakaan-4
Penyebab kecelakaan 4
Ini adalah hal klasik penyebab kecelakaan yang ada. Untuk menghindari ini, usahakan Anda cukup tidur sebelum melakukan perjalanan baik dekat maupun jauh. Usahakan menepi terlebih dahulu untuk mengistirahatkan mata barang 10 menit jika Anda memang mengantuk.

Tidak menjaga jarak

penyebab-kecelakaan-5
Penyebab kecelakaan 5
Untuk kebanyakan mobil akan membutuhkan jarak pengereman sekitar 30-40 meter hingga berhenti total, ini berlaku untuk mobil yang melaju pada kecepatan sekitar 100 km/jam. Terlalu dekatnya jarak dengan mobil yang ada di depan akan menyempitkan ruang bagi pengemudi untuk mengerem maupun untuk bermanuver menghindar.