Laman

Selasa, 07 Agustus 2012

Bingung Pakai Pertamax atau Premium? Ini Jawabannya


jenis-bahan-bakar-kendaraan
Bahan bakar

Memutuskan untuk menggunakan bahan bakar jenis premium masih saja menjadi pilihan bagi sebagian pengendara bermotor, baik itu untuk jenis motor atau mobil. Banyak dari mereka hanya mempertimbangkan dari segi atau faktor ekonomi saja hingga harus mengabaikan masalah keawetan mesin itu sendiri, yang sesungguhnya justru pilihan ini akan menguras biaya lebih besar nantinya.
Kurangnya pemahaman dan informasi akan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan mesin kendaraan juga merupakan faktor besar yang mempengaruhi. Dampak jangka panjang pada kendaraan yang salah dalam memilih bahan bakar adalah ‘ngelitik‘ atau bunyi yang bersumber pada ruang bakar. Yang terparah, membiarkan lebih lama mesin dalam kondisi ngelitik bisa mengakibatkan bolongnya piston kendaraan.
Jika kita cermati pada spesifikasi kendaraan kita baik itu mobil atau motor pada brosur atau manual book, pastinya terdapat informasi tentang rasio kompresi (Compression Ratio). rasio kompresi yang sudah ditentukan oleh pabrik adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar saat mesin bekerja. Sebagai contoh jika tertulis rasio kompresi 9.3, maka kendaraan tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 92, yaitu bensin Pertamax.
Untuk mempermudah dalam menentukan jenis bahan bakar apa yang sesuai dan dianjurkan untuk kendaraan Anda , berikut ini daftar rasio kompresi untuk mobil dan motor berbagai merek, sesuaikan CR atau rasio kompresi kendaraan Anda masing-masing dan lihat tabel di bawah untuk melihat jenis bahan bakar apa yang harus digunakan. Semoga bermanfaat.

Daftar Oktan dan Rasio Kompresi Kendaraan


daftar-oktan-kendaraan
Oktan dan CR kendaraan

bensin-motor-1
-
bensin-motor-2
Memilih Bahan Bakar Kendaraan

bensin-mobil-3
-
bensin-mobil-4
-
bensin-mobil-5
-
bensin-mobil-6
-
bensin-mobil-7
-
bensin-mobil-9
-
bensin-mobil-10
-
bensin-mobil-11
Memilih Bahan Bakar Kendaraan