Modifikasi off-road Suzuki Jimny LWB 1989, Oke Kemampuan dan Tampilan


Sebagai seorang pebisnis jasa peranti komunikasi, tak jarang membawa Joko Sutanto pada daerah pelosok terpencil. Ia pun lantas berfikir untuk memiliki suatu transportasi kendaraan yang dapat dihandalkan dan mumpuni namun tetap punya penampilan menawan.

Pilihan Joko pun jatuh pada jenis kendaraan jip hingga pada akhirnya mengerucut pada sosok Suzuki Jimny yang dianggapnya merupakan sosok jip serba guna dan efisien dalam pemakaian bahan bakar.

Meroketnya pamor Jimny pun menjadi alasan yang kian memantapkan langkah Joko untuk memilih jip ini sebagai andalan. Namun demikian penampilan maupun performanya jip ini harus bagus. Menurut bapak dua anak in penampilan bagus dan menarik merupakan kebanggan tersendiri.

Kemampuan off-road dan on-road yang bisa dihandalkan dan penampilan yang menarik menjadi formulasi yang bisa dihandalkan yang ditemui dalam jip ini. Penampilan OK dan performa OK, jadi singkatnya OK dan OK .

Mesin
Tenaga hasil perasan mesin bawaan standar dirasa kurang mencukupi harapan. Karenanya mesin F10A bawaan kendaraan pun diganti mesin G16A berpemasok bahan bakar injeksi yang lebih bertenaga . (cmh 3)

Gardan
Penjelajah sejati wajib berpenggerak 4x4, karenanya gardan depan pun dipasang lengkap dengan isinya. Untuk menyesuaikan dengan layout mesin dan transmisi, gardan belakang pun dicomot dari Jangkrik. Gardan kemudian dimodifikasi pada ujung-ujungnya dengan menggunakan milik Suzuki Jimny. Agar kemampuan off-roadnya semakin baik final gir pun diganti 1 : 5.125. (cmh 9 & 10)

Girboks dan tranfercase
Girboks 5 percepatan manual dan tranfercase miliki Vitara EPI menjadi ujung tombak penyaluran tenaga. Pilihan ini dianggap paling pas karena tidak perlu rombakan pada girbok dan tranfercase. Penyesuaian cukup dilakukan pada gardan belakang.

Interior
Suasana di dalam kabin tidak banyak berubah dari Jimny pada umumnya, hanya saja untuk meningkatkan kenyamanan, jok depan diganti dengan Recaro.

Bumper
Bumper standar ditanggalkan dan sebagai gantinya bumper custom racikan RAFF pun dipasangkan sebagai gantinya. Nampak sebuah winch Warn klasik nempel pada moncong jip sedangkan bumper belakang dilengkapi dengan tire hanger.

Pintu belakang
Pintu belakang one piece khas Jimny beratap hardtop diganti dengan milik Suzuki Caribian atau Jimny beratap softtop. Sedangkan penutup bagian atasnya dicustom dengan melakukan penyesuaian dengan kontur dan tektur bodi Jimny Hardtop

Aksesoris
Pemantauan areal belakang kendaraan dilakukan dengan spion milik Jeep TJ Wrangler. Penggunaan ukuran ban yang lebih besar dan lebar dari bawaan asli kendaraan menyebabkan ukuran overfender pun diperbesar dan diperlebar, agar cipratan ban tidak liar mendarat ke bodi kendaraan. Nampak sepasang footstep yang berfungsi ganda sebagai sidebar.

Pelek ban
Pelek klasik Enkei Apache dikolaborasikan dengan ban lansiran Maxxis dipercayakan untuk menjabani kepentingan jelajah jip di medan onroad maupun offroad.

Spesifikasi
Mesin : G16A 16 valve 1.6 liter multipoint injection

Girboks : 5 speed manual

Tranfercase : 2 speed part-time

Gardan : OEM Suzuki SJ410 (depan)
: Customized LJ80 (belakang)

Sokbreker : Procomp ES9000

Per : customized Suzuki Carry 1000

Overfender : customised by RAFF

Bumper : customized by RAFF

Sidebar : customized vy RAFF

Spion : Jeep TJ Wrangler

Pelek : Enkei Apache

Ban : Maxxis Bighorn 31x10.5 R15

Jok : Recaro

Bengkel : RAFF
Jl. Jakarta no 9 Bandung
Telp: (022) 720.2109