Laman

Recent Posts

Senin, 30 April 2012

Tes Konsumsi, BBM Menghitung Konsumsi BBM: Pengaruh Oktan & AC


 
Salah satu yang bikin perbedaan konsumsi juga dari bahan bakar yang digunakan. Walau terbilang murah, bukan berarti pengeluaran per bulan jadi lebih kecil loh. "Pakai bensin oktan 88 beda sekitar 0,4 km/liter dibanding bensin oktan 92 ke atas," ungkap Taqwa. Nah, bayangkan kalau seluruh perbedaan tersebut ditambahkan, hasilnya jadi luar biasa irit kan.

Asalnya begini, dengan oktan lebih tinggi. Artinya kerja mesin bisa lebih efisien. Tak perlu dengan putaran mesin tinggi, seluruh bahan bakar yang masuk benar-benar terbakar sempurna. Efek lanjutannya, tak hanya tenaga lebih baik, juga polusi yang dikeluarkan pasti lebih ramah lingkungan.

Jangan lupa pula dengan penggunaan AC. Kami pernah menjajal performa ketika AC terpasang dengan tanpa AC (14/XIX). Saat itu yang digunakan Toyota Avanza tipe G M/T 2009.

Bayangkan saja, Avanza sanggup menghasilkan tenaga 71 dk tanpa AC, namun setelah AC dinyalakan power langsung drop hingga 60,8 dk, alias turun 10,2 dk!

Karena tenaga turun, kerja mesin untuk menyalur tenaga semakin besar dan otomatis berefek terhadap injakan pedal gas jadi lebih dalam. Artinya, kebutuhan BBM pun lebih banyak.

Nah, untuk menyiasati konsumsi, bisa juga dengan mengatur temperatur AC. Temperatur lo, bukan besaran kipas atau semburan angin.

Tinggal lihat saja cuaca di luar. Misalkan sudah malam, kan enggak perlu setel temperatur maksimal. Begitu sebaliknya. Bukan apa-apa, kompresor AC termasuk beban terberat untuk mesin. 

Tool Kit, Ragam Kunci Busi Mobil, Pastikan Spesifikasi Sesuai Kontruksi


 
JAKARTA - Kunci busi menjadi perkakas yang mutlak tersedia pada kendaraan. Oleh karenanya kunci busi merupakan peranti yang dirancang khusus untuk setiap kendaraan guna mengencangkan dan mengendurkan busi. Sehingga kontruksinya dibuat agar bisa menjangkau posisi yang sulit sesuai dengan kondisi mesin tiap-tiap kendaraan.

“Kunci busi pada mobil diperuntukkan sebagai alat preventif untuk pertolongan pertama ketika terjadi masalah pada kendaraan, sehingga memudahkan untuk mengecek kondisi busi,” terang Yuta Obed, selaku service manager Auto2000 Permata Hijau.

Sebagai special tools, kunci busi juga dirancang untuk tidak memberikan momen pengencangan yang telalu kuat pada busi. Dengan begitu kepala busi tidak beresiko rusak akibat momen pengencangan yang berlebihan. “Penggunaan kunci sok ataupun kunci ring, dikhawatirkan dapat menyebabkan kepala busi rusak di dalam,” sambung Yuta, yang berkantor di Jl. Kebayoran Lama, No. 28, Jakbar.

Nah kekhususan kunci busi dibanding kunci sok maupun kunci ring adalah pada bagian dalamnya yang dilengkapi magnet. Selain bentuknya yang lebih panjang dibanding kunci sok, kunci busi juga dilengkapi magnet untuk memudahkan bongkar pasang busi,” bilang Yuta menjelaskan.

Perkara ukuran tentu disesuaikan mengikuti ukuran kepala busi, yang berbeda-beda sesuai spesifikasi busi kendaraan. “Untuk mobil-mobil lansiran Toyota, tidak menggunakan baut ukuran 16 mm dan 20,8 mm. Sebab kedua ukuran tersebut hanya diperuntukan untuk busi, sehingga kunci busi yang digunakan pun memiliki ukuran spesifik,” beber Yuta.

Di pasaran banyak tersedia kunci busi aftermarket, yang dapat dilengkap sebagai perkakas cadangan atau pengganti jika kunci busi bawaan pabrik dianggap kurang representatif. “Ada 3 model kunci busi yakni model ratchet, model ‘T’ dan model pipa,” ujar Edwin, pemilik toko Amazon yang menjual aneka tools di Senen Jaya, Blok 5, Lt. 4, D10, No. 11, Senen, Jakpus.

Kunci busi model ratchet, gagangnya dapt ditekuk menyesuaikan posisi busi di mesin.
Model Ratchet
Disebut model ratchet, karena kunci busi ini dilengkapi gagang ratchet layaknya kunci sok. “Ujung ratchetnya bisa ditekuk sesuai posisi yang diinginkan, sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Harga kunci sok model ini berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung mereknya,” kata Edwin.

Model ‘T’
Karena bentuknya yang menyerupai huruf ‘T’, alhasil kunci busi ini dikenal dengan model ‘T’. “Kunci busi model ‘T’ ini juga dapat dipuntir sesuai posisi yang dinginkan. Kunci model ‘T’ ini dibanderol kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu-an,” tunjuk Edwin.

Model Pipa

Bentuknya memanjang layaknya pipa, namun berkepala hexagonal layaknya kunci busi. Untuk mempermudah penggunaan, kunci busi model pipa ini dilengkapi batang sebagai pegangan. “Harga jualnya dilego kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribuan,” sebut Edwin.

Tips Performance, Upgrade Performa Diesel, Oprek Perangkat Lunaknya


 
 Perkembangan teknologi pada mesin diesel yang meliputi penggunaan komponen elektronis untuk mengatur mesin, juga mengubah metode meningkatkan tenaganya. Masih bisa dengan upgrade komponen mekanis seperti memperbaiki saluran gas buang, namun terlebih bisa hanya mengoprek perangkat lunak.

Yap, dongkrak performa dengan mudah dilakukan dengan upgrade software. Tidak perlu ganti ECU karena cukup menambah modul tambahan di belakangnya. Istilah kerennya piggy back karena mirip tas punggung, hanya mengubah settingan dari ECU asli mesin.

 Dastek Unichip, penyetelan lebih luas(kiri). Power Plug benar-benar plug and play instant(kanan).
Beberapa waktu silam sempat dibahas, namun pertanyaan masih meluncur deras ke redaksi. Nah, berikut ini adalah beberapa perantinya. Salah satu piggyback yang paling beken bin popular adalah Dastek Unichip. ECU tambahan ini tidak hanya tersedia buat diesel, karena sudah malang melintang untuk tuning mesin bensin.

Menurut Teddy, panggilan beken Theodorus Suryajaya, tuner Rev Engineering di Kedoya Jakbar, Unichip bisa melakukan fine tuning. “Karena selain bisa setting injeksi bahan bakar, juga disesuaikan dengan boost dan throttle,” katanya. Makanya settingan peranti seharga Rp 6,5 juta ini bisa sangat halus dan disesuaikan karakter penggunanya.

 Power Lab punya dua modul berfungsi ganda
Piggyback Power Lab pun bisa mengatur settingan custom. “Tepatnya mengatur injector pulse dan fuel pressure,” ujar Erik pemilik I-Mechanic distributor Power Lab di Indonesia. Perantinya berupa piggyback DMS Sport, FPC dan kabel-kabel yang dilego Rp 11 juta.

Sedangkan penggemar upgrade performa instan bisa aplikasi Power Plug. “Tinggal colok tanpa potong kabel, hanya 15 menit saja,” bilang Arif, pemilik gerai Banteng Mas di Kemayoran, Jakpus. Dibanderol sekitar Rp 3,5 juta dan sudah tersedia juga buat Pajero Sports Dakar. Sayang, tidak bisa melakukan tuning lagi karena settingan sudah di modul. 

I-Mechanic, Telp.(021) 4585309
Rev Engineering Telp.(021) 56964612
Banteng Mas, Telp.(021) 65851065

Deteksi Kerusakan Power Steering


Sistem power steering yang terus menerus bekerja tentu akan mengalami kerusakkan jika tidak dirawat. Terutama untuk mobil yang umurnya sudah banyak. Maka perlu diketahui bagian mana dan rasanya bagaimana saat terjadi kerusakan?

Penyakit yang sering menimpa perangkat power steering adalah masalah kebocoran yang mengakibatkan minyak berkurang sehingga tekanan juga menurun dan membuat setir berat, jika diputar paksa dan ditahan menimbulkan bunyi yang berdengung
Komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah sil, biasanya karena peranti ini berumur lama. Tekanan yang terus-menerus membuat sil yang tua bakal robek. Paling sering yang kena adalah sil steering rack, gejalanya setir terasa berat, ada tetesan minyak di bagian bawah mesin.
Paling gampang dengan melihat sekitar permukaan rack yang dipenuhi pelumas. Kalau dibiarkan bisa menular ke komponen lain, karena cairannya lama-lama berkurang. Sebelum terlambat ganti yang baru. Jumlahnya 1 set ada 10 buah sil.

Sil yang lain yang juga sering jebol adalah yang terdapat pada pompa, gejalanya mirip, yaitu setir berat dan minyak sering habis. Cara mudah mengetahuinya dengan melihat kondisi pompa. Jika disekujur bodinya terdapat minyak, berarti ada kebocoran.


Kemudian slang, yaitu peranti penyalur cairan ini jika tertekuk atau sudah getas bisa pecah, akibatnya isi minyak akan berkurang, bisa juga disebabkan klem-klemannya sudah kendor. Dpat diketahui dengan melihat ujungnyya, apakah dibasahi oleh minyak atau tidak. Khusus buat pengikat, gunakan yang tidak melukai slang agar lebih aman. Jika kebocoran dicuekin saja bisa merusak kipas pompa, karena tidak adanya minyak yang lewat sehingga ujung kipas tergores.

Kalau masih tetap tidak diperbaiki, akan meyebabkan dinding kipas baret pula. Kalau sudah seperti ini tidak bisa direkondisikan lagi, harus ganti baru dan ongkosnya mahal, sekitar 1 jutaan. Penyakit akibat kurang cairan lainnya adalah as steering rack baret karena tidak adanya pelumasan yang maksimal, dan bisa membuat oli keluar. Cirinya, dengan melihat permukaan as dengan membuka karet pelindungnya yang banyak rembesan pelumas.

Panduan Ringan Gejala Kerusakan Turbocharger, Perhatikan Asap Pekat




Mobil-mobil yang menggunakan turbocharger seperti Volvo, Toyota Land Cruiser VX, Ford Ranger, atau Mitsubishi Strada Triton memang rentan mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan benar. Padahal dengan perangkat turbocharger ini, performa mobil jadi lebih baik dan lebih kencang.

Kerusakan pada turbocharger ini umumnya terjadi karena kebanyakan pemilik mobil kerap mematikan langsung mesin mobil sehabis mobil digeber. “Seharusnya tunggu sekitar 10-15 detik untuk turbo benar-benar berhenti be­kerja, baru mesin dimatikan,” ujar Hardysan, juragan Surya Mas Teknik, spesialis servis dan perbaikan turbocharger.

Gejala kerusakan pada turbocharger cukup mudah dideteksi, mulai dari asap pekat yang keluar terus menerus dari knalpot ketika stasioner, lalu pada RPM tinggi asap pekat tadi tidak hilang juga. Lalu pada selang-selang yang berhubungan dengan intake terlihat rembesan oli, kemudian yang biasanya mulai dari 2.000 RPM turbo sudah mulai bekerja, tenaga mesin malah drop.

Kalau sudah begini siap-siap saja mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaikinya!

Senin, 09 April 2012

Cara Merawat Kendaraan Saat Cuaca Ekstrem

Ada beberapa bagian di mobil yang perlu mendapatkan perhatian khusus.


Mencuci mobil (dok. Corbis)
 
 Kondisi cuaca belakang ini memang sulit untuk diprediksi. Kadang panas terik, namun tak jarang dalam sekejap berubah menjadi hujan badai.

Dengan kondisi cuaca yang ekstrem, tentunya bukan hanya tubuh yang perlu perhatian ekstra agar tak mudah terserang penyakit. Kendaraan pun juga butuh perhatian lebih.

Salah satunya dengan rutin memeriksa semua cairan kendaraan termasuk oli mesin, oli transmisi, oli power steering, serta minyak rem. Karena boleh jadi semua cairan itu akan cepat menguap atau membeku ketika cuaca berubah secara ekstrem.

Bagian lain yang tidak kalah penting adalah memeriksa bagian bodi agar terhindar dari karat. Biasanya kotoran yang menempel di bagian kolong bodi sering kali luput dari perhatian.

Biasakan setelah terguyur hujan, kendaraan segera mungkin dicuci. Itu dimaksudkan untuk mencegah kotoran yang menempel di bodi tidak mengeras atau menjadi kerak. Karena itu dapat menyebabkan terjadinya karat. 

Selain itu, pemilik kendaraan juga harus rajin memelihara kebersihan sistem AC mobil. Cuaca yang ekstrem terkadang membuat udara di dalam mobil cepat berubah dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dianjurkan untuk rutin membersihkan AC dan bagian dalam kabin.

Pemilik kendaraan juga perlu mempersiapkan beberapa toolkit sebagai langkah preventif jika kendaraan mengalami mogok di tengah jalan, akibat kerusakan yang disebabkan cuaca ekstrem. Seperti kabel jumper, senter dengan baterai ekstra, emergency toolkit, dan first aid kit. (Sumber: Autoevolution)

Tips Bersihkan Velg yang Ternoda

Kotoran pada velg terlihat dari bercak hitam. Ini biasanya dari aspal yang menempel.


Pembersihan velg mobil (google.com)
 
 Kendaraan telah menggunakan berbagai jenis velg, mulai dari velg biasa hingga velg racing. Namun, semua perlu perawatan ekstra bila ingin velg Anda tetap tampil menawan.

Kotoran pada velg terlihat dari bercak hitam. Ini biasanya dari aspal dan debu yang menempel dari kaliper rem. Namun, agar tak merusak penampilan, Anda tak bisa asal membersihkan. Anda bisa menggunakan wax atau semir untuk menjaga kondisi velg tetap prima.

Goresan velg dengan trotoar juga sering mengganggu penampilan. Anda pun bisa membersihkan noda-noda ini dengan menggunakan komponen penutup area velg yang terkelupas. Bahan ini dapat diperoleh di toko khusus onderdil mobil.

Berikut langkah-langkahnya, seperti dikutip dari Haynes.co.uk:
1. Bersihkan roda dari segala noda. Kemudian keringkan, terutama di bagian velg yang hendak diperbaiki.

2. Lakukan pengelapan secara perlahan di area yang hendak dibersihkan dengan amplas atau alat pembersih lain. Lakukan secara hati-hati, kemudian usap dengan lap kering.

3. Gunakan sikat saat velg dibersihkan dan alat telah disentuhkan, atau menggunakan kuas, untuk meratakan hasil di area tersebut.

Cara Jitu Parkir Mobil Agar Tidak Tergores

Parkir merupakan bagian penting dari mengemudi yang terkadang membuat orang jadi stres.


Parkir paralel di New York  
 
 Pengendara dan pemilik mobil tentu harus lebih berhati-hati ketika memarkir kendaraannya. Sebab, jika ceroboh, tak hayal mobil tersebut akan mengalami kerusakan yang justru merugikan Anda.

Kurang keahlian dalam memarkir mobil sangat berpotensi membuat bodi mobil tergores, penyok bahkan pecah lampu sein.

Dilansir dari Newspress.co.uk, Jumat 27 Januari 2012, seorang trainer mengemudi dari IAM Drive & Survive, Simon Elstow, memiliki tips jitu cara memarkir mobil agar tidak berpotensi mengalami kerusakan.

Pertama, usahakan parkir di sisi jalan, di mana posisi Anda mengemudi jika memungkinkan, terutama saat malam hari.

Kedua, jika di dalam area parkir mobil, mundurkan mobil secara perlahan ke dalam ruang parkir dengan memberikan jarak yang cukup. Ini dimaksudkan untuk membuat lebih aman saat kendaraaan hendak dikeluarkan. Dan bahan bakar lebih efisien karena Anda bermanuver lebih sedikit dengan kondisi mesin panas.

Ketiga, pantau keadaan dari spion dan sering menoleh di area bahu untuk melihat keadaan di belakang mobil ketika memarkir. Sebaiknya hindari ketergantungan mengandalkan sensor parkir untuk memandu Anda.

Keempat, ketika mencari tempat parkir, jangan berhenti secara tiba-tiba. Mengemudi perlahan melewati tempat parkir lebih berpotensi mendapat parkir lebih aman, dan dapat memperkirakan ukuran mobil untuk masuk ke area parkir yang kosong.

Kelima, ketika mengunjungi sebuah supermarket, parkir sejauh mungkin dari troli. Karena ini dapat menghindari mobil Anda tergores dari senggolan troli.

Terakhir, saat parkir sebaiknya buka jendela mobil Anda di area parkir dan nonaktifkan audio mobil Anda. Dengan demikian, Anda dapat mendengar sesuatu di sekeliling sebelum Anda sempat melihatnya.

"Parkir merupakan bagian penting dari mengemudi yang terkadang membuat orang menjadi stres. Jangan merasa ditekan oleh pengemudi lain, yang menunggu ketika kita sedang memarkir kendaraan. Cobalah tetap fokus dan konsentrasi," pesan Elstow.

Tips Aman Membawa Bayi di Dalam Mobil

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan.


Mengemudikan mobil sambil membawa bayi (Dailymail)
 
 Sebuah penelitian yang dilakukan dokter anak di Amerika Serikat (American Academy of Pediatrics), menyarankan agar bayi baru lahir atau belum berusia 2 tahun ditempatkan dalam kursi khusus dengan posisi menghadap belakang di dalam mobil.

Dilansir harian Daily Mail, Selasa 31 Januari 2012, posisi itu dinilai dapat melindungi anak dari cedera kepala, leher, dan tulang belakang, saat mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan.

Studi yang dipublikasikan di jurnal medis Injury Prevention mengungkapkan, anak berusia kurang dari 2 tahun, 75 persen lebih besar kemungkinannya tewas atau cedera berat dalam posisi menghadap depan saat kecelakaan kendaraan.

Menurut para ahli, posisi menghadap belakang untuk balita di bawah 2 tahun penting, karena kepala mereka relatif berat dan leher serta tulang belakang belum terbentuk secara kokoh. Jika terjadi kecelakaan dan mereka menghadap depan, kepala bayi bisa terdorong ke depan dan dapat mencederai leher maupun tulang belakang.

Namun, hasil studi ini tidak mendapatkan respons positif bagi setiap pengendara, khususnya kaum ibu. Para orang tua mengeluhkan bahwa bayi menjadi gelisah karena diletakkan di kursi hadap belakang.

Hal itu menurut para orang tua mengganggu konsentrasi mereka berkendara. Mereka juga khawatir kaki bayinya tertekuk oleh kursi hadap belakang.

"Saya pikir ini cuma masalah desain kursi bagi setiap bayi. Sebaiknya kursi khusus bayi itu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan," kata Ronald Medford, petinggi di badan keselamatan lalu lintas Amerika Serikat (NHTSA).

Cara Aman Membersihkan Kaca Film Mobil

Jika tidak dirawat dan dijaga dengan benar, kaca film mobil justru bisa buram


Kaca Film V Kool  
 
 Kaca film mobil adalah salah satu bagian terpenting yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Jika tidak dirawat dan dijaga dengan benar, kaca film mobil justru bisa buram dan baret. Sehingga dapat mengganggu pandangan saat mengemudi.

General Affair Manager V-Kool Indonesia, Erwin Chusnu Teguh, punya beberapa tips jitu untuk merawat kaca film agar tidak mudah rusak.

Pertama, saat mengelap, jangan menggunakan bahan kimia atau alkohol. Cukup dengan air biasa, karena alkohol dapat merusak lapisan kaca film, menimbulkan buram serta merusak fungsi peredaman panas yang ada di dalam kaca film.

Kedua, pastikan lap yang digunakan dalam keadaan bersih. Jika terdapat kotoran, sangat berpotensi membuat kaca baret. Disarankan untuk menggunakan lap yang berbahan lembut, seperti kenebo.

Ketiga, biasakan mengelap kaca dengan cara searah, dan hindari dengan cara memutar. Karena dapat membuat kaca tergores bila ada kotoran sejenis pasir yang menempel di kaca.

Keempat, sewaktu hujan, segeralah mengelap embun yang ditimbul kaca bagian dalam mobil. Itu dimaksudkan untuk menghindari jamur yang tumbuh di kaca film mobil Anda.

Kelima, perhatikan kotoran yang menempel di sela-sela karet jendela mobil. Kotoran ini sangat berpotensi merusak kaca film mobil karena dapat menimbulkan baret yang cukup parah.

Terakhir, biasakan untuk selalu membersihkan kaca film mobil, minimal 2 kali sekali. Ini dimaksudkan agar kotoran yang ada di kaca tidak menempel terlalu lama.

Saat Nyetir, Facebook Lebih Bahaya dari Miras


Respon pengemudi akan menjadi sangat lambat jika mereka menggunakan jejaring sosial.


Mengemudi mobil sambil menggunakan smartphone untuk jejaring sosial (Gizmag)
 
 Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Institute of Advanced Motorists di Inggris, mengungkapkan jika menggunakan jejaring sosial (Facebook) saat mengemudi lebih berbahaya, dibandingkan menenggak minuman keras dan menggunakan narkoba.

Dilansir Gizmag, Senin 5 Maret 2012, respon pengemudi akan menjadi sangat lambat jika mereka menggunakan jejaring sosial. Tentu saja ini akan lebih mengurangi konsentrasi dari pengemudi.

Menurut hasil penelitian Institute of Advanced Motorists, diperingkat pertama yang membuat pengemudi sering kali hilang konsentrasi dan menyebabkan kecelakaan adalah berkomunikasi menggunakan ponsel, dengan raihan 45,9 persen responden.

Adapun diperingkat kedua adalah menggunakan smartphone untuk jejaring sosial, sebanyak 37,6 persen. Kemudian disusul dengan berSMS-an sebanyak 37,4 persen.

Sedangkan diperingkat seterus masing-masing disebabkan oleh menggunakan alkohol (10-30 persen), ngobrol menggunakan ponsel dengan handsfree (26,5 persen), menggunakan ganja (21 persen).

Tips Jitu Merawat Ban Mobil Agar Awet

Dibutuhkan perawatan khusus agar umur ban tidak pendek.


Dibutuhkan perawatan khusus agar umur ban tidak singkat.  
 
 Peran ban sangat vital bagi setiap kendaraan. Ban menjadi satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan lintasan (aspal). Untuk itu dibutuhkan perawatan khusus.

Jika ban tidak dirawat dengan baik dan benar, justru akan membuat usia ban tersebut semakin singkat. Agus Sarsito, Technical Service Department PT Bridgestone Tire Indonesia punya tips khusus untuk merawat ban agar lebih awet.

1. Pastikan ban yang digunakan sesuai dengan velg pada kendaraan.

2. Perhatikan tekanan angin. Karena tekanan angin merupakan nyawa dari mobil dan roda itu sendiri. Pengecekan tekanan angin ban dapat dilakukan minimal satu bulan sekali.

3. Kondisi ban yang digunakan harus sering dilihat kondisinya, apakah ada cacat pada ban tersebut.

4. Jangan membiarkan ban melewati batas keausan pada garis di ban. Dengan kondisi seperti itu ban tidak dapat membuang air dengan baik dan terjadi efek hydroplaning (ban depan sulit dikendalikan saat melewati genangan air). Ban dikategorikan memiliki daya buang air sebesar 50 liter per detik dalam kecepatan 60 km per jam.

5. Sebaiknya lakukan balancing dan spooring ban secara rutin kepada yang ahli dalam merotasi ban. Jika ban tidak seimbang, dapat merusak komponen lain seperti suspensi laterol rod dan ball joint. Hal ini juga untuk memperhatikan tingkat keausan roda. Itu dilakukan agar dapat mengurangi tingkat kebisingan kabin.

6. Bila memungkinkan, gunakan angin nitrogen untuk membuat umur ban lebih awet. Karena titik didih nitrogen sangat rendah sehingga ban tidak mudah panas. Sebagai perbandingan, bila angin biasa dengan nitrogen melewati jalan di daerah yang panas, angin biasa mengalami kenaikan tekanan angin 5 psi, sedangkan angin nitrogen tetap normal.

7. Rute jalan juga menentukan tingkat keausan ban. Ban yang melewati karakter aspal atau jalan yang halus, akan membuat tingkat keausan ban lebih baik. Karena bila ban sering mengalami benturan, akan menimbulkan benjolan yang membuat umur ban tersebut tergolong singkat.

10 Faktor yang Membuat Mobil Mudah Dicuri


Para pelaku kejahatan punya berbagai cara untuk bisa mendapat target operasinya.




 Modus pelaku pencurian mobil semakin beragam dan berkembang, mulai dari cara konvensional hingga menggunakan teknologi tinggi.

Para pelaku kejahatan punya berbagai cara untuk bisa mendapat target operasinya. Terkadang mobil-mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti pencurian masih tetap bisa mereka gasak.

Dilansir Automotto, Kamis 22 Maret 2012, pencurian kendaraan terus meningkat seiring bertambahnya penduduk, yang dibarengi dengan pertumbuhan jumlah mobil.
Mobil curian yang disita polisi

Berikut 10 faktor yang perlu diperhatikan agar mobil Anda tidak mudah dicuri:

1. Sistem starter paksa
Cara ini adalah salah satu trik yang dilakukan penjahat. Setelah mereka berhasil membuka pintu kendaraan, para penjahat akan merusak kunci kontak mobil dan mengeluarkan kabel untuk dihubungkan dengan switch yang menghidupkan kendaraan.

2. Sistem dorong atau derek
Hal ini dilakukan dengan mudah oleh para pelaku kejahatan dengan mengangkat menggunakan mobil derek atau membobol pintu mobil dan melepas rem tangan untuk didorong pergi.

3. Pemalsuan dokumen
Metode ini dilakukan ketika sebuah mobil yang baru dicuri akan dijual. Pencuri bertindak sebagai pemilik asli dari mobil tersebut. Jika mencapai kesepakatan harga, mereka menunjukkan dokumen dari bank tentang mobil tersebut pada malam hari atau akhir pekan.

Dimana bank tutup pada waktu itu. Sehingga pihak penjual tidak dapat menghubungi pihak bank untuk mengecek asli atau tidaknya dokumen dari bank tersebut.

4. Duplikat kunci
Trik ini dilakukan pencuri dengan memanfaatkan kesempatan yang ada. Mereka akan menduplikat kunci kendaraan tertentu setelah melakukan pencurian di rumah target. Hal ini tentunya akan semakin berbahaya bila di dalam mobil terdapat dokumen penting yang beresiko hilang.

5. Kunci Cadangan
Penjahat mungkin akan mengambil kunci kedua atau cadangan dari kendaraan pemilik. Kunci cadangan tersebut akan dilacak keberadaannya oleh pencuri dan mengambil setiap kesempatan.

6. Parkir di daerah yang tidak aman.
Di area parkir ini menjadi tempat favorit bagi pencuri karena mereka dengan mudah dapat memantau dengan leluasa mobil incaran.

7. Kunci dicuri di dalam rumah
Beberapa pencuri menggunakan cara masuk ke dalam rumah incarannya hanya untuk mencuri kunci mobil dan terkadang menggunakan mobil curian tersebut untuk membawa barang-barang di dalam rumah hasil curian lainnya.

8. Iklan alarm mobil
Ada beberapa iklan yang melayani pesanan jenis alarm dari mobil yang dimiliki, sehingga ini memudahkan para pencuri. Selain itu, ada cara lain yang dilakukan komplotan pencuri dengan menggunakan program software pada laptop melalui sensor, untuk membuka kunci mobil, hingga menghidupkan mesin.

9. Memecahkan Kaca

Cara seperti ini menggunakan metode membelah kaca dengan alat pemotong khusus, sehingga pecahan kaca terlihat baik. Setelah kaca terbuka, dengan mudah pencuri membuka pintu mobil untuk mengambil alih kemudi seluruhnya.

10. Pencuri oportunis
Pencuri seperti ini adalah pencuri yang menggunakan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya. Bila kunci kendaraan di dalam, maka pencuri langsung bergegas membawa kabur mobil curian.

Cara Jitu Mencegah Rem Tidak Blong


Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk merawat rem.


Rem menjadi bagian paling vital dari sebuah kendaraan
 
 Rem menjadi bagian paling vital dari sebuah kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Jika tidak dirawat dengan baik, bukan mustahil rem akan blong dan membuat pengendara serta penumpang celaka.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk merawat rem. Salah satunya adalah memeriksa bagian kampas rem yang sering kali sudah habis masa pakainya.

Biasanya rem tidak akan berfungsi dengan baik, apabila kampas rem sudah habis. Tidak hanya itu, ada juga penyebab lainnya yakni minyak rem yang kosong atau habis.

Berikut tips ampuh mencegah terjadinya rem blong dari Arif Tri W, Reserch & Development and Product Director, PT Remindo Prima Mitra, yang merupakan produk aftermarket untuk rem.

1. Periksa minyak rem jika lampu rem menyala.

2. Memahami bahwa suara bernada tinggi (Scraping) yang hilang ketika Anda menginjak rem memberitahu bahwa brake pad sudah mulai aus. Namun ini hanya berlaku dengan brake pad yang memiliki wear indicator atau batas keausan pada rem.

3. Perhatikan bahwa adanya suara gesekan antara logam dengan logam saat pengereman menunjukkan terjadi keterlambatan penggantian rem. Seperti brake pad atau brake shoe yang benar-benar sudah aus. Di sini harus melakukan pemeriksaan kampas rem sebelum kasus ini terjadi.

4. Rasakan pedal rem. Jika pengereman terasa lembut atau lembek atau dirasakan lebih keras dan lebih tinggi ketika dipompa, Anda mungkin perlu mengisi cairan (membleeding) rem anda dengan membuang gelembung udara yang ada dalam line brake.

5. Perhatikan bahwa jika pedal rem perlahan-lahan tenggelam ke lantai ketika Anda menginjaknya. Ada baiknya untuk segera mengganti dengan master silinder baru.

6. Jalankan mobil pada kecepatan rendah dan lakukan pengereman. Jika timbul bunyi dari rem, Anda mungkin perlu brake pad baru, atau permukaan rotor perlu diratakan kembali.

7. Memahami jika mobil menarik ke satu sisi saat melakukan pengereman, Anda mungkin memiliki tekanan hidrolik yang tidak sesuai di salah satu bagian dari sistem rem, atau salah satu rem mungkin menempel. Front-end juga dapat menyebabkan masalah gejala ini.

8. Pertimbangkan rotor Anda jika terasa denyut saat menginjak pedal rem, terutama saat pengereman pada kecepatan tinggi. Gejala ini mungkin menunjukkan rotor rem sudah rusak atau tergores. Rotor akan perlu untuk di resurface atau diganti.

9. Ingatlah bahwa rem yang berasap, biasanya disertai dengan bau yang sangat menyengat, mengindikasikan kaliper rem atau silinder roda macet. Gejala ini juga bisa disebabkan oleh berkendara dengan rem tangan atau dengan kabel rem tangan macet.

Trik Mendeteksi Kaca Film Mobil Palsu

Kini produk palsu dibuat sangat menyerupai bentuk aslinya.


Hati-hati dalam memilih kaca film (automedia.com)
 
 Tergiur dengan harga murah terkadang membuat Anda tertipu ketika membeli kaca film mobil. Apalagi, kini produk palsu dibuat sangat menyerupai bentuk aslinya.

Biasanya kepalsuan itu baru bisa diketahui setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu dan dites dengan alat tertentu. Namun, ada cara mudah untuk mendeteksi kaca film mobil palsu.

Berikut trik yang diberikan oleh Brand Manager Solar Gard, Troy K:

1. Cetakan atau logo kaca film
Print pada kaca film bukan jaminan keaslian. Hindari kaca film dengan cetakan logo tak rapi, mulai dari tinta meluber atau terlalu tebal. Kaca film yang digulung dengan logo atau tinta terlalu tebal bisa membuat kaca film bergelombang.

Akibatnya, pada malam hari, sinar lampu yang diterimanya terpecah. Jadi, pastikan Anda mendapat kaca film dengan cetakan setipis dan serapi mungkin.

2. Warna
Ada bermacam-macam kaca film, tapi bukan jaminan keaslian. Kaca film palsu dengan kualitas jelek lama-kelamaan bisa berubah warnanya. Perubahan warna biasanya terjadi setelah jangka waktu tertentu. Di daerah tropis biasanya terlihat dalam 2-3 bulan.

3. Ketebalan
Kaca film penahan panas idealnya punya ketebalan antara 1,5-1,7 mikro. Kurang dari itu boleh diragukan keasliannya. Kaca film memang tipis, tapi produk asli, meski tipis tetap kaku. Sementara itu, produk palsu sangat tipis dan lentur.

4. Harga
Harga kaca film berbanding lurus dengan kualitas. Jangan tergoda tawaran dengan harga murah yang kemungkinan besar produk palsu. Kaca film asli diimpor ke Indonesia hanya lewat distributor resmi dengan standar harga pasti. Tiap kaca film punya kode wilayah sendiri, adapun yang beredar di luar batasan kode itu tidak bisa mendapat layanan garansi.

5. Kartu Garansi
Pastikan mendapat kartu garansi untuk tiap pembelian. Kartu ini menjamin keaslian dan layanan purna jual kaca film. Lebih aman beli dan pasang kaca film di dealer resmi.

6. Gunakan Lampu Sorot
Mungkin cara ini sedikit rumit, tapi ini cukup ampuh untuk membuktikan kualitas dari kaca film yang akan dibeli. Tempelkan kaca yang sudah dilapisi film ke lampu sorot 600 watt, dan diamkan selama 3 menit. Jika kualitas buruk, kaca tersebut akan pecah.

7. Gunakan Alat Termometer
Biarkan mobil yang telah dipasangi kaca film dijemur di bawah sinar matahari dalam beberapa saat. Kemudian, pasang termometer di kaca tersebut. Jika tingkat suhunya cukup tinggi, kualitas kaca film itu layak dipertanyakan.

Cara Instan Hilangkan Goresan di Mobil

Anda cuma membutuhkan waktu sekitar 30 menit.


Goresan pada mobil (Automotto.com)
 
 Menjadi hal yang sangat sulit untuk bisa mempertahankan kemulusan mobil jika setiap hari melintasi macet dan juga lahan parkir yang sempit.
Goresan dan penyok di bagian body menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Memperbaiki masalah kecil seperti ini memang cukup menguras waktu dan biaya, sehingga banyak orang malas pergi ke bengkel.

Memperbaiki sendiri di rumah mungkin bisa jadi solusi yang tepat. Tentunya ini dapat menghemat waktu dan biaya.

Dilansir Automotto, Selasa, 10 April 2012, berikut ini tip yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki lecet dan penyok pada body mobil. Anda hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam waktu untuk bisa menghapus goresan di mobil.

Alat yang dibutuhkan:
1. Amplas dengan ukuran grit tinggi

Amplas dengan grit yang tinggi semakin baik untuk menggosok permukaan yang lecet tanpa menyebabkan kerusakan tambahan. Anda bisa menggunakan amplas dengan grit 1500 hingga 3000.

2. Rubbing compound dengan compound pad

Alat ini digunakan untuk goresan yang tidak terlalu dalam. Sebuah goresan dapat dihilangkan dengan clear coat dan rubbing compound.

3. Scratch remover dan polishing pad

Alat ini juga untuk goresan yang tidak terlalu dalam.

4. Automotive wax

Melindungi permukaan setelah proses polishing.

5. Cat

Untuk menambal warna yang hilang akibat goresan. Carilah warna yang sesuai dengan warna asli mobil

6. Clear Coat

Untuk goresan yang memerlukan penggunaan cat, clear coat digunakan untuk mencampurkan warna dengan body kendaraan. Clear coat juga melindungi cat dari sinar matahari.

7. Rust converter

Melindungi mobil Anda dari kerusakan akibat karat.

Cara memperbaiki:
1. Bersihkan daerah yang rusak.

Cuci dengan deterjen ringan atau sabun dan air pada bagian yang lecet kemudian keringkan dengan lap. Tandai daerah yang akan diperbaiki.

2. Amplas basah bagian yang rusak

Rendam amplas sebelum menggosok bagian yang lecet. Gosok dengan hati-hati ke arah luar.

3. Gunakan rubbing compound atau cat

Untuk goresan yang dangkal, tidak perlu menggunakan cat. Gunakan rubbing compound dengan compound pad dan gosok bagian yang lecet hingga hilang atau memudar.
Jika lecetnya telah menghilangkan warna cat asli, semprotkan cat di daerah tersebut. Tapi, jangan menggosoknya kembali dengan rubbing compound.

4. Gunakan clear coat atau scratch remover dan automotive wax

Setelah cat mengering, Anda bisa menggunakan clear coat untuk menggosoknya. Jika goresannya lebih parah dan sangat dalam, Anda bisa menyemprotkan cat dua kali dan menggosoknya dengan clear coat setelah mengering.

Setelah warnanya kembali bersinar, teruskan dengan automotive wax untuk melindungi dari sinar matahari.

5. Biarkan hingga kering

Cat dan clear coat akan memakan waktu beberapa hari untuk mengeringkannya agar hasilnya sempurna.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Berhati-hatilah saat menggosok bagian yang lecet dengan amplas agar lecetnya tidak tambah lebar dan jangan lupa celupkan amplas ke dalam air sebelum menggosoknya.

2. Jika kerusakannya sangat parah dan luas, lebih baik untuk membawanya ke bengkel.

3. Jika lecetnya sudah menunjukkan tanda-tanda karat, pastikan Anda melakukan tindakan yang tepat. Pilih warna yang tepat dan lakukan dengan lebih teliti lagi untuk menutupi lapisan yang berkarat.

Minggu, 01 April 2012

Modifikasi off-road : Nissan Frontier 2004, Tidak hanya Lahan yang Bisa Dialih Fungsikan.



Tak ada yang meragukan kemampuan Nissan Frontier sebagai pekerja keras, sehingga banyak perkebunan yang kemudian menggunakan jasanya, termasuk Moses Langgeam Simbolon dalam mengelola perkebunan sawit di Dumai, Riau. Sering jalannya waktu, tibalah Nissan ini pada pensiun, di mana unit dobel cab ini dianggap tak lagi ekonomis dan harus diganti dengan unit baru.

Frontier pun akhirnya dikandangkan, namun dasar penggila modifikasi, ide pun kemudian muncul. “Frontier tergolong kendaraan nyaman, tangguh dan berpenampilan baik. Saya merasa bahwa kendaraan ini memiliki potensi yang tersembunyi jika dijadikan kendaraan harian dengan jalanan Jakarta sebagai habitatnya,” tutur pria yang sering bolak-balik Jakarta-Dumai ini.

Memiliki sebuah kendaraan dengan gaya modifikasi layaknya sebuah truk Baja off-road sudah lama menjadi idamannya, namun Moses pun merupakan penggila adventure off-road. “Tidak ada salahnya jika kemudian coba mensinergikan antara gaya Baja Rally dan gaya adventure,” tuturnya.

Sebuah gaya dengan kental nuansa Baja dan adventure pun lantas menjadi identitas Nissan Frontier ini. Tampilannyapun tak lagi mengisyaratkan bahwa kendaraan ini sebagai kuda beban yang dipekerjakan di areal perkebunan.

Setidaknya apa yang terjadi pada Frontier ini merupakan sebuah kisah sukses mengenai alih fungsi. Sebuah kendaraan yang sedianya dipekerjakan di perkebunan menjadi sebuah kendaraan yang lalu lalang diperkotaan tanpa harus kehilangan identitasnya sebagai kendaraan 4x4.

Mesin
Mesin diesel turbo bawaan asli kendaraan dirasa sudah cukup mumpuni performanya, sehingga tidak ada yang bergeser dari spesifikasi standar pabrikan. Supaya peranti turbo lebih aman dan usia pakaiya lebih panjang maka sebuah unit turbo timer pun dipasangkan.


Transmisi
Girboks 5 percepatan manual yang dikolaborasikan dengan tranfercase  2 speed part-time bawaan asli kendaraan tetap dipertahankan keasliannya. Paduan keduanya dinilai masih cukup untuk menjabani modifikasi yang ada pada jagoan Nissan ini.


Gardan
Independent Front Suspension (IFS) dan gardan depan begitu pula dengan gardan belakang telah dipasangi suspension lift, terutama untuk penyesuaian dengan lingkar roda yang lebih besar. Kendati demikian semua peranti orisinal masih aktif dilibatkan.


Lampu tambahan
Empat buah lampu tambahan nangkring pada braket bergaya Baja off-road. Sebuah bentuk kesiapan untuk mencabik-cabik kegelapan malam.


Ban dan pelek
Ban Big Horn lansiran Maxxis melingkar pada pelek alloy lansiran Weld. Walaupun ukuran dan lebar ban telah melar dari ukuran semula, namun secara keseluruhan bobot ban bisa ditekan berkat pelek berbahan alloy yang ringan namun kuat.

Bumper
Gaya Baja yang sporty dan gaya adventure yang gagah dilebur dalam satu set bumper depan dan belakang. Tabrakan antara dua aliran tersebut menghasilkan satu set bumper berdisain sporty namun tetap menyiratkan kegagahan.

Overfender
Overfender orisinal yang semula sewarna bodi kemudian lantas dilabur dengan warna hitam doff. Trik sederhana ini sukses menghadirkan kesan gagah pada dobel kabin yang satu ini. (ft 5)


Interior
Bagian dalam kabin masih mengandalkan perabot asli bawaan pabrik. Bangku bawaan asli kendaraan ini dinilai masih cukup nyaman dan cukup bisa dihandalkan.

Spesifikasi
Mesin                 : ZD30DDT 4 silinder inline 3.0 liter Turbo diesel  OEM Nissan Frontier

Turbo                 : OEM Nissan

Transmisi           : 5 speed manual OEM Nissan

Tranfercase       : 2 speed part-time OEM Nissan

 Suspensi           : Independent Front Suspension (depan)

                           : Rigid Axle leaf spring (belakang)

Shockbreaker    : Tockiko (belakang), procomp es9000 (depan)

Suspension lift   : 3 inch

Body Lift            : 2,5 inch

BedLiner            : OEM Nissan

Winch                 : Warn M8000i

Bumper              : Depan, belakang custom (Baja style) by Steelsmith workshop

LightBar             : Custom (Baja Style) by Steelsmith workshop

Spot Light          : Maxtell

Pelek                  : Weld Racing 8x15

Ban                    : Maxxis Bighorn 11,5 x 8 R15

Bengkel             : Steel Smith  
                             Jl. Mekar baru no. 40/43, Cirendeu Ciputat 
                             Telp: (021) 93335134/ 0811988343

Restorasi : Jimny SJ410 1982 Japan plug in, Beberapa peranti dari berbagai jenis Jimny Jepang dipasangkan pada Jimny yang satu ini dengan mudah



 Bukan menjadi berita hangat lagi apabila generasi II Jimny disebut generasi Jimny paling legendaris yang hingga detik ini masih tetap diproduksi.  Sedangkan untuk Jepang, rentang waktu 1981 hingga 1998, menjadi era Gen II ini. Setidaknya sembilan varian Gen II dengan beragam spesifikasi dan ciri menjejali pasar domestik Jepang.

Karena dibangun dari satu platform yang sama, maka tidak menutup kemungkinan bagi Jimny Gen II dapat bertukar part terutama untuk bodinya. Tak mengherankan jika kemudian terjadi tukar-menukar bodi di antara generasi II tersebut. Belakangan hal ini pun menjadi fenomena tersendiri di Indonesia. Limbah Jimny yang masuk ke Indonesia pun menjadi bahan perburuan bagi para penggila Jimny, tak terkecuali seorang pria yang minta disapa sebagai Haji Fuad ini.

“Sebenarnya saya hanya meneruskan perjuangan seorang kawan saja dalam membangun jip ini,” tukas pengusaha yang berkecimpung dalam bidang ekspedisi ini. “Ia telah merombak jip ini dari sebuah Jimny tua rakitan tahun 1982 hingga menjadi Jimny yang sekarang ini kita lihat.

Singkatnya untuk menjadi seperti sekarang ini Jimny ini telah mengalami serangkaian peristiwa mulai dari ganti bodi, atap hingga peranti lain seperti transmisi hingga peranti dan pernak-pernik Jimny versi luar, terutama versi yang beredar di Jepang.” lanjut pria ramah ini. “Sedangkan saya tinggal melakukan finishing dan melengkapi beberapa hal saja,” akunya merendah.

“Semua gubahan tersebut dimungkinkan karena baik SJ410 lokal maupun JB32 atau kerabat generasi II Jimny lainnya memungkinkan untuk saling bertukar bodypart bahkan tanpa harus melakukan rombakan, alias plug in,” paparnya.

“Mengadopsi peranti Jimny Jepang tanpa harus merubah apapun, maka wajar saja jika bahwa Jimny ini saya sebut sebagai Japan plug in,” gelaknya sambil menutup obrolan.


Mesin
Peranti paling orisinal dari Jimny lansiran tahun 1982 ini hanya sebatas pada blok mesin saja. Semua yang bisa diganti dan diremajakan pada mesin berkode F10A ini diganti. Tutup mesinnya pun tak lagi menggunakan bawaan aslinya, namun mencomot milik JB31 alias SJ413 Samurai.


Transmisi girboks
Tak nampak lagi girboks 4 speed bawaan asli kendaraan, sebagai gantinya girboks 5 speed milik Suzuki Katana disematkan dan dikolaborasikan dengan transfercase SJ410 yang tentunya sudah diremajakan. Tak salah jika mengendarai jip ini bagai mengendarai sebuah kendaraan baru.


Gardan
Gardan bawaan asli dipertahankan dan tentu tidak lupa mengalami peremajaan menyeluruh pada semua bagiannya. Sedangkan untuk suspensi cukup menggunakan kolaborasi antara per asli Suzuki Katana dan sokbreker lansiran Kayaba.


Ban dan pelek
Pelek logam berlabel ARW berlapis krom disinergikan dengan ban BFGoodrich MT. Hmmm...sedap dipandang mata dan tetap nyaman dikendarai walau sedikit berisik. No problemo....


Interior
Sederet peranti comotan asli dari limbah Jimny Jepang dapat disaksikan dalam kabin. Mulai dari doortrim pintu depan hingga jok penumpang semuanya diperoleh dari hasil perburuan yang membutuhkan kesabaran dan kejelian. Sayang sekali trim belakang disisi kiri dan kanan penumpang original belum berhasil didapat, sebagai gantinya triming custom dengan kualitas pengerjaan yang cukup rapi disematkan.


Kaca spion
Spion milik Jimny JB32 ditugaskan untuk menggantikan peran spion bawaan asli kendaraan.


Bumper grille
Bumper Jimny JA11 dan dipadu dengan grille SJ413 Samurai menjanjikan penampilan yang sangat berbeda pada SJ410 gaek ini.


Roffrack
Sebuah roofrack asli optional milik JB32 dipasangkan di atas atap jip yang satu ini. Peranti yang terbuat dari bahan alloy ini cukup ringan namun dapat dipertanggungjawabkan kekuatannya.


Pintu belakang
Peran JB32 kembali terlihat pada penggunaan pintu belakang yang ditandai dengan kaca anti kabut plus wiper dan doortrim. Hmmm...bikin ngiler.
Spesifikasi
Mesin                : F10A 4 silinder inline SOHC 970cc (OEM SJ410)

Transmisi          : 5 speed manual (OEM SJ410)

Tranfecase        : 2 speed Part time (OEM SJ410)

Gardan              : OEM SJ410

Finalgir              : 4.111 : 1 (OEM SJ410)

Per                    : Indospring (OEM SJ410)

Sokbreker         : Kayaba Ultra

Pelek                 : ARW 7 x 15

Ban                    : BFGoodrich 30 x 9.5 x 15

Spion                 : Jimny JB32

Pintu belakang  : Jimny JB 32

Jok                     : Jimny JA12

Bumper              : Jimny JA11

Grille                  : Jimny JB31/SJ413 Samurai

Roofrack            : Optional Suzuki Genuine Accesories(SGA)JB32

Bengkel             : DTM  Jl. Deli 47 Tanjung Priok Jakarta Utara  Telp: (021) 339.911.55

Modifikasi On road : AMC Jeep CJ-7 1980

 Impian yang tertunda Butuh kesabaran yang tak sedikit untuk dapat merealisasikannya

 Jika ditanya tentang sosok kendaraan apa yang paling diidamkan, maka Jeep CJ-7 milik tentara pun menjadi jawaban yang meluncur tegas dari mulut Kukuh Hadi Santoso muda. “Pertama kali saya lihat CJ-7 punya tentara, kalo ngga salah milik Angkatan Darat langsung jatuh hati. Gagahe  pol (gagahnya ngepol. Red: Jawa),” tuturnya. “Gaya militer yang diusung jip tersebut tidak pernah lekang oleh waktu dalam benak saya,”lanjutnya. “Terus terang saya pernah ingin menjadi tentara namun ternyata tak pernah kesampaian. Mungkin sekali jika hal itu yang memberikan pandangan bagi saya tentang sebuah CJ-7 militer,” imbuh ayah dari Retno Adiyati Ramadani ini.

Puluhan tahun telah berlalu, namun nampaknya impian Kukuh tentang sebuah CJ-7 belumlah lekang tergerus waktu. Hingga pada suatu kesempatan semua yang pernah Kukuh impikan menjadi kenyataan. “Dari seorang teman saya mendapatkan informasi mengenai bahan CJ-7 versi militer, maka tanpa ba-bi-bu jip tersebut berpindah ke tangan saya, walau kondisinya dapat dikatakan kurang baik,” kenangnya.

Langkah restorasi pun segera menjadi langkah yang ditempuh selanjutnya. “Kondisi bahan kurang memungkinkan untuk direstorasi ulang sesuai dengan aslinya. Dan sayang sekali karena tugas saya tidak punya waktu cukup untuk mengumpulkan pernik-pernik orisinalnya,” papar pria yang berkarier di salah satu instansi pemerintah ini. “Maka campuran modifikasi dan restorasi pun dipilih menjadi jalan keluarnya,” lanjutnya. “Saya cenderung membebaskan modifikatornya, namun satu syarat utama yang tidak boleh dilanggar, jip tersebut harus berwarna hijau laksana jip CJ-7 milik tentara,” tutupnya.

Impian tidak pernah usang dan akhirnya setelah sekian lama hal tersebut pun terwujud. 



Mesin
Mesin tua 258 cu.in lansiran AMC sudah terlalu berumur dan mulai sakit-sakitan, maka sebagai langkah penyegaran dipilihkan mesin 242 cu.in Powertech comotan dari XJ Cherokee. Selain lebih muda, mesin ini juga lebih bertenaga dan jelas tidak rewel.



Girboks transmisi
Transmisi Tremec T-176 bawaan asli kendaraan tetap dipertahankan lantaran kondisinya masih sangat baik dan dirasa pas dengan karakter mesin baru sekalipun. Sedangkan untuk menyesuaikan dengan letak bonggol gardan, tranfercase 2 percepatan part-time milik Cherokee pun lantas bergabung di bawah dek jip Amerika ini.



Suspensi

Gardan sumbu pendek ditanggalkan, sebagai gantinya gardan lucutan dari XJ Cherokee menggantikan posisinya. Kedua gardan donor tersebut dipadukan dengan per asli bawaan CJ-7 yang dikolaborasikan dengan sokbreker Kayaba. Paduan ini mengghasilkan pengendaraan yang mantap namun tetap nyaman.



Interior
Bangku orisinal bawaan CJ-7 masih tertata dengan rapi pada tempatnya. Agar lebih segar, bangku-bangku tersebut dibungkus ulang dengan bahan kulit sintetik



Winch
Belum ada niatan untuk menerjunkan jip ini ke medan off-road berlumpur, namun demikian tak ada salahnya menyiapkan alat rekoveri seperti winch pada bagian moncong jip ini.



Spion
Spion TJ Wrangler dipilih sebagai satu langkah penyegaran bagi penampilan jip eks militer ini. Selain itu jangkauan pandang spion ini jauh lebih baik dibandingkan dengan kaca spion bawaan CJ-7.



Pelek ban
Pelek besi lansiran American Racing yang diakurkan dengan ban produksi Bridgestone menjadi andalan jip ini dalam mengarungi jalanan. Disain pelek khas Amerika lah yang menjadi alasan dipilihnya pelek berukuran 7 x R15 ini , sehingga citrarasa Amerika semakin kental terasa.



Overfender
Overfender custom dari bahan fiberglass dipasangkan pada tiap rongga ban. Selain untuk mempergagah penampilan, juga berfungsi untuk menghalau cipratan air yang terlontar dari arah ban.



Lampu
Lampu model tengkorak khas militer menjadi ciri tersendiri bagi jip ini. Lampu ini ibarat prasasti bagi jip yang pernah bertugas di salah satu kesatuan angkatan bersenjata Indonesia ini. Selain itu, sebuah streker khas militer masih terpasang. Suatu ciri militer lainnya yang masih dapat dinikmati pada jip ini.

Spesifikasi
Mesin                     : Powertech 242 cu.in (4.0 liter) OEM XJ Cherokee

Transmisi               : Tremec T-176 4 speed manual OEM AMC CJ-7

Tranfercase           : 2 speed part-time NP 231

Gardan                   : Dana 30(OEM XJ Cherokee)
                               : Dana 35(OEM XJ Cherokee)

Final Gear              : Superior Gear   (4.56 : 1)

Per                         : OEM AMC Jeep CJ-7

Sokberker              : Kayaba

Winch                     : Warn M8000

Soft top                  : Bestop

Over fender           : Custom

Pelek                      : American Racing 7 x 15

Ban                         : Bridgestone Dueller MT 30x9.5R15

Rollbar 8 titik         : OEM YJ Wrangler

Radio komunikasi   : Motorola

Spion                      : TJ Wrangler

bengkel                  : Jl. Gading Kirana Timur blok H 11/21 Kelapa Gading , Jakarta  T: (021) 4534717, 0811199943

Modifikasi on road : Jeep JK Wrangler Unlimited 2009

 Sebuah Jeep tak harus berupa kendaraan hobi, namun harus fleksibel

JIP - Jeep mungkin sudah mendarah daging bagi Ari. Sejumlah varian Jeep menjadi penghuni garasi rumahnya, termasuk di dalamnya sebuah Jeep JK Wrangler Unlimited lansiran tahun 2009. “Jip inilah yang justru saya pilih sebagai kendaraan operasional ke kantor, bukan sedan atau kendaraan lain,” tegas pria yang  berkecimpung dalam dunia teknik perminyakan ini. “Saya akui bahwa saya merupakan penggila Jeep dan saya melihat bahwa sebuah JK Unlimited layak menjadi kendaraan kantoran bahkan ada tambah lainnya lho,” sambung suami dari Novi ini.
“Dengan Jeep, saya mendapatkan kebanggaan sebagai seorang penguna Jeep sejati tanpa harus terlihat rendah diri di antara kendaraan mewah lainnya,” sambungnya bersemangat. “Saya malah mampu membangun image dengan Jeep ini yang tak hanya berhubungan dengan diri saya pribadi, namun juga untuk usaha yang saya tekun,” papar bapak dua anak ini. “Jip atau Jeep merupakan kendaraan yang jamak dimodifikasi dan semua modifikasi yang benar memerlukan perhitungan teknis yang baik dan tepat. Dengan demikian sedikit banyak image dunia kerja saya bisa terwakili oleh jip ini,” imbuhnya.

Agar mampu membaur dengan kendaraan mewah lainnya, modifikasi yang dilakukan pada jip yang satu ini haruslah tepat. “Memodifikasi sebuah Jeep terutama traditional Jeep seperti halnya JK ini jika salah sedikit, maka kesan yang diinginkan sebagai kendaraan resmi kantoran akan langsung sirna. Salah-salah malah menjadi kendaraan off-road sejati,” kekehnya. “Makanya tidak semua peranti yang ditawarkan patut dipasang. Kita harus tahu batas elegannya,” sembari menjelaskan mengapa bumper orisinal tidak bergeser dari tempatnya. “Intinya, kita hanya bisa bermain tipis saja dan tidak bisa terlalu ekstrim. Dengan demikian jip ini tetap bisa menjadi kendaraan resmi sekaligus santai,” tutupnya.

Mesin

Mesin 3.8 liter bawaan asli kendaraan dirasa sudah cukup mumpuni, sehingga mesin dengan bahan blok dari besi dan head dari bahan alumunium ini tidak diotak-atik sama sekali. Kemampuannya sudah cukup mumpuni. (jk)

Kap mesin

Kap motor lirisan American Expedition Vehicle (AEV) disematkan menggantikan kap motor bawaan asli kendaraan. Kap motor ini memiliki heat reduction berupa kisi-kisi lubang udara yang membantu melepas hawa panas dari mesin. Tak hanya itu, penampilannya yang sporty pun memberikontribusi pada penampilan jip tradisonal Amerika ini tanpa harus kehilangan faktor elegan. (jk 1)

Interior



Bagian dalam jip ini sama sekali tidak diotak-atik alias dalam kondisi standar. Standar bawaan pabrik dinilai udah cukup nyaman dan aman. Ruang bagasi harus rela berbagi dengan gulungan atap lunak yang juga bawaan asli jip ini (jk 2 , 9 & 10)

Gardan

Gardan bawaan asli kendaraan Dana 30 pada bagian depan dan Dana 35 di belakang tetap mengandalkan spesifikasi bawaan pabrik. Ada wacana untuk menanamkan unit Air Locker, hal tersebut memang belum terlaksana, namun sudah dipersiapkan, salah satunya dengan penggunaan cover gardan khusus ARB pada gardan belakang. (jk 3, 4 & 5)

Suspensi

Per keong lansiran Kings yang dipadukan dengan sokbreker Fabtech diunggulkan pada aplikasi jip yang satu ini untuk memperbaiki handling jip yang satu ini. Lebih jauh lagi, suspensin lift kit 1 ¾ inchi turut dikenakan. Walau tongkrongan lebih tinggi dibandingkan dengan bawaan aslinya, namun dapat dipastikan hadlng kendaraan ini lebih baik. (  jk 6)

Ban dan pelek

Pelek beadock lansiran AEV dikombinasikan dengan ban BFGoodrich merupakan jaminan baik di jalanan aspal maupun lumpur. Kendati menyandang gelar sebagai ban mud terrain, namun di atas jalanan aspal ban ini tidak terlalu bising. Sedangkan jika diajak bercengkrama di atas jalanan berlumpur ban ini benar-benar dapat diandalkan. (jk 7)

Exhaust system

Performa mesin terkoreksi dengan diinstalkannya seperangkat peranti knalpot performa lansiran Borla. (jk 8)


 
Spesifikasi
Mesin                       : 3.8L V-6 OHV 12valve  OEM JK Wrangler
Girboks                    : 42RLE 4 speed auto OEM JK
Tranfercase             : NV241 command track 2 speed part-time OEM JK
exhaust                    : BORLA
Gardan                     : Dana 30 (depan)
                                 : Dana 35 with OEM Limited slip differential (belakang)
Cover gardan           : ARB
Final Gear                : Superior Gear   (4.56 : 1)
Per                            : Kings (depan)/(belakang)
Sokberker                : Fabtech 10" (depan/belakang)
Suspension lift kit    : 1 3/4 lift by Daystar
Shock steer              : SkyJacker
Kap mesin                : AEV heat reduction
Over fender             : OEM JK
Pelek                        : AEV beadlock 17 x 8.5
Ban                           : BFGoodrich MT KM2 285/75/17
Grab handle             : Mopar
Karpet                      : Mopar 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...