Laman

Selasa, 10 Juli 2012

Jika Rem Kendaraan Mendadak Blong


Kemajuan teknologi tidak menjamin kinerja rem tidak lepas dari kerusakan, hal ini bisa mengancam keselamatan Anda dan bisa datang kapan saja. Namun, rem yang tak berfungsi pun belum tentu menjadi akhir dari hidup Anda. Masih ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan ketika rem mendadak tidak berfungsi.
Dilansir Automotto, Jumat 13 April 2012, berikut ini ada 10 tips aman ketika rem mendadak tidak berfungsi:
1. Tetap tenang

Jika sistem pengereman mobil anda gagal secara tiba-tiba, hal yang pertama dilakukan adalah jangan panik. Tetaplah tenang dan yakinkan diri Anda untuk bisa menghentikan mobil melalui cara lain.
Jangan memperburuk situasi dengan membayangkan sesuatu yang belum terjadi, melainkan tetap fokus pada jalanan di depan anda. Dengan pikiran yang tenang, tentunya akan lebih mudah mendapatkan ide untuk menangani situasi seperti ini. Pastikan juga semua penumpang di dalam mobil menggunakan sabuk pengaman.
2. Tetap mengemudi

Bahkan seorang pilot pun dituntut untuk tetap di kemudi selama situasi darurat seperti kerusakan mesin, kebakaran, kebocoran bahan bakar. Begitu juga dengan situasi ketika rem mobil yang Anda kendarai tak berfungsi.
Pengemudi dituntut untuk tetap mengemudikannya hingga kendaraan tersebut berhenti. Jika Anda membawa penumpang lain, yakinkan mereka bahwa Anda dapat menghentikan mobilnya.
3. Alihkan rute

Alihkan rute perjalanan Anda menjauh dari perkotaan yang ramai atau ke daerah yang lalu lintasnya lebih sedikit. Cara ini bisa meminimalkan jumlah cedera pada penumpang dan juga orang-orang di sekitar jalanan. Itupun jika Anda mampu mengurangi kecepatan kendaraan.
4. Peringatkan lalu lintas sekitar

Cobalah untuk menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk memperingatkan lalu lintas di depan dan juga di belakang mobil Anda mengenai situasi darurat yang terjadi.
Anda bisa melakukannya dengan cara mengaktifkan lampu hazard dan membunyikan klakson, namun jangan pernah mengalihkan perhatian Anda dari kemudi mobil. Berhati-hatilah karena Anda akan banyak melanggar peraturan lalu lintas.
5. Memompa tekanan rem

Jangan pernah kehilangan harapan tentang sistem pengereman mobil. Pompa terus pedal rem untuk membangun tekanannya. Jika beruntung, rem dapat bekerja lagi setidaknya untuk beberapa detik yang mungkin cukup membantu menyelamatkan hidup Anda.
Sekali lagi, jangan pernah melepaskan perhatian pada kemudi mobil ketika tengah sibuk menginjak rem.
6. Turunkan gigi

Pindahkan gigi mobil ke kecepatan rendah, gigi satu dan dua. Pada gearbox konvensional, gigi satu memiliki ukuran yang besar membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan satu putaran dari roda gigi besar, sehingga laju kendaraan akan menjadi lambat.
Jika Anda berada pada kecepatan tinggi (gigi lima atau enam), turunkan secara bertahap hingga mencapai kecepatan terendah. Jangan langsung mengganti ke gigi satu jika tak ingin situasi yang lebih buruk.
7. Gunakan rem parkir

Kebanyakan pengemudi lupa akan keberadaan rem parkir yang dapat membantu jika rem utama tak berfungsi. Rem parkir juga dapat menghentikan kendaraan, tetapi harus hati-hati dalam menggunakannya.
Jangan menarik handle rem secara tiba-tiba jika tak ingin jungkir balik di jalanan. Lakukanlah dengan lembut dan mantap. Meskipun cara ini akan berlangsung sangat lama untuk berhasil, tetapi sangat bermanfaat.
8. Keluar dari jalanan

Mengemudi di jalanan aspal yang konvensional dapat membantu memperlambat laju mobil. Bila Anda menemukan jalanan berlumpur atau jalanan berpasir, jangan ragu untuk melintasinya karena bisa membantu dalam situasi berbahaya seperti ini.
Secara teknis, ketika ban berjalan di medan yang kasar, maka akan menambah gesekannya dan memperlambat rotasi roda.
9. Gunakan gigi mundur

Ketika cara-cara diatas tak mampu menghentikan laju mobil Anda, maka sudah saatnya menggunakan gigi mundur. Ini mungkin cara yang cukup nekat, tapi sangat ampuh.
Cara ini memang dapat merusak gearbox pada mobil, tetapi dapat menyelamatkan hidup pengemudi dan penumpang lainnya.
10. Tabrakkan ke semak-semak

Jika masih tidak bisa menghentikan kendaraan, maka pilihan terakhir hantamlah semak-semak atau pepohonan kecil. Namun, hal ini dapat merusak beberapa bagian mobil yang vital seperti tangki bahan bakar, selang bahan bakar, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu dibutuhkan evakuasi segera setelah mobil berhenti. Kehadiran fitur keamanan lainnya dimobil seperti sabuk pengaman dan airbag akan sangat berguna untuk membantu pengendara untuk melakukan cara ini.

Rabu, 04 Juli 2012

Tren Modifikasi Offroad Jenis Rock Racing



xrra, xorra, rock racing, desert racing, rock crawling, koh, king of the hammers, offroad, off road, usa, sledgehammer, griffin, tren modifikasi, modifikasi. 
  Rock Racing sebagai cabang baru offroad di Amerika Serikat memang mengundangkan banyak pertanyaan dari para penggemarnya, bagaimana spesifikasi mobil tersebut agar dapat mengakomodir kebutuhan jalur speed offroad sekaligus jalur rock crawling. Hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi modifikator kendaraan Rock Racing.

Rock Racing sendiri merupakan olahraga offroad yang baru berkembang di Amerika semenjak 3 tahun silam. Offroad jenis ini menggabungkan cabang Desert Racing dan Rock Crawling. Dimana peserta dilepas berpasangan setiap 15 detik, untuk mengarungi kombinasi gurun pasir dan bukit bebatuan sepanjang 90 mil. Jika kita melihat langsung fisik daripada kendaraan Rock Racing, maka sepintas lebih mengingatkan kita kepada kendaraan Rock Crawling. Tetapi, dimana perbedaan lainnya?


xrra, xorra, rock racing, desert racing, rock crawling, koh, king of the hammers, offroad, off road, usa, sledgehammer, griffin, tren modifikasi, modifikasi.

MESIN :
Rock Racing membutuhkan mesin yang memiliki horsepower besar, karena offroad jenis ini menuntut peserta untuk memacu maksimal kendaraannya di bagian gurun pasir. Tentunya hal ini berbeda dengan rock Crawling yang lebih mengunggulkan torsi mesin ketimbang horsepower. Karena pada offroac Rock Crawling, bukan kecepatan yang dinilai. Mesin pada kendaraan Rock Racing mampu menghasilkan tenaga diatas 650 horsepower dan digeber hingga 160km per jam diatas permukaan pasir bergelombang. Jenis mesin yang banyak digunakan adalah mesin berkonfigurasi V8 dengan kapasitas diatas 5000cc.


xrra, xorra, rock racing, desert racing, rock crawling, koh, king of the hammers, offroad, off road, usa, sledgehammer, griffin, tren modifikasi, modifikasi.

SUSPENSI :
Suspensi menjadi bagian yang penting, bukan hanya pada Rock Racing, tetapi hampir di semua jenis offroad. Pada Rock Racing, penggunaan jenis suspensi tidak dibatasi. Kebanyakan peserta menggunakan suspensi yang terdiri atas kombinasi bypass shock dan coil over shock. Tentunya hal tersebut tidak berbeda dengan Rock Crawling maupun Offroad Racing, yang membedakan adalah setting daripada suspensi tersebut. Setting suspensi untuk Offroad Racing cenderung keras demi kestabilan pada kecepatan tinggi, sementara rock Crawling cenderung lebih lentur agar mendapatkan traksi yang optimal saat memanjat batu. Untuk Rock Racing, setting suspensi harus dapat mengakomodir kedua jenis offroad diatas. Sehingga banyak modifikator yang berlomba-lomba untuk membuat kendaraan Rock Racing. Merek shock yang banyak digunakan adalah Fox shox, King Shocks, Radflo, Race Runner, dll.


xrra, xorra, rock racing, desert racing, rock crawling, koh, king of the hammers, offroad, off road, usa, sledgehammer, griffin, tren modifikasi, modifikasi.

KONSTRUKSI
Rangka serta desain bodi kendaraan Rock Racing sangat mirip dengan kendaraan Rock Crawling. Rangka menggunakan pipa berbahan chromoly yang dibungkus dengan bodi fiberglass. Tetapi mayoritas kendaraan Rock Racing menggunakan kabin berkursi ganda, yang diisi oleh Driver dan Co-Driver. Peran seorang Co-Driver pada offroad Rock Racing bukan hanya semata sebagai penunjuk jalan di medan gurun pasir, tetapi juga membantu Driver dalam melakukan recovery dengan menggunakan winch, saat terjadi stuck di tumpukan bebatuan.


xrra, xorra, rock racing, desert racing, rock crawling, koh, king of the hammers, offroad, off road, usa, sledgehammer, griffin, tren modifikasi, modifikasi.

BAN :
Penggunaan ban yang tepat membantu kita menjaga traksi agar tetap optimal di permukaan batu, tanah, maupun pasir. Rock Racing membebaskan para peserta dalam memilih ukuran ban yang akan mereka pasang di kendaraannya. Sama seperti Rock Crawling, kebanyakan peserta pada event Rock Racing menggunakan ban offroad yang memiliki ukuran 37 inch hingga 44 inch. Ban yang mereka gunakan adalah ban offroad yang berspesifikasi khusus untuk Rock Crawling. Ban jenis ini memiliki kompon yang sangat lunak sehingga dapat dengan mudah mencengkram diatas batu. Tetapi tidak sedikit juga peserta yang menggunakan ban offroad berspesifikasi khusus Offroad Racing. Ban jenis ini memiliki jumlah ply yang sangat banyak, sehingga memiliki ketahanan ekstra dalam melibas permukaan offroad pada kecepatan tinggi. Oleh karena itu, penggunaan ban yang paling optimal untuk Rock Racing kembali lagi ke peserta itu sendiri.

Selasa, 03 Juli 2012

Bagaimana Merawat Aki Mobil?



Aki merupakan komponen penting dalam mesin mobil anda yang berperan pada sistem pengapian dan kelistrikan,kualitas aki yang baik akan sangat menentukan keamanan anda berkendara.Oleh karena itu,menjaga dan merawat aki merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan aki.

Salah satu masalah yang terjadi karena kurangnya perawatan pada aki mobil adalah aki soak yang berimbas mesin mobil anda sulit dihidupkan.Berikut tips yang akan saya berikan bagi anda untuk merawat aki mobil anda sehingga menjadi lebih tahan lama.

1.Pantau kuantitas maupun kualitas air aki.
Mestinya air aki selalu terjaga di antara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki. Bila berada di bawah low level segera tambahkan. Karena, air aki berfungsi untuk membantu mendinginkan sel-sel aki. Bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, sel-sel di dalam aki bisa menjadi berubah bentuk (melengkung, harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus). Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya memicu konsleting. Konsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

2.Periksa terminal-terminal pada aki.
Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Korosi dapat dibersihkan dengan menyiramkan air panas pada terminal-terminalnya. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah. Sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin. Beri pelumas atau grease pada terminal-terminal untuk mencegah korosi.

3.Selesai berkendara, matikan dulu komponen-komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin, agar pada saat dihidupkan kembali beban accu fokus ke sistem STATER.

4.Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, copot terminal negatif agar setrum di aki tidak terus menerus tersedot. (Untuk mobil Peugeot, pencopotan sebaiknya dilakukan oleh mekanik).

Ingat, daya tahan dan kekuatan aki sangat dipengaruhi perawatan. Biasanya, dalam satu tahun aki sudah mulai bermasalah, misalnya tidak sanggup lagi menyimpan tegangan dalam waktu yang lama. Dengan perawatan yang baik dan tepat, masa pakainya bisa lebih dari satu tahun.

Semoga Bermanfaat.Terima Kasih.