Laman

Senin, 14 September 2015

Knalpot Keluar Asap, Ini Penyebabnya

Kondisi ini tentu mengganggu pemilik dan orang lain.
Knalpot berasap. (iStock)


Terkadang kita sering melihat pemandangan knalpot sepeda motor yang mengeluarkan asap tebal. Kondisi itu mirip dengan pengasapan basmi jentik nyamuk, alias fogging. Tentu sangat mengganggu, terlebih motor yang mengeluarkan asap tebal itu adalah kendaraan yang kita gunakan.

Asap tebal pada knalpot, pertanda ada masalah pada sepeda motor Anda. Pertanyaannya tentu, apa penyebab knalpot mengeluarkan asap tebal?

Menurut Ahmad Basori, penggawa bengkel Eka Jaya Motor yang terletak di Jakarta Barat, ada sejumlah penyebab yang membuat knalpot mengeluarkan asap tak wajar.

"Seharusnya, motor empat-tak tidak mengeluarkan asap berwarna hitam, atau putih. Apabila sampai mengeluarkan asap, berarti motor tersebut mengalami masalah pada mesin," kata Ahmad.

Ahmad menambahkan, oli tidak seharusnya masuk ke dalam ruang pembakaran dan itu bisa saja menyebabkan hal ini. Artinya, asap bisa saja ditimbulkan dari oli yang 'terbakar'. Hal tersebut, dikatakannya tidak bakal terjadi apabila sang pemilik rajin dengan proses servis, serta ganti oli.

"Biasanya penyebab knalpot mengeluarkan asap tebal, karena ring piston yang sudah tua dan tidak presisi lagi dengan komponen linier. Karena itu, perlu dilakukan pergantian dengan yang baru," kata dia.

Selain itu, knalpot mengeluarkan asap juga bisa ditimbulkan karena seal klep telah bocor. Seal klep dapat bocor, karena seal tidak elastis lagi.

Penyebab selanjutnya, knalpot mengeluarkan asap adalah karena oli yang berhasil masuk dari celah-celah dinding linier yang tergores. Oli akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga akan memunculkan asap pada knalpot.