Laman

Senin, 14 September 2015

Knalpot Mobil Tiba-tiba Semburkan Api, Apa Penyebabnya?


Sistem EFI memang mampu memperkecil terjadinya backfire.
Backfire (chivethethrottle)


Saat asyik mengemudi, tiba-tiba knalpot mobil mengeluarkan suara tembakan, atau istilah kerennya backfire, mungkin pernah Anda alami. Nah, sebenarnya apa penyebabnya dan berbahayakah hal itu bagi mobil Anda?

Backfire mungkin semakin jarang ditemui, karena mobil-mobil baru saat ini telah menerapkan teknologiElectronic Fuel Injection(EFI). Sistem EFI memang mampu memperkecil terjadinya backfire. 

Namun, bukan berarti mobil dengan sistem EFI akan sepenuhnya aman dari 'penyakit' yang satu ini. Sebab, sistem ini hanya memperkecil peluang, karena didukung sistem pengapian dan suplai bahan bakar yang lebih baik.

Menurut situs resmi Toyota, Selasa 8 September 2015, backfire penyebabnya bermacam-macam. Namun, yang biasa terjadi karena tekanan bensin rendah, yang disebabkan penyaring bensin mampet, atau kotor. 

Selain itu, backfire juga bisa karena adanya masalah pada pompa bensin dan fuel pressure regulator, atau fuel injector. Yang menjadi pertanyaan, apa dampaknya bagi mobil saat 'terserang' backfire?

Jangan anggap sepele. Sebab, dampak yang ditimbulkan backfire ternyata sangat kompleks. Di antaranya mesin kehilangan tenaga, boros BBM, dan menyebabkan komponen mobil rusak. 

Kerusakan komponen mobil yang ditimbulkan oleh backfire, di antaranya selang intake sobek, knalpot bocor, dan filter udara dapat sobek/hancur.

Lalu, bagaimana solusinya? Hal yang paling sederhana, tentu membersihkan bagian fuel injector dengan menggunakan mesinultrasonic fuel injector cleaner yang berada di bengkel. (asp)