Laman

Recent Posts

Sabtu, 09 Juni 2012

Electric Power Steering : All About Electric Power Steering (Bag.2) Cara Kerja Pompa Hidrolis


 
Power Steering Hidrolis
Sedikit flashback, power steering (PS) hidrolis punya banyak penemu awal. Mulai dari Robert Twyford di 1900 yang mematenkan pertama kali, lalu disempurnakan oleh Francis Davis di tahun 1926 dan Charles Hammond di era 1958. Hingga akhirnya Chrysler yang pertama kali memakai pada kendaraan komersial di varian Imperial.

Prinsip kerja PS hidrolis menggunakan putaran mesin untuk memutar pompa power steering dengan menggunakan belt, sehingga oli yang berada dalam sistem menjadi bertekanan tinggi dan sanggup membantu memutar rack kemudi. Alhasil, PS hidrolis butuh slang tekanan tinggi untuk menyalurkan oli dari pompa menuju rack.

Nah, penyakit pada PS hidrolis yaitu kebocoran pada slang, hingga rusaknya gigi pemutar pada pompa PS. Biasanya sih terdapat bunyi berdengung ketika setir dibelokkan. "Ongkos perbaikan PS hidrolis biasanya sekitar Rp 500 ribu belum termasuk spare part," terang Jananto Widhi, juragan MW Power Steering, bengkel spesialisasi PS di Jl. Lebak Bulus Raya No.18, Jaksel.

Tapi perawatan PS hidrolis termasuk mudah. Selama tak ada kebocoran, cukup ganti secara rutin oli PS sesuai yang direkomendasikan masing-masing pabrikan. Lalu yakinkan oli pada tabung reservoir tidak kurang dari level yang ditentukan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...