Laman

Selasa, 31 Januari 2012

Mesin Merebet Karena Injektor


Injektor adalah komponen penting dalam mesin injeksi bahan bakar yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar bertekanan menuju ruang bakar dalam mesin.Jika proses pengabutan tidak baik membawa masalah tersendiri pada kinerja mesin,antara lain menyebabkan mesin nyendat atau mesin merebet.

Injektor Innova

Seperti contoh berikut ketika nilai resistansi injektor atau tahanan yang terukur pada terminal injektor berubah menjadi lebih kecil dari nilai yang seharusnya, membuat pembakaran dalam mesin tidak sempurna dalam artian bahan bakar tidak terbakar semua saat terjadi pembakaran.

cara mengukur nilai tahanan injektor

Gambar di atas adalah cara untuk cek injektor atau periksa injektor mobil dengan mengukur nilai tahanan salah satu Injektor yang menggunakan resistant tinggi, dengan nilai tahanan berkisar 12 ohm sampai 15 ohm,jika nilai tahanan berubah ketika di ukur menggunakan ohm meter dan berada di bawah 10 ohm bisa jadi mungkin hasil pengukuran menunjukan angka 5 ohm, akibat yang di timbulkannya adalah:
  • Mesin nyendat atau terasa merebet saat akselerasi, sedangkan pada putaran mesin tanpa beban atau putaran tinggi tidak terasa pengaruhnya terhadap kinerja mesin,tetapi ketika mesin akselerasi pada putaran berkisar 1500 rpm sampai 2000 rpm terasa merebet akibat pengabutan yang tidak sempurna dan terjadi banjir.
  • Kondisi ini hampir mirip dengan jika pengapian terjadi tidak sempurna yang mungkin di sebabkan oleh terjadinya kebocoran arus listrik yang menuju busi seperti entri sebelumnya di jika cup ignition coil rusak
Untuk memeriksa apakah kondisi injektor bagus dalam mengabutkan bahan bakar minyak seperti ilustrasi di atas bisa dilihat juga dari kondisi busi dan biasanya busi ditempat injektor yang rusak akan terlihat lebih basah dari busi di silinder lain yang injektornya  tidak mengalami kerusakan.

Demikian semoga bermanfaat.