Memperbaiki system AC mobil yang sedang bermasalah, adakalanya freon
masih terdapat di dalam system AC. Sementara suatu pekerjaan perbaikan
mengharuskan untuk mengeluarkan freon dari dalam system AC. Contoh
membersihkan evaporator, mengganti filter dryer, mengganti bearing puley
dan atau magnetic clutch assy compressor yang dari beberapa jenis akan
mengalami kesulitan kalau tidak dengan menurunkan compressor ac dari
braketnya.
Agar freon tidak terbuang diperlukan sebuah alat yang di sebut mesin R3 (Recovery, Recycle, Recharging), sesuai dengan namanya:
Recovery berfungsi untuk menampung freon dari mobil kedalam tabung freon di dalam alat dengan bantuan kompressor di dalam alat R3 untuk menghisapnya.
Recycle atau daur ulang berfungsi untuk mendaur ulang freon agar bisa di pakai lagi dengan cara memisahkan oli kompressor kotor yang ikut terhisap saat proses recovery.
Recharging berfungsi untuk mengisi freon kembali ke system AC di mobil, sesuai berat freon yang di butuhkan oleh mobil tergantung jenis mobil, biasanya data jumlah freon yang di butuhkan serta jenis freon yang di pakai ada di tempel plat label di ruang mesin.
Keterangan gambar diatas :
Tengah : mesin ac R3
Bawah kiri : tabung menampung freon berada di atas timbangan
Atas kiri : kompressor untuk menghisap freon, pemisah oli dan filter
Atas kanan : mesin vacum
Bawah kanan : penampung oli bekas yang sudah terpisah dari freon
Dengan di lengkapi timbangan untuk mengisi jumlah freon yang di butuhkan oleh mobil, untuk menghindari dari kelebihan pengisian freon, jika freon yang sudah dicharge ke mobil sesuai jumlah yang di butuhkan.