Laman

Kamis, 26 Januari 2012

Tips Mobil, Bersih-Bersih Dasbor, Cegah Debu Nempel

JAKARTA - Walaupun letaknya di dalam mobil tapi banyak orang yang kurang memerhatikan kebersihan dasbor, konsul tengah dan sekitarnya.

Padahal jika diperhatikan lebih teliti, cukup banyak debu yang menempel di area ini. Efeknya jelas, bisa mengganggu pemandangan dan parahnya lagi dapat menjadi sumber penyakit karena terhirup orang yang ada di dalam mobil.

Memang, kebanyakan mobil-mobil sekarang ini memiliki warna interior khususnya dasbor yang agak terang seperti cokelat susu, krem, beige dan sebagainya.

Alhasil, jika ada debu yang menempel jadi tak terlihat jelas. Ketika ‘disapu’ dengan jari atau telapak tangan baru ketawan ada debu yang menempel.

Nah, untuk itu perawatan dasbor pun jangan dilupakan. “Biasanya tiap abis mencuci mobil dasbor sekalian dibersihin biar sekalian kerja,” ungkap Adit, mahasiswa jurusan teknik informatika di Universitas Indraprasta (UNINDRA) Jaktim.

Cara membersihkan dasbor enggak sulit kok. Siapkan terlebih dahulu peralatannya (Gbr.1). “Bisa pakai produk khusus pembersih dasbor seperti vynil protectant yang harga di pasaran sekitar Rp 25–35 ribu,” saran Lili, dari Sentosa Car Wash & Salon yang bermarkas di Lubang Buaya, Jaktim.

Sekarang mari kita praktikkan. Langkah pertama, bersihkan dulu dasbor menggunakan lap chamois yang berfungsi untuk menghilangkan debu (Gbr.2). Lap secara menyeluruh sampai sudut-sudut dasbor.

Setelah dilap, semprotkan cairan pembersih dasbor tersebut secukupnya (Gbr.3). “Kalau pakai cairan ini dasbor jadi terlihat lebih mengilap dan dapat juga melindungi dasbor dari sinar UV,” tambah wanita berambut panjang ini.

Kalau sudah disemprot tinggal ratakan saja pakai kai lap bersih (Gbr.4). Jika sudah bersih dan mengilap, untuk perawatan cukup diseka menggunakan kemoceng jika ada debu yang hinggap.

Gampang kan?