Setelah diperiksa pendukung system ac yang lain bekerja dengan baik antara lain:
- air flow hembusan blower masih kencang ketika di cek dengan anemometer
- putaran motor cooling fan radiator juga masih kencang
- kondensor dan radiator terlihat bersih
- tekanan freon normal terlihat di manipol gauge dan sight glass
- cut off kompressor ac terlihat normal, artinya kompressor mau off dan on pada setelan temperatur maksimal.
- riben kaca juga sama dengan mobil yang lain
Masih kurang yakin dengan jumlah freon, akhirnya di recover dengan mesin AC R3 jumlah freon yang berhasil di recover menunjukan jumlah yang cukup yaitu 550 gram.
Setelah dilanjutkan sampai proses isi ulang dengan freon yang baru,
hidupkan ac mobil, dari grill ac di dashboard angin dingin keluar, cut
off kompressor ac pada setelan temperatur maksimal juga terjadi,
setelah diperhatikan dengan seksama terasa tempo yang terlalu cepat
dari waktu cut off kompressor, ketika di cek temperatur dengan
termometer cut off terjadi pada suhu 10,4 derajat celsius. Ini rupanya
inti masalahnya.
Terus bagaimana mengatur temperatur cut off kompressor, membungkus thermistor cooler atau mengatur posisi thermistor cooler di rumah evap? semuanya tidak membantu.
Langsung saja perhatikan rangkaian di bawah, untuk modifikasi termistor cooler. Karena ketika di ganti thermistor cooler dengan di pinjamkan dari mobil avanza lain, hasilnya sama, temperatur cut off kompressor tidak berubah. Pengatur suhu ac terhubung secara seri dengan thermistor cooler yang berupa ntc (negatif temperatur coefisien atau resistor yang berubah nilainya karena perubahan suhu).
Terus bagaimana mengatur temperatur cut off kompressor, membungkus thermistor cooler atau mengatur posisi thermistor cooler di rumah evap? semuanya tidak membantu.
Langsung saja perhatikan rangkaian di bawah, untuk modifikasi termistor cooler. Karena ketika di ganti thermistor cooler dengan di pinjamkan dari mobil avanza lain, hasilnya sama, temperatur cut off kompressor tidak berubah. Pengatur suhu ac terhubung secara seri dengan thermistor cooler yang berupa ntc (negatif temperatur coefisien atau resistor yang berubah nilainya karena perubahan suhu).
Untuk bisa mendapatkan nilai yang tepat dan temperatur cut off yang di
inginkan bisa dicoba menggunakan variable resistor (resistor yang nilai
tahanan-nya bisa dirubah ) pada resistor tambahan, kemudian cari berapa
nilai tahanan yang tepat sesuai suhu cut off yang di inginkan. Contoh
yang sudah dipakai seperti gambar diatas menggunakan tahanan dengan
nilai 20 kilo ohm. Pengarunya setelah terpasang tahanan, suhu cut off
yang semula 10,4 derajat celsius berubah menjadi kisaran 6 derajat
celsius detail silakan lihat video di bawah.
Suhu cut off kompressor berada di kisaran 6 derajat celsius sampai 7,6 derajat celsius sudah cukup., tetapi 8 derajat celsius ke atas pada suhu cut off akan terasa kurang dingin. Cara mengukur suhu cut off bisa lihat di posting sebelumnya sebab-sebab ac mobil tidak dingin
Pada pengaturan suhu maksimal pada panel AC terukur nilai tahanan pada resistor variable nya adalah 0 (nol) ohm atau bisa di bilang tidak memiliki tahanan. Gambar bawah adalah variable resistor dengan saklar yang berfungsi untuk mengatur suhu ac avanza.
Suhu cut off kompressor berada di kisaran 6 derajat celsius sampai 7,6 derajat celsius sudah cukup., tetapi 8 derajat celsius ke atas pada suhu cut off akan terasa kurang dingin. Cara mengukur suhu cut off bisa lihat di posting sebelumnya sebab-sebab ac mobil tidak dingin
Pada pengaturan suhu maksimal pada panel AC terukur nilai tahanan pada resistor variable nya adalah 0 (nol) ohm atau bisa di bilang tidak memiliki tahanan. Gambar bawah adalah variable resistor dengan saklar yang berfungsi untuk mengatur suhu ac avanza.
Gambar di bawah adalah lokasi thermistor cooler ac avanza, posisi berada di belakang laci dashboard sebelah kiri.
Lebih jelasnya silakan lihat video di bawah ini, bandingkan perbedaan
suhu antara sebelum dilepas resistor tambahan dengan sesudahnya.Jika artikel ini bermanfaat silakan di bagi .....Moga manfaat....