Masalah air cadangan berkurang dari dulu hingga sekarang menjadi pembahasan yang sangat menarik.....
mari kita telusuri satu persatu secara logika....
1. Fungsi Tabung Reservoir/Cadangan : Fungsinya menampung muaian
air saat air panas dan tekanan tinggi dari sistem pendingi di mesin .
Ketika mobil digunakan maka air didalam sistem pendingin mengalami
pemuaian akibat panas yang diterima, denganmemuainya air maka volume air
bertambah maka tekanan didalam sistem pendingin bertambah pula.
Terdapat fungsi katup pada tutup radiator yang hanya akan mengalirkan
air dari sistem pendingin ke tabung reservoir atau cadangan ketika
tekanan tertentu (biasanya 0,9-1.1bar). Saat tekanan dalam sistem
pendingin mencapai angka tersebut maka katup pada tutup radiator membuka
jalan untuk air sehingga mengalir ke tabung cadangan. Saat mesin
dimatikan atau dingin, terjadi vacuum diruang sistem pendingin karena
penyusutan volume air sehingga membuka katup balik dari radiator dan
menghisap air di tabung cadangan/reservoir.
2. Gejala yang dialami bung Muhammad Safri adalah air meluap dari tabung cadangan alias luber : kenapa ?
ada beberapa penyebab melubernya air di tabung cadangan :
a. Memang mesin overheat : hal ini dapat diseabkan oleh putaran
kipas electric engine fan yang sudah mulai lemah sehingga tidak dapat
menahan panas yang di timbulkan oleh mesin sehingga tekanan didalam
ruang sistem pendingin mesin terus bertambah sampai meluberkan tabung.
Overheat mesin juga dapat diakibatkan kompresi yang masuk keruang
sistempendingin alias kompresi bocor. hal ini ditandai dengan gelembung
gelembung udara saat mesin dihidupkan dengan posisi tutup radiator
terbuka.
Lakukan compresion leakage test : dengan cara membuka tutup
radiator dan menstart mobil apakah ada lompatan permukaan air di mulut
tutup radiator yang terbuka itu saat mesin di start ? jika iya kompresi
bocor......jika tidak perhatikan saat hidup apakah ada gelembung halus
atau besar yang continues kalau iya kompresi bocor.
b. Tutup radiator sudah mulai tidak baik. Rusaknya tutup radiator
belum tentu ditandai dengan bocor. Kadang pegas pengatur tekanan mulai
lemah sehingga belum saatnya(tekanan) air radiator menuju ke tabung
reservoir katup pada radiator sudah terbuka sehingga semakin lama akan
semakin luber. Ketika berhenti maka vacuum pada ruang sistem pendingin
menghisap kembali air dicadangan. Maka dapat dipastikan air akan habis
terhisap karena sebagian dari air tersebut telah terbuang sebagai
luberan.......
c. Terjadi kebocoran Selang atau radiator. Gejala ini harus
dilakukan cek visual dengan teliti terkadang kebocoran cukup halus
sehingga sulit dideteksi secara dini....
silahkan analisa sesuai dengan kejadian yang paling mendekati pada kasus Anda...
lakukan pengecekan dari yang paling mudah dan murah
baru beranjak ke bagian yang lebih rumit apabila belum ketemu solusinya
Semoga masalah air cadangan berkurang cepat beres.