Ignition coil atau koil pengapian atau bobin berfungsi untuk menghasilkan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar pada akhir langkah kompresi.
Posting kali ini akan membahas cup ignition coil yang rusak sehingga listrik tegangan tinggi yang di hasilkan koil bocor dan mencari jalan singkat menuju dinding silinder head di samping koil dan akibat nya.
Cup ignition coil terdapat pada sistem pengapian langsung atau Direct Ignition System (DIS) atau pengapian tanpa distributor untuk mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke busi.
Beberapa akibat yang ditimbulkan jika cup ignition coil rusak mesin merebet dari berbagai tingkatan berdasarkan gejalanya,tingkatan tergantung dari tingkat kerusakan cup ignition coil :
Posting kali ini akan membahas cup ignition coil yang rusak sehingga listrik tegangan tinggi yang di hasilkan koil bocor dan mencari jalan singkat menuju dinding silinder head di samping koil dan akibat nya.
Cup ignition coil terdapat pada sistem pengapian langsung atau Direct Ignition System (DIS) atau pengapian tanpa distributor untuk mendistribusikan listrik tegangan tinggi ke busi.
Beberapa akibat yang ditimbulkan jika cup ignition coil rusak mesin merebet dari berbagai tingkatan berdasarkan gejalanya,tingkatan tergantung dari tingkat kerusakan cup ignition coil :
- Mesin merebet terasa jelas saat stationer atau langsam
- Mesin merebet terasa saat di gas atau akselerasi, tidak terasa merebet atau getaran saat langsam
- Mesin merebet saat di pakai jalan, tidak terasa getaran atau merebet saat langsam atau di gas saat mobil diam, tetapi mesin merebet saat mobil di pakai jalan beberapa kilometer kemudian hilang lagi, saat merebetnya kadang disertai nyala cek engine kemudian cek engine mati sendiri.
Atau gambar pertama paling atas adalah cup ignition coil yang sudah
mengeras dengan tanda sudah berubah warna menjadi kecoklatan,tidak
elastis,kalau ditekan menggunakan tangan terlihat retakan dan
menyebabkan terjadinya kebocoran arus listrik,sehingga arus listrik yang
ke elektroda busi berkurang berakibat bunga api yang tidak maksimal
pada elektroda busi.
Cara mengatasi tentu saja cukup dengan mengganti cup ignition coil atau mengganti ignition coil, tentu saja dengan perbedaan harga yang cukup tinggi antara mengganti cup ignition coil dengan mengganti ignition coil.
Semoga apa yang saya tulis bermanfaat,terima kasih.
Cara mengatasi tentu saja cukup dengan mengganti cup ignition coil atau mengganti ignition coil, tentu saja dengan perbedaan harga yang cukup tinggi antara mengganti cup ignition coil dengan mengganti ignition coil.
Semoga apa yang saya tulis bermanfaat,terima kasih.