Laman

Sabtu, 26 Maret 2011

Tips Hemat BBM dari Seorang Pembalap Nasional

jim

Seorang pembalap memberikan tips berhemat BBM pastinya layak diperhatikan meskipun dalam ajang balapnya Jimmy Lukita, sang empunya tips, tidak perduli dengan konsumsi BBM.

Jimmy Lukita yang biasa dipanggil Jimluk mengaku lebih arif memijak pedal gas dan mengatur pengereman agar konsumsi bahan bakar minyak tidak berlebihan. Jimluk pun ingin berbagi tips ringan dan mudah diingat untuk menghemat BBM kendaraan.

"Banyak pengendara yang tidak tahu cara menghemat BBM kendaraan," kata Jimluk kepada detikOto di sela-sela mobilmotor Eco Friendly di Wiswa Achilles, Jalan Panjang, Jakarta, Sabtu (26/6/2010).

Pertama, jaga jarak mobil Anda dengan mobil depan.
Langkah itu perlu diperhatikan, soalnya ketika mobil depan tiba-tiba mengerem Anda bisa langsung menghindari tanpa harus menginjak pedal rem dan pada akhirnya bisa mempertahankan posisi RPM mobil. "Hasilnya Anda tidak perlu lagi menginjak pedal gas. Dan konsumsi BBM tetap terjaga karena RPM stabil," ucapnya.

Kedua, perhatikan tekanan angin ban mobil Anda.
Soalnya, kerja mesin lebih berat ketika kondisi ban kempes. Otomatis konsumsi bbm harus ekstra. "Tekanan angin ban juga harus diperhatikan. Jangan kempes dan jangan terlalu keras," tandasnya.

Ketiga, perhatikan tekanan kompresi mobil Anda.
Biasanya, tekanan kompresi yang tinggi membutuhkan kadar oktan BBM yang lebih besar. Dengan itu konsumsi BBM lebih baik juga dan tidak boros. Baca juga artikel berikut tentang kompresi :

1. Kompresi Mesin Ditingkatkan, Ada Syaratnya
2. Kompresi mesin (Premium vs Pertamax) - Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

Namun, sebaliknya jika tekanan kompresi besar tetapi tidak sesuai dengan kadar oktan BBM akan menyebabkan konsumsi BBM lebih buruk dan berakibat boros. "Tidak hanya itu dalam jangka waktu panjang mesin mobil jadi rusak karena BBM tidak terbakar sempurna," tutupnya