Suzuki Samurai 1992
Maju Tak Gentar, Itulah Semboyan Sang Pemilik
Pria yang menjabat Komandan Resimen Bantuan Tempur satu Marinir ini memilih Samurai sebagai besutan tak lain karena bobotnya yang ringan dan dimensinya yang mungil. Dengan bobot ringan dan modifikasi yang tepat jip mungil ini muncul sebagai sebuah jip yang memiliki potensi besar sebagai sebuah jip yang handal pria yang menjabat sebagai dapat dengan mudah
Tak hanya diturunkan dalam satu habitat trek adventure saja, namun Samurai inipun diandalkan pula untuk melibas trek speed offroad. Perhitungan konstruksi dan rancangan jip ini diklaim sudah mencukupi diturunkan kedua habitat tersebut.
Seperti halnya modifikasi letak gardan depannya, jip ini pun mewarisi semangat maju tak gentar untuk menghadapi dua habitat sekaligus… maju tak gentar…
Gardan nan maju
Approach angle yang sering kali menjadi momok bagi sebuah Jimny atau Samurai saat menghadapi turunan curam. Oleh sebab itu posisi gardan depan maju hingga 30cm dan letak ban pun menjadi jauh di depan spakbor, sehingga jip mungil in pun sekarang lebih leluasa melahap cerukan-cerukan tajam. Gardan belakang pun turut dimundurkan walau tidak seekstrem bagian depannya.
Tujuan pemajuan gardan depan ini dilakukan dengan mempertimbangkan tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bagian depan jadi lebih leluasa saat menuruni medan curam. Kedua, wheelbase kendaraan jadi lebih panjang, sehingga handling kendaraan jadi lebih mudah dan ketiga distribusi berat kendaraan pun bisa diperbaiki.
Spesifikasi
Mesin | G13B 4 silinder 8 valve SOHC 1.298cc |
Cam | 270° |
Transmisi | 5 speed manual OEM SJ413 |
Tranferkase | 2 speed part-time OEM SJ413 with low gear 4,16 : 1 from Calmini |
Tangki | Jaz |
Ban | Simex 32 x 10.5R15 |
Pelek | ARW 8 x 15 |
Shocksteer | 4 way |
Jok | Recaro lokal |
Sokbreker | Coilover FabTech 16 inci (depan) Coilover Rad Flo 16 inci (belakang) |
Winch | Warn M9000 |
Gardan | OEM SJ413 Samurai |
Finalgir | 4.090 : 1 |
Limited slip | OEM Jimny |
Kopel | depan ditambah 30cm |
Bengkel | dikerjakan sendiri |