Toyota Land Cruise FJ40 1959
Sebuah Jip Full Spec Diciptakan Untuk Seorang Pemula
JIP - Kemampuan tentu tidak bisa didapatkan secara instan, harus melalui proses dan praktek yang panjang, begitupun untuk menjadi seorang off-roader ulung. Namun proses ini bisa diakselerasi dengan dukungan piranti dan sarana yang baik dan tepat.
Phill Handerson dengan jujur mengakui bahwa dirinya merupakan pemula dalam dunia off-road, sebuah dunia baru yang telah memikat hatinya. Keterbatasnnya tak lantas membuat pria berkebangsaan Amerika menyerah dengan kondisinya. Sadar akan keterbatasannya, iapun berupaya mengejar dengan mengupgrade tunggangannya.
Pilihan Phill cukup jatuh pada Toyota Land Cruiser FJ40 dan dianggap cukup realistis karena persoalan sparepart yang relatif lebih mudah didapat dibanding kendaraan Amerika. Namun Wawan selaku modifikator tak langsung membuka kran modifikasi secara penuh, melainkan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan Phill.
Dapat dikatakan bahwa jip ini memiliki spesifiksi fullspec namun belum sampai topspecnya. Segalanya telah diperhitungkan pada modifikasi jip ini dan seiring dengan semakin berkembangnya kemampuan Phill, maka jip ini dengan mudah akan dikembangkan hingga kondisi topspecnya.
Mesin
Tak nampak lagi bongkahan mesin F jantung tenaga asli jip ini, sebagai gantinya satu unit mesin 6 silinder berkode 2F dengan kapasitas 4.2 liter nangkring di dalam engine bay. Tenaga dan torsi mesin ini dirasa cukup bagi Phil yang mengaku baru mencicipi dunia off-road.
Gardan
Gardan merupakan sumbangan dari keluarga besar Land Cruiser. Gardan depan merupakan sumbangan dari Land Cruiser tahun 80-an sedangkan gardan belakang dicomot dari Land Cruiser 60 series. Final gear 4,88 : 1 pun dipatok sebagai pengisi gonggol gardannya.
InteriorDapat dikatakan bahwa jip ini memiliki spesifiksi fullspec namun belum sampai topspecnya. Segalanya telah diperhitungkan pada modifikasi jip ini dan seiring dengan semakin berkembangnya kemampuan Phill, maka jip ini dengan mudah akan dikembangkan hingga kondisi topspecnya.
Tak nampak lagi bongkahan mesin F jantung tenaga asli jip ini, sebagai gantinya satu unit mesin 6 silinder berkode 2F dengan kapasitas 4.2 liter nangkring di dalam engine bay. Tenaga dan torsi mesin ini dirasa cukup bagi Phil yang mengaku baru mencicipi dunia off-road.
Gardan
Gardan merupakan sumbangan dari keluarga besar Land Cruiser. Gardan depan merupakan sumbangan dari Land Cruiser tahun 80-an sedangkan gardan belakang dicomot dari Land Cruiser 60 series. Final gear 4,88 : 1 pun dipatok sebagai pengisi gonggol gardannya.
Interior sederhana dan fungsional menjadi ciri jip ini. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan, penumpang dan pengendara terlindungi oleh rollbar 6 titik dari bahan seamless.
Ruang belakang
Di belakang ruang kabin selain dijejali dengan tangki bensin custom dari bahan allumunium juga dipergunakan sebagai cargo area.
Spesifikasi
Mesin | Toyota 2F, 6 silinder inline 4280cc |
Karburator | Holley |
Cam | 260° |
Alternator | 120 amp |
Pengapian | CDI Porter |
Coil | MSD Blaster |
Kabel busi | Split Fire 8mm |
Starter | Hi- torque |
Girboks | Toyota Land Cruiser J30 3 speed manual |
Tranfercase | Toyota 2 speed part-time |
Gardan | TLC seri 40 (depan) / TLC seri 60 (belakang) |
Final gear | 4.88 : 1 |
Locker | Detroit Locker (belakang) |
Sokbreker | Procomp MX-6 |
Per | TLC seri 40 |
Power steering | TLC seri 60 |
Stir | MOMO |
Rem | OEM Land Cruiser (depan) / Mitsubishi Pajero (belakang) |
Cutt-off | Flamming River |
Swicth | Aircraft |
Rollcage | 6 titik seamless sch 40 |
Pelek | Centerline |
Ban | Simex Extreme Trekker 35x10.5xR15 |
Tangki | Alumunium custom |
Jok | Sparco |
Seatbelt | Crow Enterprise |
Winch | Warn 8274 M-50 |
Fender | Custom |
Bumper | Custom |
Tire hanger | Custom |
Side bar | Custom |
Bengkel | Innotech Jl. Cirendeu Raya no 36 Telp. (021) 747.05959 |