Laman

Jumat, 25 Maret 2011

Jeep XJ Cherokee 1994

XJ Cherokee, Bagai Oasis Ditengah Gurun


JIP - Kebebasan berekspresi, berbicara, beragama dan berpolitik memang dijamin keberadaannya oleh negara dan undang-undang. Akan tetapi kebebasan dari belenggu rutinitas pekerjaan dan harian tidak ada yang bisa menjamin kecuali kecakapan orang tersebut dalam mengatur waktu tahu kapan dan dengan apa ia melakukannya.

Sudah barang tentu bahwa kesibukan sebagai seorang wirausahawan menyita banyak waktu dan tenaga seorang Sandi Said. Rutinitas harian sudah menjadi daftar menu tetap bagi bapak tiga anak ini. “Suatu resiko dari pilihan pekerjaan yang kita ambil,” tutur pria ramah ini. “Rutinitas pasti bertetanggaan dekat dengan kebosanan. Akan tetapi jika kita tahu cara mengatasinya, dengan demikian rutinitas yang ada dapat dieliminir,” lanjutnya sembari menghisap rokok putih kesukaannya.

Menjalani hal yang disenangi dan selalu menimbulkan antusiasme lain bisa menjadi solusinya. “Saya memilih menggunakan kendaraan sebagai solusinya, karena memang saya mencintai dunia 4x4 selain itu saya selalu antusias dengan perkembangan dan inovasi yang ada,” ungkapnya.

“Cherokee saya pilih karena memang saya tergolong fanatik pada merek Jeep dan SUV ini merupakan kendaraan yang sampai detik ini di belahan bumi mana pun masih merupakan kendaraan favorit yang tetap digali kemampuan,” cerocosnya. “Jadi saya rasa SUV ini sangat dinamis dalam perkembangan dan inovasinya, selalu ada yang baru sehingga tidak membosankan. Selain itu Cherokee merupakan SUV yang nyaman dikendarai baik untuk medan on road maupun offroad,” kekehnya.

“Benar..jika hampir seluruh waktu saya tersita untuk rutinitas dan orang lain dan hanya tersisa sedikit saja untuk saya dapat melakukan apa yang saya senang untuk dilakukan. Tapi waktu yang sedikit itu sudah cukup untuk menyegarkan diri,” tutur Sandi. “Cherokee ini bagaikan sebuah oasis ditengah-tengah teriknya gurun yang bernama rutinitas,” tutupnya.

Mesin
Mesin 6 silinder inline tidak banyak diotak-atik. Upaya mendongkrak tenaga cukup dilakukan dengan melakukan posting dan polish serta pemasangan header lansiran Borla.

Interior
Tak banyak yang berubah pada bagian interior. Jok berlapis kuli masih menjadi bagian dari elemen kenyamanan dan kemewahan SUV asal Amerika ini. Bagian bagasi menjadi tempat barang off-road dan sparepart saat SUV ini bertugas mengusir suntuk pemiliknya.

Kaki-kaki
Gardan masih menggunakan bawaan asli, hanya saja karena menggunakan ukuran ban yang lebih besar dan ingin lebih handal saat merambati permukaan medan off-road, finalgir standarnya pun dipensiunkan dan diganti dengan final gir aftermarket dengan rasio 4,88 : 1

Suspensi
Suspensi standar ditanggalkan, racikan suspensi baru mengandalkan penggunaan per Old Man Emu baik pada bagian depan maupun belakang dan dikolaborasikan dengan sokbreker OME pada bagian depan dan Kings pada bagian belakangnya.

Side bar
Walau disainnya sederhana, namun kehadiran sidebar ini sangat berarti untuk melindungi benturan dari arah samping. Selain itu berfungsi ganda sebagai footstep.
Lampu tembak
Sepasang lampu lansiran Warn disematkan di sisi kiri dan kanan. Sepasang lampu ini siap berkolaborasi dengan lampu utama untuk menembus kepekatan malam.

Overfender
Satu set overfender lansiran Warn menjadi penutup bibir rongga ban yang telah diperbesar. Kehadirannya tak semata-mata untuk pemanis, namun untuk menghalau cipratan lumpur ataupun air yag dicipratkan oleh ban.

Ban dan pelek
Pelek L-Star Jepang dirombak ulang PCDnya sehingga sesuai dengan milik Cherokee. Pelek legendaris ini dikolaborasikan dengan ban Simex Junggle Trekker untuk merambah medan off-road berat sekalipun.

Winch
Winch elektrik Warn 9.5 XP menjadi bagian dari piranti rekoveri dan ditempatkan pada bumper custom.

Data Spesifikasi
Mesin Powertech 242cu.in (4.0 liter) OEM XJ Cherokee
Transmisi AW4 automatik 4 speed (OEM XJ Cherokee)
Tranfercase NP231 OEM XJ Cherokee
Gardan Dana 30 (depan)
Dana 35 (belakang)
Limited slip OEM Cherokee (belakang)
Final gir 4.88 : 1 Superior gear
Per Old Man Emu (depan /belakang)
Sok breker Old Man Emu nitrocharger (depan)
Kings 10inc (belakang)
Sok stir Tough Dog
Overfender Warn
Winch
Warn 9.5 XP
Lampu ekstra Warn
Bumper Customised by RAF Bandung
Sidebar
Customised by RAF Bandung
Bengkel SS4WD
Jl. Taman Makam Bahagia No.21, Perigi Baru , Bintaro Sektor 9
Telp: (021) 924.457463