Land Rover Defender 90 2000
         Laras Ati. Di mana keseimbangan dan keselarasan harus terjaga
Hidup haruslah seimbang antara  kebutuhan jasmani dan rohaninya. Karenanya butuh penyegaran untuk keluar  dari rutinitas harian. “Land Rover 90 ini merupakan salah satu contoh  upaya menyelaraskan pikiran dan hati saya untuk sejenak keluar dari  rutinitas,” tutur pemilik jip yang enggan disebutkan identitasnya ini.  “Jip ini pun sekaligus menjadi penyeimbang bagi seorang kawan lama saya  yang piawai membuat piranti dan aksesoris kendaraan sebagai hobi keluar  dari rutinitas hariannya,” papar pria ramah ini.                                      
Target utamanya memang sekedar sebagai jip perkotaan, namun bukan berarti lantas rendah diri saat diajak untuk beroff-road. “Kelamaan di jalanan on-road bisa membosankan lho..maka sekali-kali butuh penyegaran dengan menjamah medan off-road. Kendaraan ini juga harus laras ati.,” ujarnya tergelak.
   
     
  Target utamanya memang sekedar sebagai jip perkotaan, namun bukan berarti lantas rendah diri saat diajak untuk beroff-road. “Kelamaan di jalanan on-road bisa membosankan lho..maka sekali-kali butuh penyegaran dengan menjamah medan off-road. Kendaraan ini juga harus laras ati.,” ujarnya tergelak.
Engine bay jip ini dihuni oleh  sebongkah mesin TD 300 yang tak lain merupakan salah satu mesin  legendaris dalam keluarga besar Land Rover. Performa mesin turbo diesel  empat silinder inline ini dirasa sudah cukup pas, sehongga tidak  diotak-atik sama sekali alias dibiarkan dalam kondisi standar.                             
   

     
           
  Sepasang gardan rigid dan suspensi per  keong asli bawaan Land Rover Defender yang telah teruji di ajang Camel  Trophy tidak mengalami perubahan sama sekali.                          
   
     
  Spesifikasi transmisi dan tranfercase  copy-paste dengan yang tercantum pada brosur spesifikasi jip ini.  Transmisi manual 5 percepatan ini dikolaborasikan dengan tranfercase  fulltime yang dilengkapi dengan central differential locker.                       
   


     
  Bumper depan asli sudah tidak nampak  lagi, sebagai gantinya sebuah bullbar custom racikan seorang kawan  bertengger mengantikan posisinya. Sebuah winch Warn 9.5 Ti dengan  kondisi mulus nan rapih nampak terpasang di moncong jip tersebut. Selain  itu sepasang lampu orisinal aksesoris Land Rover turut meramaikan  tampilan depan.                    
   


     
           
  Bumper belakang, rollbar, side bar  sekaligus berfungsi sebagai footstep hingga tire hanger merupakan hasil  karya seorang kawan. Karya ini dikerjakan tanpa target waktu, mengingat  piranti-piranti ini juga merupakan suatu sarana penyerasan hati dan  pengejawantahan hobi bagi sang pembuat.                 
   

                                          
  Tidak ada perubahan yang berarti pada  interior jip ini. Kalo pun ada sifatnya hanyalah sebatas tambahan saja  seperti halnya pemasangan audio system yang mengandalkan head unit  Kenwood DPX MP4050.           
         
                  
     
  Ban Maxxis Bighorn berdiameter 32"  melingkar mesra pada pelek racikan MRW. Lebih dari cukup untuk keperluan  on-road maupun off-road.        
SPESIFIKASI
 
Mesin   :SPESIFIKASI
TD300 4 silinder inline Turbo Diesel
Transmisi :
5 speed manual (OEM Land Rover)
Tranfercase :
Fulltime with central differential lock (OEM Land Rover )
Gardan :
OEM Land Rover
Winch :
Warn 9.5 ti
Auxiliary Lamp :
Land Rover
Velg :
MRW16x8
Ban :
Maxxis Bighorn LT265/75/R16
Bengkel :
Dikerjakan sendiri