Laman

Rabu, 13 Juni 2012

Test Drive, First drive Suzuki Jimny JB43 Gen III wide

JIP- Jika ada yang berpendapat bahwa kiprah Jimny di Indonesia telah habis seiring dengan  berakhirnya masa edar Jimny SJ413 Caribian di tahun 2007 silam. Dengan segala hormat perihal tersebut kami nyatakan salah. Tahun 2011 ini legenda Jimny di Indoensia kembali tersambung dengan hadirnya keluarga termuda Jimny yakni JB43.

Berbeda dengan kiprah Jimny sebelumnya, generasi III Jimny ini memasuki pasar Indonesia melewati jalur Importir Umum (IU). JB43 tak lain merupakan turunan termuda dari keluarga besar Jimny 1300 yang eksis sejak kehadiran JA51 di tahun 1984 (untuk pasar domeestik Jepang). Sedangkan penampakan sosok JB43 ini dapat dikatakan nyaris tidak ada perubahan mayor sejak generasi III diperkenalkan lewat kiprah JB33 di tahun 1998.
 
Tradisi tentang Jimny reguler dan kei pun tetap berlanjut. Tidak seperti Jimny kei gen III yang tetap mempertahankan emblem namaJB23 hingga kini. Pada generasi III, keluarga Jimny 1300 telah mengalami setidaknya 2 perubahan besar. Kiprah awal Jimny JB33 dibekali dengan mesin G13BB sama dengan yang dipergunakan JB32 sang pamungkas dari generasi II.  Sedangkan JB43 yang dibekali dengan mesin M13A VVT mulai diperkenalkan di Jepang pada tahun 2000. Sebelas tahun sudah model ini bertahan di pasar domestik Jepang dan baru diperkenalkan di Indonesia sebelas tahun kemudian.

Jika melihat mutu pengendaraan Jimny teranyar tentu sangat berbeda dengan Caribian sebagai preview model terdekatnya. Bantingan suspensi per keong lebih menjanjikan kenyamanan berkendara terlebih di jalanan on-road. Kenyamanan bisa dirasakan secaar maksimal pada bangku depan, dengankan bangku belakang masih cukup menyoksa walau sudah jauh lebih baik dibandingkan Jimny gen II.

Kinerja mesin M13A berteknologi VVTnya yang sanggup menyemburkan daya lebih merata dan besar dengan tetap mempertahankan efisiensi bahan bakarnya. Pada putaran mesin rendah mesin terasa sangat powerful, sayang pada putaran menengah ke atas sedikit terasa datar. Namun demikian angka 100 km/jam dengan mudah dijamah jip bertransmisi optional matik ini.  

Performa diatas aspal boleh dibilang jempolan, namun sayang sekali kami tak bisa mendapatkan kemampuannya dalam merambah jalanan off-road…its ok. Tapi jika melihat situs-situs di luar negeri, kemampuan off-road Jimny nan legendaris masih kuat disandangnya.

Kami sempat menjajal berputar di seputaran Kemayoran. Ketika duduk di kabin serasa mengemudikan city car keluaran Suzuki. Pandangan dari dalam kabin terasa lebih leluasa dibanding saat duduk di jok Jimny lawas. Kabin pun jauh lebih senyap sehingga menikmati alunan musik dari head unit yang tersedia lebih terasa merdu di telinga.

Dimensi yang tak jauh beda dengan Jimny SJ410 membuat radius putarnya tak beda jauh. Namun Jimny Wide bantingan suspensinya jauh terasa lebih lembut dibandingkan generasi Jimny sebelumnya. Tentu berkat suspensi per keong yang sudah diaplikasikan pada Jimny Wide. Dengan harga jual yang lumayan fantastis berkisar Rp 400 jutaan ternyata Jimny Wide tetap diminati penyuka otomotif. Terbukti 3 unit yang didatangkan langsung ludes dibeli. WAH!

Spesifikasi

Mesin             
M13A 1.3 liter 16 valve DOHC
Body              
Hard top
Sasis              
Ladder frame / body on frame
Girboks          
4 speed auto
Tranfercase    
2 Speed part-time
Gardan           
rigid axle (depan / belakang)
Suspensi        
coil spring (depan/belakang)
Properti         
Ayun Jaya Motor
Jl. Danau Sunter Selatan
Blok  O3 kav 43-44
Telp: (021)658.345.55