Laman

Senin, 19 Desember 2011

Mengenal Pelat Besi



JIP
- Jenis plat SPHC dan SPCC menjadi spesifikasi standar yang digunakan industri otomotif, berdasarkan standar JIS (Japanese Industrial Standart). SPHC merujuk pada produk pelat yang finishing produksinya digulung dalam kondisi panas (Hot rolled mild steel plates) sedangkan SPCC digulung dalam kondisi dingin (cold rolled carbon steel sheets).

Biasanya pada SPHC terdapat tambahan tulisan PO yang merupakan kepanjangan dari pickel Oil alias memiliki lapisan oli. Pelat SPHC PO inilah yang banyak digunakan dalam kendaraan bermotor. SPHC PO biasanya berwarna abu-abu, sedangkan SPHC biasa berwarna kehitaman. Keduanya memiliki sifat yang sama, hanya SPHC PO hampir tidak memiliki flek seperti halnya SPHC biasa, sehingga untuk pengerjaannya (terutama pada proses pengelasan) lebih mudah, dan tidak perlu dibersihkan terlebih dulu. “Pelat SPHC banyak digunakan dalam pembuatan sasis atau kerangka kendaraan,” ungkap Enyo.


Sedangkan SPCC biasanya berwarna abu-abu terang. Tak jarang orang kemudian menyebutnya pelat putih. SPCC ini biasanya tersedia sebagai pelat tipis dengan ketebalan 0,5 mm hingga 2 mm. Pelat inilah yang yang kemudian sering dilapisi galvanis, sehingga dijuluki pelat galvanis. SPCC banyak digunakan pada bodi kendaraan. “Selain lentur dan dinamis, pelat SPCC maupun SPHC juga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan, sehingga tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai pelat lunak. Tapi jangan dibayangkan lunaknya seperti roti ya,” terang Enyo sambil tergelak.

Menelaah spesifikasi SPCC atau SPHC, memang terlihat sedikit rumit. Namun sebenarnya dua-duanya dapat dibedakan dari pelat lainnya. Pelat SPHC memiliki corak warna keabua-abuan atau kehitaman, sedangkan SPCC abu-abu terang. Warna ini akan menjadi pembeda dengan jenis pelat lain.


Sedangkan pelat berwarna merah yang di pasaran besi biasa disebut pelat kapal, memiliki sifat lebih keras, kurang lentur, namun lebih tahan terhadap korosi. Sedangkan untuk pelat hitam merupakan SPHC, yang diperuntukkan bagi keperluan konstruksi bangunan.

Dengan demikian, jika ingin mencari pelat untuk memodifikasi jip kesayangan, pilihlah yang berwarna abu-abu atau setidaknya warna hitam, sedangkan pelat warna merah sebaiknya dihindari, karena memang tidak diperuntukkan bagi konstruksi kendaraan bermotor.

Thanks to
YOUR Fabrication
Cipinang Muara RT.03 /RW07 No. 15
Jl. Kesadaran I, Gudang Seng Kalimalang
Jakarta Timur
Telp: 08128111501 / 0817-0009501