Namun ternyata Dimmy masih menyimpan ide ama tentag sebuah Jimny long beratap lunak. Hingga tiba suatu saat, ia tak bisa membendung hal yang menjadi uneg-unegnya tersebut, apalagi setelah sebuah Katana long ex sebuah bank nasional menjadi miliknya.“Katana long tersebut memiliki overhang yang sama persis dengan sebuah Sierra ataupun Jimny pada umumnya. Sehinga untuk menjadikannya sebuah Sierra berbodi panjang tidak terlalu banak kendala,” lanjut Dimmy.
Dasar penggila Jimny, mengumpulkan barang-barang dan piranti Sierra pun sudah lama ia jalani dan kini waktunya mengeluarkannya dari dalam gudang. “Frame kaca dan bando (pillar B) faktor penting pada pembentukan bodi, karena keduanya menjadi acuan terutama pada proses pemotongan bodi.” sambungnya bersemangat.
Enam bulan pun berlalu, proyek impian Dimmy ini pun usai dan melahirkan Jimny Sierra dengan wheelbase panjang. Sebuah kreasi yang menghasilkan varian baru yang lahir dari buah pemikiran seorang Dimmy. Well….tak salah kiranya jika kami lantas menyebut jip yang satu ini sebagai Dim’s Jim.
Di dalam engine baynya masih dapat ditemui dengan nyata unit mesin berkode F10A asli bawaan kendaraan. Hanya saja untuk mempertahankan stamina dan juga performanya, maka mesin 4 silinder berkapasitas 970cc ini dioverhaul.
Girboks 4 speed bawaan aslinya dilengserkan. Sebagai gantinya satu unit girboks 5 speed menggantikan tugas dan tempatnya. Transmisi ini pun lantas disinergikan dengan tranfecase 2 speed milik comotan dari SJ410
Bentuk kabin Katana long nyaris terkikis habis dan hanya menyisakan dasbor asli saja. Selebihnya formatnya berganti layaknya sebuah Suzuki Jimny Sierra soft top yang didandani dengan atap model bikini top.
Gardan dan kaki-kaki tetap mengandalkan bawaan asli kendaraan. Bisa dikatakan bahwa nyaris tidak ada yang berubah dari spesifikasi awalnya, hanya saja untuk menselaraskan dengan penggunaan ban ExtraGrip 750 x 15 Dimmy cukup mengganti anting asli dengan anting yang lebih panjang.
Satu set overfender ala Bushwacker dari bahan fiberglass dengan bentuk mengkotak disematkan pada setiap rongga rodanya. Sebuah langkah yang ditujukan untuk memberikan nuansa baru pada tampilan Katana long ini.
Kaca spion
Sepasang kaca spion Jimny JDM dengan panjang berbeda antara sebelah kiri dan kanannya. Sepasang peranti langka didapati dari seorang teman yang justru mendapatkan barang ini di Thailand.
Pelek OZ Racing yang dipadukan dengan ban Good Year Extra Grip didaulat sebagai ‘sepatu’ di segala medan dan situasi Jimny yang satu ini.
Sebuah bumper custom disematkan pada bagian depan, sedangkan bagian belakang cukup hanya mengandalkan bumper bawaan kendaraan saja. Sedangkan khusus untuk pintu belakangnya mengambil pintu bawaan SJ413 Caribian. (jip.otomotifnet.com)
Spesifikasi
Mesin : F10A 4 silinder inline 970cc OEM SJ410
Girboks : 5 Speed manual OEM SJ410
Tranfercase : 2 speed part time OEM SJ410
Gardan : OEM Suzuki Jimny SJ410 (depan/belakang)
Final gir : 4,777 : 1
Per : OEM SJ410
Sokbreker : Kayaba Ultra
Radio komunikasi : Icom
Lampu tambahan : Cibie
Pelek : OZ RAcing
Ban : Good Year Extra Grip 750 x 15
Bumper : Custom
Overfender : Custom
Spion : Jimny JDM
Kanvas : Custom
Bengkel : D’Otto Daya
Jl. Buncit Raya (Pulo) No. 39, Jakarta Selatan
Telp : (021) 798.1418, 798.1503
e-mail : d_ottodayamitra@yahoo.co.id