Laman

Kamis, 10 Januari 2013

Modifikasi Off-road JEEP WRANGLER JK 2011, "Transformasi Warna"



  Lewat ide kreatif dan unik, Afiat Sembada mendandani Wrangler JK Sport terbarunya. Kalau beberapa pemilik JK cenderung  pengin terlihat gagah dengan fokus di body lift-up, Afi justru cenderung pada pola warna.
Dari kali pertama beli, Afi memilih warna hitam. Warna ini dipilih karena mewakili cowok. “Selain itu hitam lebih menyiratkan arti kesederhanaan. Mau dipasang warna apa saja bisa kompak.” terang pria yang punya kesibukan wirausaha ini.
Namun baru empat bulan berlalu, “Kok rasanya seperti bosan melihat warna item JK ini terus.” ujarnya. Sayangnya jika ganti cat secara keseluruhan “butuh dana dan waktu yang tidak sedikit.”
Lalu keluarlah ide untuk membungkusnya dengan cutting stiker. Ide ini muncul ketika JK ini akan diajak off-road. Oleh beberapa kawan disarankan untuk membungkusnya dulu dengan stiker transparan agar cat aslinya tidak  lecet.
Daripada memakai stiker transparan, kenapa tidak dicoba dengan stiker warna solid. Jadi ada sekaligus tiga fungsi, menutupi, melindungi warna aslinya dan seperti beli JK baru lagi, he..he..he.
Sejak ide memakai cutting stiker, sudah dua kali JK ini ganti warna. Pertama kuning, lalu empat bulan kemudian diubah lagi dengan stiker merah. Lucunya beberapa orang justru melihatnya seperti orange, “Padahal menurut saya kok warnanya merah.” Rencana bulan depan mau ganti stiker warna crush orange, “Seperti warna Wrangler JK terbaru.”
Sepertinya tiap empat bulan, bisa ganti warna ya Kang?

Mesin
Mesin bukan menjadi fokus utama Afi dalam meng-upgrade JK ini. Maka mesin standar Wrangler JK 3.8 L EGH V6 masih tetap standar pabrikan.  “Cukup-lah buat sekadar main-main off-road.”
 
Suspensi
Pun demikian dengan supensi. Ada rencana mengganti sokbreker dengan King Shock. Namun saat pemotretan, masih belum sempat dipasang.
 
Overfender
Perubahan sederhana pada overfender membuat tampilan JK inipun semakin beda. Pilihan jatuh pada overfender flat Bushwacker. “Elastisitas overfender ini cocok untuk off-road. Tidak kaku dan tak gampang pecah.”
 
Bumper
Konsekuensi ban dan pelek besar membuat bumper standar depan dan belakang mengganggu. “Khususnya jika belok, karena ban pasti nyrempet bumper.” Solusinya ganti dengan bumper custom disesuaikan dengan kondisi. Bumper depan ini sekaligus menjadi dudukan winch elektrik Warn 9.5 CTi series.
 
Ban Pelek
Pelek XD series sepertinya menjadi pelek favorit kaum pemilik JK. Pun demikian dengan Afi yang memasang pelek XD ring 20’. Pasangannya ban Maxxis 35 R20.
 
Aksesori
Beberapa aksesori ditambahin agar tampilan JK terlihat makin gagah, seperti lamp guard, dan tambahan dua buah lampu halogen.

Spesifikasi Teknis
Bodi                   : Jeep Wrangler JK Sport 2011
Mesin                : OEM 3.8 L EGH V6
Gardan             : OEM
Bodi                  : Cutting Stiker
Bumper            : Custom (depan-belakang)
Fender             : Bushwaker
Winch               : Elektrik Warn 9.5 CTi
Pelek                : XD Series 20
Ban                  : Maxxis Trepador 35
Interior             : Standar
Aksesori          : Lamp guard, Lampu halogen
Bengkel           : Bandung Oto Butik (BOB), DNF autoservice, Bengkel 77

otomotifnet.com