Laman

Senin, 19 Desember 2011

Land Cruiser 80 VXR 1997 | Tak tanggung-tanggung, satu set ban berukuran 38 inci membuat tampilan SUV ini semakin jumbo!



JIP - Keberhasilan mewujudkan sebuah imajinasi merupakan kebahagiaan tersendiri bagi siapapun. Demikian pula dengan Marlion. Sudah lama gambaran liar di benaknya mengenai sebuah Land Cruiser 80 series yang dilengkapi dengan ban berukuran besar, dan memiliki kemampuan off-road handal namun tetap nyaman dipergunakan.

Setelah lama berkutat dalam alam imajinasi, langkah menuju realisasi pun mulai terendus. Lewat informasi yang gencar diburu via internet, maka suami dari Metta ini menemukan dambaan hatinya. Suspension Lift Kit ToughDog memberikan solusi untuk mewujudkan angannya tersebut. “Biasanya kita mengenal ToughDog, sebagai produsen sokbreker setir, namun ternyata pabrikan asal Amerika tersebut membuat juga peranti suspensi lift untuk Toyota Land Cruiser (TLC) 80 series,” tutur pentolan M Design ini.

Berhubung perangkat peninggi badan ini sudah menyertakan segala sesuatunya secara lengkap dalam satu paket, maka tidak ditemui kendala yang berarti dalam pemasangannya. Tak tanggung-tanggung, sang TLC pun mengalami penambahan tinggi badan yang sangat sisgnifikan, bahkan hingga 8 inci…wow!

Dengan selisih tinggi yang sangat signifikan tersebut, maka ban ukuran 33 inci yang dipergunakan sebelumnya terpaksa pensiun dini. Sebagai gantinya tak tanggung-tanggung, ban Super Swamper TSL ukuran 38 inci menjadi penghuni kolong roda SUV kebanggaan Toyota ini. “Kendaraan ini dasarnya sudah berukuran jumbo, ditambah ban ukuran 38 pula, jadilah Jumbo 38,” gelaknya.

Meski mampu menaklukkan rintangan tanah yang bisa membuat jip lain tenggelam, tak berarti ia bebas memilih jalur. “Kita terpaksa menghindari jalan yang ada portalnya, namun begitu, imajinasi liar saya mengenai sebuah TLC 80 sudah tercapai,” kekehnya menutup pembicaraan.

Mesin

Mesin diesel 6 silinder segaris berkapasitas 4.200cc Turbo menjadi sumber tenaga bagi SUV ini. Kendati dalam kondisi standar masih terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga TLC ini, namun Marlion berencana untuk memasang intercooler yang lebih besar lagi. “Supaya lebih bertenaga dan enak menggebernya,” tutur penghisap rokok putih ini. (vx 1I)

Ban dan pelek

Mencermati ban dan pelek, ini kolaborasi dua negara, Amerika dan Jepang. Amerika menyumbangkan ban legendarisnya Super Swamper TSL 38 inci untuk membalut pelek Enkei 15 inci dengan lebar 12 inci ini. (VX 3 & 12)

Winch

Sebuah winch Warn XD9000i ditempatkan pada bumper ARB pada moncong SUV ini. Sedangkan bumper belakang merupakan produk custom racikan M-Design yang dilengkapi dengan tirehanger dan tempat jerigen bahan bakar cadangan.(VX 6 & 10)

Interior

Walau penampilan gahar, bukan lantas interior ikutan gahar juga. Saat memasuki kabin semerbak aroma kulit langsung memberondong organ penciuman. Sebuah GPS lansiran Garmin siap memandu posisi bagi pengendara. Keheningan kabin bakalan sirna setelah audio SUV ini dinyalakan..jedung-jedung boss..(vx 7. 8.9 & 14)

Gardan

TLC ini masih mengandalkan gardan aslinya. Begitu pula dengan lengan ayun standar pada bagian depan rodanya. Untuk menyesuaikan dengan tinggi suspensi yang baru tersebut, Tough Dog sudah menyiapkan adaptor dan caster gardan pada bagian depan ini. Sedangkan untuk bagian belakangnya Arm bawaan disingkirkan dan diganti dengan paket dari Tough Dog. (vx & vx2)

Suspensi

Paket yang diberikan Tough Dog ini terdiri atas dari per hingga sokbreker, berikut juga peranti lain seperti arm maupun tie-rodnya. Setelah semuanya diinstal, maka SUV bongsor ini pun tambah jangkung, melejit hingga 8 inci. (vx 13)

Adaptor kopel

Sebuah pelat berbentuk silinder dengan ketebalan 2,5 cm nampak terpasang pada gardan belakang TLC ini. Hal ini merupakan penyesuaian dengan tinggi badan baru yang dimilikinya. (vx 19)

Roofrack

Berjaga-jaga untuk perjalanan jauh, maka sebuah roofrack pun dipersiapkan untuk menampung barang-barang yang akan dibawa. Roofrack ini merupakan kreasi dalam tangan-tangan terampil dalam negeri. (vx 5)

Lampu Ekstra

Sepasang lampu extra Hella Rallye nampak tertanam di bagian depan. Sepasang lampu berlingkar 10 inci siap membantu saat menembus kegelapan malam. (vx 20)




Spesifikasi
Mesin : 1HDT 6 silinder 12 valve Turbo OEM Toyota Land Crusier 80 VXR
Transmisi : 4 percepatan Auto
Transfercase : 2 speed OEM TLC 80 VX
Gardan : OEM TLC80VX
Suspension lift : Tough Dog 8 incs
Per : Tough Dog
Sokbreker : Tough Dog
Winch : Warn XD9000i
Lampu extra : Hella Rallye 200
Ban : Super Swamper TLS 38 inci
Pelek : Einkei
Baut roda : K-speed
Bengkel : M Design Motorsport
Meruya Illir no 8 Telp: (021) 586.8424